Senin, 15 Oktober 2012

DIY : {sinxa} Ganti warna LED speedometer Aerio Facelift menjadi putih

sumber : kaskus

Berawal dari keinginan untuk ganti suasana di dalam kabin, ane berniat untuk merubah warna cahaya panel speedometer.
Berbekal dari DIY postingan om CT di blognya om Singachu, akhirnya ane beranikan bongkar, minimal untuk mengetahui anatominya terlebih dahulu. Namun dalam kesempatan ini blom brani untuk merubah (mengganti lampu LED) karena selain blom tau dimana belinya LED SUPER FLUX seperti itu, ane juga blom yakin bisa membuat solderan yg sekecil itu. Tapi sekedar untuk membuktikan bahwa sebenarnya keinginan saya ini bisa dilaksanakan, okelah ane sampaikan hasil bongkar2nya.
 gambar 1 - Ritual Bongkar

Sekedar tips, dari petunjuk om CT untuk mencabut jarum penunjuk kecepatan, tacho, bahan bakar, dan temperatur disarankan untuk menggunakan pinset. Tapi ternyata dengan tangan kosongpun bisa dengan mudah dilepas. Caranya dengan menarik pelan2 sambil memutar berlawanan arah jarum jam (kecuali jarum penunjuk bahan bakar muternya searah jarum jam). Dengan demikian jarum akan mudah sekali dilepaskan.

 gambar 2 - cek nyala LED


Ini adalah kondisi sebagian lampu indikator dan semua lampu backlite menyala. Lampu LED yang mengiluminasi panel sebenernya hanyalah 6 buah yg ditunjuk oleh tanda panah. Masing2 dua biji di deket jarum tacho & speed, dan masing2 satu biji di deket jarum temperatur dan BBM.



 gambar 3 - bentuk LED SUPERFLUX

Ini adalah potret jarak dekat bentuk *LED SUPER FLUX yg dimaksud (*cmiiw). Jelas lokasinya berada di sebelah batang jarum, karena fungsinya sekaligus juga mengiluminasi jarum tersebut.


gambar 4 - test_pake_lampu_senter_1_LED_PUTIH
Dan ini adalah percobaan ane tanpa menggunakan rangkaian PCB aslinya, melainkan hanya menggunakan lampu senter LED (1 biji, kebayang kira2 seberapa terangnya dengan 6 biji?) yang saya posisikan kira2 di lokasi LED aslinya, sekedar untuk membuktikan bahwa lembaran panel meter tersebut sebenernya berwarna putih. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kita bikin variasi warna misalkan dengan mika untuk jilid yg berwarna-warni untuk melapisi bagian tertentu, misal untuk angkanya dibikin warna lain.

UPDATE !!!!


Akhirnya, setelah iseng nyambangin toko elektronik, ane nemu LED fleksibel kaya gini.

 gambar 5 - LED FLEKSIBEL

Harganya seribu per biji, tapi belinya kudu kelipatan 3 biji. Akhirnya belilah 7 ruas (21 biji) seharga 21 ribu.


gambar 6 - perbandingan LED lama vs baru
Ini setelah di potong dan di kupas pembungkusnya, untuk kemudian dibandingkan ukurannya, dan ternyata sama persis. Untuk tegangan juga udah aku tes, maksimal 4volt udah putus, 3volt masih oke. Tapi sayangnya aku cek di rangkaian PCB speedometernya isinya justru cuman sekitar 1,5v. Meskipun sebenernya kurang terang, tapi justru relatif aman gak takut putus. Hehehe...

Okelah, untuk ritual solder menyolder lepas dan pasang LED ane gak bisa dokumentasikan, soalnya tangan kepake semua, dan itupun udah dibantu istri megangin PCBnya

 gambar 7 - Mika warna warni


Untuk tambahan variasi, aku pake mika transparan warna warni untuk gaya ala OPTITRON

 gambar 8 - tempel di belakang lembar panel

Cukup dibentuk sesuai keinginan, dan ditempelkan di belakang lembar panelnya. Oh iya, LCD odometernya juga aku kasih mika biru dibelakangnya, serasa kaya honda megapro


gambar 9 - HASIL AKHIR


Dan hasil akhirnya adalah seperti ini, hehehe... matching ama warna HeadUnit originalnya kan???

UPDATE LAGI !!!

Nyala panel sudah dialihkan ke ACC1, bukan lampu senja lagi.

gambar 10 - at rain, Dec 2013

Terimakasih.

by sinxa

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar