Minggu, 09 November 2014

DIY : Lepas butterfly valve di Innova D4D, tambah performa kurangi ndut-ndutan {nobody}

 gambar 1 - target operasi
 http://otodiy.blogspot.com 
mau report bongkar butterfly valve di throttle body innova d4d manual saya: (tadinya sempet mikir mau pasang EGR pipe nya lagi, cuman diubek2 ga ketemu udah lah langsung coba lepas aja butterfly valvenya)

gambar 2 - throttle body sudah dilepas  
 gambar 3 - throttle body siap dibongkar 
yang dilepas itu piringan berwarna keemasan.
(ga sempet foto lagi pas butterfly valvenya udah dilepas maap...)

Dan hasilnya??? MEMUASKAN! hwahahaha.. sekarang ipah gue ngga endut2an lagi klo lagi deselerasi di gigi 1 atau 2. Asli jadi alus banget sekarang, engine brake nya jadi berasa normal.. bahkan ketika piggyback f con d diidupin tadinya ga enak bgt dipake buat macet2an karena engine brake nya makin berasa, sekarang jadi smooth banget.... 

Buat yang EGR nya udah ditutup.. disarankan juga ngebuka butterfly valve ini di throttle body, karena ketika EGR ditutup, ECU akan memerintahkan throttle valve ini untuk mengecil dan mengambil udara via EGR. 

Nah kalau EGR ditutup.. throttle valve ini juga mengecil.. mesin sempet kekurangan udara pada saat lepas gas/deselerasi... menyebabkan engine brake effect yang terlalu berlebihan (menurut gue).....

PS: Do it at your own risk.... saya tidak bertanggung jawab kalau mesinnya tiba2 meledug atau gimana...

yang berasa banget di gue ya itu.. engine brakenya skrg jadi lebih manusiawi.. kayak mobil normal pada umumnya lah.., bukan yang jadi nyelonong gitu lho ya.. 

efek ke 2 nya adalah throttle respons yang lebih instan.. kombinasi ke 2 nya bikin nyetir jadi lebih nyaman dan asik deh......

Btw gue bongkar pasang di gardenspeed.. disana jg baru sekali itu bongkar throttle valve innova, ini jg karena permintaan gw. Gw wanti2 mekaniknya, mas kalau valvenya ga bisa dicopot dengan aman dan ga bisa dipasang lagi mendingan ga usah ya, tapi kalau mas yakin bisa buka dan dipasang kembali dengan baik (dibalikin ke std lagi) 
ya udah go for it! 

Soalnya gue juga kuatir jg kan awalnya gimana efek samping dari lepas butterfly valve itu.. apakah akan berjalan dengan lancar atau malah jadi gimana gitu...

so far sih so good.. only positive effect, no negative (yet) 

btw ini butterfly valve yang udah dilepas. kalau mau di standarin lagi tinggal dibaut lagi...
gambar 4 - butterfly valve yang dilepas

Quote:Original Posted By khatulistiwa81 


Abis copot diganti ap om?


ya kosong aja plong... cuman sisa shaft nya aja. Sensor2 dan motor sih masih pada tempatnya agar engine check nya ngga nyala.
Quote:Original Posted By q246 


skep butterfly nya di copot maksudnya om?bukannya jd ngisep trs ya...


iya betul dicopot.. dari yang ane baca di mesin diesel sebenernya ngga perlu ada butterfly valve buat mengontrol kecepatan mesin.. di mesin diesel butterfly valve dipake buat ngontrol campuran antara aliran udara bersih dan EGR CMIIW
Quote:Original Posted By usual 
Abis butterfly valve nya dicopot, ada pengaruh akselerasi juga gak om?
Secara teori sih, respon mesin jadi lebih cepat krn pas ngegas, supply udara berlimpah


throttle response iya terasa sedikit lebih instant.. (menurut butt dyno ya.. jadi mungkin sugesti jg) tp jadi lebih menyenangkan tadi nyetirnya . cuman kalau soal max power sih ga ada perubahan sepertinya, secara kalau WOT ECU harusnya nutup EGR valve dan membuka full valve dari throttle untuk maximum power. 


by nobody
sumber : kaskus KIOC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar