Report CKP sensor penyebab mesin mati saat temperatur kerja tanpa ada lampu MIL / Check Engine {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - fuel pump dan CKP sensor
otodiy.blogspot.com
Report, ganti CKP sensor penyebab mesin mati ketika suhu mesin mencapai working temperature.
Status : solved.
Sharing masalah penyebab mogok.

Kronologi :
Baru jalan 160mtr mendadak mesin mati dan mesin ga mau nyala..
Semua indikator normal.
Cuma gejala awal emang RPM naek turun tapi kembali normal.
Discan ga ada error.

Ok.. tersangka pertama Fuel Pump.
minta ke anak2 Cata supaya cek Fuel Pump, kuras dan ganti kalo perlu.
Laporan dari anak2, Fuel pump lemah.
Tindakan yg dilakukan penggantian fuel pump + kuras tangki.
Malemnya Bluey kembali ke kandang.



Besok nya mobil pas mo berangkat, mesin langsung mati ketika suhu mesin mencapai working temperatur.
Harus nunggu mesin dingin baru bisa nyalain mesin.
terulang lagi kasus mogoknya.

Kembali ke Cata, dicoba scan.
Zero error.
coba tuker koil, ga ngaruh.
Tersangka berikutnya CKP, karena dari hasil baca2 online CKP kadang tak terdeteksi kerusakan nya.
Tindakan yg dilakukan tuker CKP dan tes nyala.
Mobil dinyalain dan nyala lancar.
anak2 bengkel kelupaan... si Bluey nyala dari jam 1 siang ampe maghrib 😐

Setelah yakin CKP yg jadi biang penyakitnya.
order ke Sentosa CKP sensor seharga 475rb + ongkir 14rb.
barusan dipasang dan Bluey nyala tanpa kendala.
Problem Solved.

Moga2 berguna.
hatur nuhun.

#MasalahMesin
#MesinMati
#CKPsensor

by Aditia Ekalaya
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

DIY : cara setel ketinggian sorot headlamp All New Avanza / Xenia {Ejecutar}

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G