Selasa, 03 Januari 2012

DIY : Membetulkan gulungan seatbelt Next G yang seret

Sejak beli Next G secara second udah kasa kalau tarikan seatbelt sisi driver ga bisa secepet punya Aerio. Kudu dibantu tangan biar bisa ngegulung dengan baik. Kadang lupa langsung keluar mobil begitu ditutup ntuh seatbelt kejepit wah bisa rusak body kalo gini..... Pas sempet pingin cek ah.

Akhirnya kemaren sempet, ya sudah coba diliat barangkali bisa diakalin.


  • Buka penutup seatbelt nya, tinggal tarik aja kok.



gambar 1 - Buka trim plastik penutup pilar B

gambar 2 - Baut penggulung seatbelt

gambar 3 - Baut penggulung seatbelt

  • Buka baut penggulung seatbelt dengan kunci 14mm

gambar 4 - Penggulung seatbelt yang hendak dioprek

gambar 5 - Penggulung seatbelt

gambar 6 - Mekanisme seatbelt lock bila ditarik tiba-tiba


  • Coba main-mainkan dulu tarik dan gulung untuk mempelajari mekanismenya. Terlihat di gambar 6 adalah cara seatbelt melakukan lock tidak bisa ditarik lagi bisa dilakukan penarikan tiba-tiba. Tips di sini lakukan penarikan sabuknya dengan posisi penggulung vertikal sebagaimana bila terpasang pada pilar B, karena bila diposiskan horizontal mekanisme locknya cenderung untuk bekerja sehingga menyulitkan proses oprek.
  • Tarik belt sampai mentok, tapi bukan mentok karena mekanisme lock yang bekerja ya....caranya sudah ditulis di point sebelumnya
gambar 7 - tarik sampai mentok


  • Pada gambar 7 terlihat bagaimana sabuk dikaitkan ke penggulung seatbelt. Dengan menahan pemutar seatbelt dengan obeng atau tangan, kita bisa kendorkan sabuk seperti terlihat di gambar 8. Di ujung jaitannya terselip batang plastik yang menjaga agar sabuk tidak tertarik lepas.

gambar 8 - Sabuk dikendorkan, tarik batang pengunci untuk melepaskan

  • Kendorkan sabuk dan keluarkan batang plastik pengunci sabuk (gambar 9). Ingat selalu tahan putaran penggulung jangan sampai menggulung sendiri.

gambar 9 - Batang plastik pengunci sabuk dilepas

  • Tarik sabuk ke arah berlawanan dari pengendoran, tetapi kali ini bisa dilepas dari penggulung karena di step sebelumnya plastik pengunci sudah kita lepas dari ujung sabuk. Ingat untuk tetap menahan putaran penggulung.
  • Putar penggulung melawan gaya gulungannya, dengan demikian per penggulung semakin kencang berusaha untuk berputar balik. Coba satu kali putaran, test pasang dst, newbie coba sampe 3.5 putaran.
  • Masukkan lagi sabuk ke penggulung, pasang pengunci pada ujung sabuk dan rapikan. Boleh dicoba ditest bila kurang coba tambahkan putaran lagi.
  • Pasang kembali dan rapikan. Test kondisi seperti kita pakai sabuk pengaman, lepas, buka pintu dan keluar pintu, tutup pintu hmmm ternyata dah mayan tertarik tanpa dibantu tangan lagi.


regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar