Coba cat sendiri bumper aerio dengan samurai paint, ubah dari biege ke hitam

 gambar 1 - bumper sebelum dicat hitam
otodiy.blogspot.com

Bumper aerio udah pada patah dudukan baut-nya, jadi terpasang juga hanya beberapa titik aja dengan ditambah ring plat. Dudukan foglamp juga patah sudah tidak bisa dipasang lagi. Dapat bumper copotan hanya warnanya masih biege jadi perlu diubah warnanya ke warna hitam. Berbekal tanya-tanya ke om Aditia Ekalaya dan postingannya. Diputuskan coba-coba sendiri dulu, modal 2 kaleng cat hitam Samurai kode 109 dan 1 kaleng clear kode 128, harga @35rb/botol. Jadi catnya saja 105rb. Amplas grit 1500.

Bahan sudah terkumpul lama, yang masih ragu soal keberanian aja. Akhirnya setelah tertunda sekian bulan, liburan desember dimantapkan untuk testing aja. Liat dulu apakah ada bakat apa tidak..... hasilnya ternyata kurang berbakat.....  Dan dari baca-baca cat clear Samurai kode 128 kurang mengkilap dibanding 1K, apalagi dibanding 2K yang lebih mirror like untuk glossynya, cuman yang 2K agak mahal 99rb/botol.

gambar 2 - cat yang dipakai
 gambar 3 - grill custom, dilepas aja
 gambar 4 - grill bawah, ada dicat hitam doff tapi mudah terkelupas
 gambar 5 - sisa lem silicon dari grill lumayan susah dikupas
Setelah itu dilakukan wetsand dengan amplas, tujuannya menghilangkan clear / varnish yang lama supaya cat baru lebih nempel. 
 gambar 6 - layer 1
 gambar 7 - layer 1
 gambar 8 - layer 3
Tiap layer newbie tunggu lebih dari 30 menit sebelum mengaplikasikan layer berikutnya, 2 botol cukup untuk 3 layer, well ada beberapa bagian yang sedikit luput, dikasih petunjuk ama om Aditia  buat dioles pakai touch up paint aja.
 gambar 9 - layer 3
 gambar 10 - layer 3
Setelah ditunggu beberapa jam supaya kering benar, dilanjutkan dengan wetsand lagi pakai grit 1500 dan air, tujuannya untuk menghilangkan kulit jeruk dan supaya cat lebih rata.
 gambar 11 - hasil wetsand
 gambar 12 - hasil wetsand terlihat kusam
 gambar 13 - hasil wetsand
Setelah selesai di wetsand, dilanjut sempot varnish / clear kode 128, bisa 2 layer, dan tiap layer ditunggu 30 menit. berhubung selesainya udah gelap, ya udah biarin aja tunggu liburan tahun baru.
 gambar 14 - hasil clear
 gambar 15 - clear setelah kering
 gambar 16 - clear
 gambar 17 - clear
 gambar 18 - clear
 gambar 19 - clear
 gambar 20 - clear
 gambar 21 - clear
berikutnya harus diwetsand lagi untuk menghilangkan kulit jeruk dan dipoles pakai compound. Biar bumper ga lari-lari waktu di poles, sekalian pasang aja di mobil.
 gambar 22 - sebelum di wetsand
 gambar 23 - setelah varnish di wetsand
 gambar 24 - setelah varnish di wetsand

Nah nge-wetsand varnish ini yang newbie agak ngeri terlalu banyak, hasilnya kulit jeruk masih ada, bahkan setelah dipoles juga masih ada. Newbie coba wetsand lagi pelan-pelan, hasilnya better tapi masih ada kulit jeruknya.
Lanjut di poles pakai woolpad dan compound, lanjut di polesh pakai foam pad. Hasilnya not bad tapi tetep ga bisa seperti kaca, bandingkan dengan pantulan cat fender.

 gambar 25 - hasil akhir
 gambar 26 - hasil akhir
gambar 27 - hasil akhir

Kesimpulan newbie :

  • dengan dana 105rb cukup hemat untuk melakukan pengecatan sendiri
  • Hasil jauh dari sempurna dari segi kilapnya. Mungkin dengan cat kode 1K atau bahkan 2K hasilnya lebih baik.
  • Wetsand sangat diperlukan, dan ketrampilan tangan menyemprot dengan rata juga sangat penting, perlu banyak berlatih
  • Untuk cat kap mesin yang newbie rencanakan, bila menggunakan cat clear 2K, kebutuhan catnya bisa di atas 400rb, dengan hasil yang belum tentu bagus, sepertinya dipertimbangkan ke bengkel cat saja.


regards,
singachu

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten