Selasa, 13 November 2012

{Ervan} Report penggantian bushing arm depan Aerio facelift dan potong per depan

sumber : BB
 gambar 1 - Bushing arm belakang kiri
gambar 2 - Bushing arm belakang kiri
Mau share report penggantian bushing arm dpn sebelah kiri
Arm depan aerio ada 2 bushing, depan dan belakang. Yang pecah sebelah kiri belakang (dalam), Arm nya tdk diganti, ganti bushing nya saja. 
Harga bushing arm belakang 118rb, depan 150rb, part orisinil.
Gejalanya bushing pecah : Kalau posisi mobil sedang jalan, mobil kalau kena polisi tidur atau sambungan jalan tol layang.. Setirnya bunyi gluduk2. Kalau posisi mobil sedang mau parkir, trus setirnya kita mentokin kiri atau kanan sampai habis. Trus kita rem, ada bunyi seperti besi beradu di kaki-kaki depan.

Kemarin-nya saya potong per depan, ketahuannya bushing pecah dari situ. Pas pernya dibuka, armnya turun kebawah, eh keliatan karet bushing belakang nya sudah pecah. Pas di spooring tidak kelihatan jelas, makanya bengkel spooring sih ga pernah menolak. 

 gambar 3 - Baut bushing arm depan
 gambar 4 - Baut bushing arm depan

Foto diatas (gambar 3 dan 4), itu baut yang bushing depan. Pas mau dibuka drat bautnya slek. Ternyata pas diturunin dan di cek bukan dratnya yang slek, ternyata, bautnya nempel sama besi bos yang di bushing. Akhirnya di las, karet nya dibakar (gambar 5 - 8). Habis dikabar habis, kan kelihatan tuh bos (besi) yg ditengahnya (gambar 9). Lalu besi nya dicopot dgn cara dilas juga, setelah itu baru deh, baut nya bisa dilepas



 gambar 5 - Proses lepas baut bushing depan
 gambar 6 - Las bakar
 gambar 7 - Las bakar
 gambar 8 - Las bakar
gambar 9 - bos tengah dilepas dan baut dilepas
Setelah arm sudah terlepas dari cross member, akhirnya bushing depan dan belakang di pasang dengan cara di press. Press nya di toko bubut, saya ga ikut waktu dibawa kesana. 1 kali press kena 35rb, Bayar press totalnya kena 140rb (4 bushing - 2 arm 2 depan 2 belakang)
 gambar 10 - bushing arm belakang dipress
 gambar 11 - bushing arm depan dipress
gambar 12 - arm terpasang pada cross member

Bushing baru yang letaknya di belakang sudah di press dan terpasang dengan rapih (gambar 10). Bushing baru yang letaknya di bagian depan sudah di press dan terpasang dengan rapih (gambar 11). Tampak arm kiri , kanan dan cross member dilepas dari rangka aerio (gambar 12).
Bushing yang depan akhirnya diganti jg X_X 
Semua baut-nya yang kiri slek semua. Bushing Arm kanan juga diganti sekalian, tapi baut nya baik2 semua.. Aka lancar jaya :D
Pengerjaan dari jam 10 pagi, selesai jam 5 sore.

 gambar 13 - Hasil potong per
gambar 14 - hasil potong per

Potong per nya hari jumat minggu kemarin, ganti bushing nya hari senin kemarin. Per depan ori dipotong 1 jari, Kurang lebih 1,5cm. Setelah dipotong masih empuk kok, ga ada perbedaan nya dengan sebelum dipotong. Potong per maksimal 5cm. Lebih dari 5cm per akan terasa keras atau mati. Saya sih cuma potong 1,5cm. Masih dlm tahap wajar :D
Ban ukuran 215/45/17
Velg nya saya pakai ukuran 17x7 et 42

Review : Setelah diganti dengan bushing baru, sekarang kaki terasa lebih senyap dari sebelum nya. Setir sudah tidak bunyi kletek2 dan di bawah kaki2 tidak ada bunyi besi beradu lagi.

Perincian nya :

  • Potong per dpn kiri kanan 150rb
  • Karet stoper shock 60rb (2buah)
  • Ongkos ganti karet bushing 150rb
  • Ongkos jasa press 140rb
  • Bushing 1 set kanan kiri 536rb
  • Ongkos las 50rb
 gambar 15 - Nota part dan jasa bushing arm
gambar 16 - Nota potong per dan pasang stopper


 by Ervan GreenRazer

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar