DIY: Ganti karet boot pin piston caliper cakram Aerio yang robek {Kun Widodo}
gambar 1
otodiy.blogspot.com
Post 2
Masih edisi DIY, kali ini ganti karet boot pin kaliper yg sobek.
Reportnya sdh pernah sy posting 👇
Alat bahan:
- Dongkrak
- Kunci roda
- Kunci ring uk 14, 17
- Grease/gemuk
- Pengungkit
Urutan kerja:
- Kendorkan mur roda
- Dongkrak mobil
- Lepas ban3a. Ungkit kampas rem agar piston kaliper bisa masuk shg kampas bisa dilepas
- Lepas baut pin kaliper
- Lepas baut dudukan kaliper
- Lepas pin kaliper
- Lepas karet boot kaliper yg sobek
- Masukkan grease dlm lubang pin kaliper
- Pasang karet boot baru, ada got buat karet shg karet ga mudah lepas
- Masukkan pin kaliper, jgn kaget kl agak susah krn ada udara terjebak dlm lubang pin, paksa masuk aja ntar udara keluar sendiri
- Rakit kembali kaliper dan kampas rem
- Nyalakan mesin, pompa pedal rem beberapa kali sampai terasa ada tahanan
video 1 - karet boot
Note:
Sepertinya saya ada kesalahan penyebutan/penunjukan pd video pertama.
Balljoint posisinya bukan seperti yang saya tunjuk, BJ posisinya ada di bawah knuckle/dudukan baut pelek-cakram.
Sedang yang saya tunjuk adalah karet bushing belakang swing arm.
🙏🙏🙏🙏
Tambahan:
Video perbedaan saat mesin nyala tetapi tuas matik beda posisi, di P dan di N.
Salam AIC
#AIC482
#Mpreed
#AeriokusudahABS
gambar 2
gambar 3
gambar 4
gambar 5
by Kun Widodo
sumber : facebook AIC