Rabu, 25 November 2009

DIY : bersihkan filter udara

Tools :
  • Obeng minus atau kunci no 8

Maaf foto-fotonya jadul dan kalau dirangkai jadi suatu cerita rada "maksa" dan terkesan lompat


Step-step :
  • Di box filter udara sebelah kiri (posisi menghadap ke mobil) terdapat 2 klip logam. Silahkan tekan ke bawah untuk membukanya. Mengenai 2 klip logam ini ternyata bisa lepas benar-benar dari box filternya dan kejadian di mobil saya hilang satu, sudah saya coba cari toko yang menjualnya tetapi tidak ada dan diinfokan kalau beli harus satu set dengan box filternya - mahal bok - jadi sebaiknya diamankan dengan cara diikat tali kecil sehingga kalau lepas tidak sampai hilang.
gambar 1

  • Lepas socket Air Intake Temperatur (IAT), bisa dengan cara menekan kunci soketnya sehingga sensor masih tertancap di box filter, bisa juga dengan menarik langsung sehingga sensor IAT ikut tercabut. Hati-hati meletakkan sensor ini jangan sampai menempel pada mesin yang panas, ditakutkan akan leleh. Maaf foto berikut memang terlihat filter udaranya, seharusnya filter udaranya masih di dalam box filter :D
gambar 2

  • Gunakan obeng minus atau kunci sok no 8 (saya lebih suka pakai kunci sok, ga mudah meleset) untuk membuka klem - putar berlawanan jarum jam. Sebenarnya bisa juga membuka klem yang dekat dengan box filternya (terlihat di foto di atas) tapi saya lebih suka membiarkan yang atas tetap terpasang dan langsung membuka klem di foto bawah ini :
gambar 3

 gambar 4


  • Bila sudah kendor, tarik ke kiri (menghadap ke mobil) sekaligus box filter di angkat (ada engsel di sebelah kiri - di celah antara plat samping mobil (fender) dengan box filter. Bila sudah terlepas maka penampakan kira-kira seperti ini (abaikan tangan yang memegang tang).
gambar 5
  • Berikutnya di box filter akan terlihat filter udaranya yang berwarna putih, perhatikan sisi atas dan sisi bawahnya, nanti sewaktu mengembalikan agar tidak terbalik.
  • Bila mempunyai kompresor tiup, silahkan ditiup dari sisi atas ke sisi bawah (tadi sudah diingat-ingat kan mana sisi atas dan bawah). Karena saya tidak punya kompresor tetapi memiliki vacuum cleaner maka saya coba hisap debu yang menempel, tapi sisi yang dihisap adalah sisi bawah (jadi arah angin pembersihannya sama dengan cara tiup). Bila terlalu kotor sebaiknya ganti dengan yang baru.
gambar 6

  • pasang kembali dengan urutan kebalikannya. Sewaktu mengembalikan box filter, pastikan engsel di sisi kiri sudah masuk dulu agar memudahkan memasang.

regards,
singachu

Comments
2 plus+

2 comments :

Poskan Komentar