Jumat, 27 Januari 2012

{Niladyo} Report ganti CV Joint / As Roda / Drive Shaft roda kiri

sumber : milis AIC
gambar 1 - Kiri Ori kanan NKN


Diawali bunyi2 sewaktu belok kanan, kadang sewaktu jalan merayap traffic padat, sampai bunyi klek2 hingga terasa ke stir, dan terasa ketarik2.
Kondisi begitu sudah 2 kali PP Jogja-Jkt, dan gak tenang, tadinya pingin ganti di Jkt, malah di Jogja lagi.
Lega rasanya, digantilah CV joint - drive shaft outer, atau bagian yg dekat ke roda di kiri (foto terlampir).
Kiri yg asli 8 kelereng sebagai "bearing" sendi pelurunya.
Ternyata bagian dalam pangkal CV joint asli Aerio lebih tipis - yaitu "semacam "ring" pengikat 8 kelereng" tsb ketimbang NKN.
Jadi CV joint asli tebal "ring" sekitar 3.5mm, dan NKN malah sekitar 5.5mm, terlihat lebih rigid.
Sebelumnya hanya service, alias dipress, berhubung gak ngeh mana drive shaft aftermarket yg lumayan, jadi pakai dulu, rugi memang, hanya bertahan 3 bulan.
Akhirnya ambil NKN (Japan), bukan LKS (Taiwan), browsing kemana2 - ternyata paling dianjurkan setelah assy.
NKN dapat di 550rb, nawar dari 600rb dan opas 100 - total 650.
Sekarang smooth, maknyus, rigid, tanpa ada bunyi2, dan setir terasa mulus lagi, tanpa ada rasa "ketarik2" dirack end steering.
Semoga membantu.


Oh ya, satu gelondongan drive shaft full set dari roda ke gear box, sepanjang sekitar 50cm utk yg assy sekitar 2.75 jt - per bagian left or right only.
Opas 150rb di Beres.
Justru kalau ganti CV joint outer saja, di beres malah mahalan dari ongkos satu set tersebut, sekitar 260rb di Beres, enaknya di Beres bersih dan lebih tenang, cuman gak nahan nunggunya bisa2 lebih dari 2 jam.
Tadi ganti di bengkel biasa, hanya 50 menit..:). 

by Niladyo - AIC

Comments
1 plus+

1 comments :

Poskan Komentar