Minggu, 26 Juni 2011

DIY : by pass selang heater Next G

20 June 2011, Newbie melakukan kuras radiator pada Next G sekalian berencana melakukan by pass heater Next G. Untuk kuras radiator newbie tidak ulas karena pernah diulas untuk Aerio. Sebenarnya by pass heater ini lagi-lagi iseng karena pernah waktu malam newbie coba ukur suhu AC dengan termometer paling rendah tercatat 10 derajat Celcius, sedangkan bila dibandingkan dengan Aerio bahkan bisa sampai 6 derajat Celcius dengan kondisi fan blower AC pada speed 2 dan jalan lancar.

Tools :
  • Tang / Plier, Obeng untuk mengungkit
  • Sealer RTV
  • Coolant

Step-step :
  1. Tentukan letak Selang Heater di ruang mesin. Perhatikan gambar 1 s/d 3, selang heater terdapat 2 buah, yang panah merah adalah selang heater yang mengalirkan air radiator dari blok mesin ke heater di ruang kabin, dan panah magenta (ungu) mengalirkan air radiator dari heater kembali ke blok mesin.

    Gambar 1 - Selang Heater

    Gambar 2 - Selang Heater di Firewall

    Gambar 3 - Selang Heater di blok mesin

    Prinsip dari by pass ini adalah aliran air radiator dari blok mesin langsung diputar balik tanpa melalui Heater. Perhatikan gambar 1, ada 2 panah di sebelah kiri yang merupakan selang dari dan ke blok mesin, sedangkan 2 panah di kanan adalah selang dari dan ke heater yang melewati Firewall. Dengan kata lain bila dilihat pada gambar 3, kedua posisi ini akan dihubungkan secara langsung. Sedangkan pada firewall (gambar 2) optional untuk dihubungkan atau tidak, tujuan dihubungkan supaya debu/kotoran tidak masuk.

  2. Lepas clip yang ada di heater dengan plier / tang, kemudian lepaskan selangnya (Jangan kuatir dijamin seret dan susah :D )
  3. Hubungkan selang gambar 3 secara langsung, jangan lupa oles dengan sealer RTV agar tidak bocor/rembes. Pasang klipnya.
  4. Untuk yang di firewall bila punya kompresor udara bisa ditiup atau bisa juga didorong dengan coolant baru agar coolant lama tergantikan dengan coolant yang baru.
  5. Tambahkan coolant pada radiator.

    Gambar 4 - Hasil bypass


    Gambar 5- Hasil bypass


    Gambar 6 - Optional diputar

  6. Hidupkan mesin, pastikan tidak ada kebocoran dan tambahkan coolant bila perlu.

    Gambar 7 - Sensor Thermometer


    Gambar 8 - Terbaca 7.5 Derajat Celcius

    Pada gambar 7 dan 8 terlihat sekarang pembacaan suhu hembusan angin di kisi-kisi AC tengah dapat mencapai 7.5 Derajat Celcius, diharapkan lebih rendah lagi bila mobil berjalan.

  7. Done.

Selanjutnya newbie melakukan kuras minyak rem Next G, Mengenai kuras minyak rem pembahasan lengkapnya pernah diulas di sini. Karena keterbatasan waktu dan ketemu banyak masalah baut seret yang makan waktu untuk ngebukanya, newbie cuman sempat memfoto hasil sedot dari reservoir saja.

Gambar 9 - Minyak rem dari reservoir

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar