Kamis, 26 Juli 2012

DIY : {tonny_penjahat} Tune up - Throttle Body dan ISC Cleaning

sumber : kaskus


Malam axcom. mau setoran DIY nih, tadi pagi abis coba bersihin Throttle Body (TB) . alatnya sederhana aja kok..

Tools :

  • Obeng +
  • Kunci 10
  • Kunci 12
  • DCS
  • Carburator Cleaner
  • Silicone Spray (optional)
  • WD40 (optional)
  • Kutang longgar



 gambar 1 - tools


let the story begin !
pertama tama lepas dulu box filter udaranya .
ada 4 bautnya .. udah pada hatam yg begini mah


 gambar 2 - Lepas filter udaranya


nah kalo udah keliatan deh tuh si throttle body..
 gambar 3 - Throttle Body terlihat
setelah itu kita bukain dulu socket socket,selang dan tali gas
 gambar 4 - ini socket ISC
 gambar 5 - ini selangnya
 gambar 6 - ini tali gasnya
 gambar 7 - nah ini ada 2 baut dilepas juga
 gambar 8 - kalo udah semua, singkirin deh, biar ga ribetin
 gambar 9 - baru setelah itu lepasin baut bautnya..
 gambar 10 - lepasin
 gambar 11 - lepasin


Buat mur yang ini (gambar 12) ga usah dilepas, cukup kendorin dikit aja biar bisa copotin kabel gasnya.
sebaiknya waktu kendorin 2 mur ini, mur yg 1 ditahan juga pake kunci 12 ya.

 gambar 12 - kendorin dikit


nah.. setelah kelepas semua tinggal tarik pelan pelan deh..
keluar deh nih TB , siap dibersihin

 gambar 13 - Throttle Body

sebenernya ane malu nih posting ini, abis kotor banget TB sama ISC ane
tapi yaa.. begini adanya.. apa mau dikata

 gambar 14 - Throttle Body Kotor
 gambar 15 - Throttle Body Kotor
 gambar 16 - Throttle Body
 gambar 17 - Throttle Body

setelah liat liat yang kotor, kita lepas ISC nya
ada 2 Baut kecil..


lepas 2 baut kecil ini pake obeng plus (+) . tapi kalo ente punya obeng getok (impact driver) lebih baik pake itu, karna bukanya agak keras dan tekstur sekrup ini lembut, jadi gampang rusak atau slek..
alangkah baiknya kalo baut ini diganti baut L ajaah


 gambar 18 - lepas 2 baut kecil


setelah dilepas bautnya, tinggal tarik aja deh..
ini juga malu maluin.. kotor parah

 gambar 19 - ISC kotor


ini bagian yang rawan kalo bongkar TB,ISC atau injector nih.
Karet Sealnya ! . kalo asal tarik bisa putus, atau kalo meleng malah bisa ilang.
(jd inget dulu lg bongkar injector, sealnya dimakan ayam )
jadi amankan baik baik nih sealnya

 gambar 20 - Amankan karet sealnya

nah, sekarang bersihin semuanya deh..
enaknya kalo udah kotor begini bersihinnya pake dcs atau nulon..biasanaya sih ane pake dcs, pernah pake nulon ga tuntas
tapi berhubung dcs ane habis, jadi cuma pake carburator cleaner ajah

bersihinnya pake kain yang halus biar ga bikin TB baret.
kalo ane pake kutang longgar

 gambar 21 - kutang :p


bersihikan TB dan ISC sampe tuntas, terutama di bagian butterfly valve nya. bersihin semua kerak dan tumpukan carbon yang ada.
sampe ke lobang lobangnya juga .
untuk ini ane pake tali kutang longgar yang tadi sama beberapa korek kuping

 gambar 22 - kutang longgar part 2
 gambar 23 - ini ISC yg udah bersih 
 gambar 24 - ini Bagian bagian TB yang udah bersih juga
 gambar 25 - ini Bagian bagian TB yang udah bersih juga
 gambar 26 - ini Bagian bagian TB yang udah bersih juga
 gambar 27 - ini Bagian bagian TB yang udah bersih juga
gambar 28 - dan inilah bukti yang melekat di kutang longgar..

setelah bersih, pasang lagi ISC ke TB.
tapi ada baiknya, sebelum dipasang per yg ada di ISC di semprot WD40 / Silicone spray.

Sebelum dipasang, coba intip dulu lobang intake nya
ane intip kotor juga.. semprot aja pake carb cleaner trus lap pake si kutang longgar.. yaa.. sekenanya aja sih



coba di obok obok aja sebisa mungkin.
pake dua jari atau tiga jari

 gambar 29 - intake
gambar 30 - ini hasilnya


setelah selesai pasang lagi TB nya, Baut baut , socket dan selang.
jangan sampai ada yang kelupaan
ada baiknya tiap baut sekalian disemprot silicone spray atau WD40 sebelom dipasang . Untuk baut, pasangya jangan kenceng banget sampe narik urat.
pengalaman dulu pasang baut di TB kekencengan eh pas mesin panas TB nya bengkok. karna pada saat panas, TB memuai.
Selama melakukan ini sih ane sekalian cabut sekring ecu guna me reset ECU nya

Sekian laporan dari nubie.. tolong dibenarkan kalo ada syang salah yaah..
maklum ane nubie, ini aja baru pertama kali bongkar Tb Avanza ;malus
Mohon maap kalo menuh menuhin juga

The Real Driver Have To Know What Exactly In His Car.. 


by tonny_penjahat

Comments
1 plus+

1 comments :

Poskan Komentar