Jumat, 27 November 2009

Header / Exhause Manifold modification




Sebenernya dari awal beli mobil udah baca-baca kalau penggantian knalpot set atau bahkan cuma header manifold saja sudah bisa efek ke tenaga mobil. Tapi balik lagi yang susah adalah hitungan-hitungannya bila salah malah ngempos dan bisa-bisa bolak balik bengkel knalpot. Juga kebanyakan di forum-forum tersebut berkata tenaga nambah tapi juga lebih boros meski cuman sedikit. Karenanya newbie ga mau sembarang ganti knalpot malah melakukan modifikasi pertama langsung pasang piggy.

Di pertengahan tahun 2008, justru newbie nemu thread menarik dan designer header yang banyak direkomendasikan; ditambah lagi ada rekan kaskus (bro matjeki) yang sempat pesan di designer yang sama dan reviewnya positif. Newbie coba bulatin tekat dan kontak-kontak dengan beliau, orangnya cukup enak diajak diskusi meski jarak jauh, saya di jawa timur, sedangkan orang tersebut di jakarta. Persis seperti di forum, ini designer ada landasan teori dan praktek yang kuat sehingga pesanan benar-benar bisa disesuaikan dengan drive style atau karakter tenaga yang dikehendaki. Karena newbie ngejar efisiensi dan banyaknya jalan di rute dalkot maka newbie pesen yang banyak meningkatkan torsi di low rpm. Nekad mode on pesen dah :D

Kiriman datang (kalo liat tgl fotonya sih 17 july 2008), foto-foto dulu :







ada plat ditempel dengan grafir ORD sang designer header


Newbie tidak tanya-tanya soal ukurannya, karena newbie sangat percaya ama itungan nih header designer, anyway newbie coba foto-foto juga mumpung belum dipasang, cara pengukuran newbie asal tempel aja jadi lom tentu akurat.

Primary pipe diameter

End of secondary pipe diameter
 
Primary pipe length
 
Overall pipe length - panjang banget untuk low rpm.
 

 Foto setelah terinstall :
Padahal mobil ga dibawa ke sana, tapi kok ya pas yah.... mantap

Deket dengan engine mounting depan

penampakan berubah, perhatikan posisi filter oli, tenang masih gampang bukanya kok


Lha ini masalah, mepet euy kalo tangan diselipin.
Kalau buka baut pembuangan radiator mesti hati-hati nih



Review :
Copy paste aja deh dari kaskus jilid 2 hal 341, pernah aku posting di sana.

850rb untuk header.... ongkirnya dari jakarta ke sidoarjo waduh lupa... kayaknya 80rb ato 100rb gitu....
trus ongkos pasangnya yang nyesek gua.... pasang ke tukang knalpot deket rumah mestinya seh 125rb ongkosnya..... eh gagal, ga bisa pasang dia gara2 panjang mentok. tapi tetep kudu bayar 75 rb euy.... ga ada perjanjian di depan kalo gagal seh....
abis ntuh ke tukang knalpot laen di surabaya yang kliatan lebih gede bengkelnya, cuman jadinya dia dah ngerti kalo gua dah sempet gagal pasang dia pasang tarif 200rb euy ga bisa ditawar lagi.... ya udah terpasang.
Waktu pasang ntuh si bosnya tuh bengkel knalpot (ga tau pemiliknya ato bukan...) sempet nanya (kira2 yak dialognya, gua samar2 aja ingetnya)
bengkel : lho 4-2-1 emang sering ke luar kota
gua : ga juga, lebih sering dalkot malah
bengkel : wah mestinya 4-1 tuh, kalo 4-2-1 pasti bawahnya ngempos ga enak
gua : o iya ta ? (males ngeladenin)
bengkel : iya, udah ada kok kejadian orang bikin 4-2-1 akhirnya dibalikin ke 4-1
gua : o..... (dalam hati : kan dah terbukti tuh di boilnya matjeki, gua lebih percaya omongannya Odie ORD daripada nih bengkel sih....)
bengkel : ini juga tekukannya ga rapi... tuh liat rada mengecil
gua : (gua lihat sih emang ada mengecil ya maklum bukan mandrel bend, tapi toh ga parah kok) o gitu.
bengkel : iya.... (promosi produknya dia)
bengkel : ini juga ga rata (yang nempel ke blok mesin)
gua : (gua lihat sepertinya rada melenting sih, mungkin gara2 pas di pengiman) bisa diakalin ndak.... ?
bengkel : ya dilihat nanti, sepertinya sih bisa.

Abis pasang sempet bocor (bengkelnya pake pipa aluminium disambung selang tempel ke telinga - mirip stetoskop dokter )... dilepas lagi trus dioles lagi pasta buat paking - pasang dites denger lagi - dah...
abis bayar gua coba langsung krasa kok bedanya cepet naek rpmnya untuk dalkot.

So ngaruh banget lah tenaganya... sayang ga ada dyno - gua ga retune lagi dasteknya, mahal euy.

Tolok ukur pake perasaan :
sebelum ganti header : rpm 2500 ada sentakan tapi alus banget kalo ga bener2 dirasain ga krasa sentakannya..... trus di rpm 3000 lebih krasa sentakan kayak ada yang dorong....
Setelah ganti header : rpm kurang dari 2000 juga udah krasa ada peningkatan yang lumayan cuman ga sampe krasa sentakan.... 2800 rpm kadang krasa sentakan dikit kadang ga brasa..... di 4000rpm nyentaknya lumayan krasa.
di 5500 rpm kadang krasa rada nahan kadang krasa plong.... jarang2 juga gua rpm sampe redline...
Benernya sih pingin lihat grafik torquenya, apa daya sekarang mesti harus banyak menabung untuk masa depan


kalo header ente krasanya gmn ?

regards,
singachu

Foto header standard ?

bro Matjeki post :
 
lah ini ada, thx yak udah dibantuin, gw lupa mulu

jadi tuh pada gambar exhaust system aerio. setelah header ada 2 biji resonator, baru nyambung pipa 1.5 inci baru tabung knalpot. nah itu header 421 custom ORD khusus aerio and next g, foto saat blom dan sesudah dipasang. header lamanya yg coklat and pendek2 pipanya itoe berat bangett, ngangkatnya kudu pake dua tangan and ngeden, sementara header baru yg lebih gede cukup satu tangan saja

gambar yg bawah tuh packing buat nyambungin header baru ke pipa awal sebelom resonator, kudu dibuat custom di bengkel knalpot tempat lo masang header


kalo tertarik mesen header performance ord untuk aerio dan next g sms aja ke 0856 xxx xxxxx

regards,
singachu

Comments
4 plus+

4 comments :

Poskan Komentar