DIY : Mengeluarkan busi Aerio yang patah {Arief Sudibyo}

Views
 gambar 1 - busi patah
otodiy.blogspot.com
Apa ada yang pernah ngalami busi patah di dalam?? ada, sama patahnya di seperti itu
Pake tap balik katanya bengkel

ini masih d rumah..  Bengkel-e gak punya alatnya om..
Nah ini nanti aku juga mau beli om (screw extractor).. Nunggu tokonya buka.  Semoga ada

 gambar 2
 gambar 3 - baru 1 yang sudah dilepas
Masih lepas 1 busi aja.  Mau buka 2 lagi jadi, gak pede saya..  Takut patah lagi lainnya
 gambar 4 - tadi bukanya pakai ini
Tadi pas buka,  handelnya tak panjangin pake pipa..  Soalnya yang masuk ke mesin kan bagian handle yang panjang..  Jadi yang sisi pendek tak sambung pipa..  Kalau pake kunci ring agak berat :
 gambar 5 - buka dipanjangin pakai pipa
Klo ngencengin gak pake pipa om.. Pake gini (gambar 6).  Biar torsine gak gede
 gambar 6 - buat ngencengin busi
Extruder iku kan pendek...  Di-tambahin pake apa biar panjang  kan iki dalam lubang busi aerio
kalau stang kunci L itu om, ujungnya pasangin kunci sok.... coba aja tes kunci sok 17 mm bisa masuk ke lubang busi ga ? kalau bisa bawa aja kunci sok 17 mm itu coba tes pasang di pangkal extruder, pas apa ga buat diputer. atau bisa juga pakai deep socket busi itu om, 16 mm kan itu ukurannya.....cari extruder yang pas di kunci 16 mm itu
 gambar 7 - Alhamdulilah...  Sudah bisa terbuka...
 gambar 8 - pakai kunci sok 10mm, DR 1/2, 12point
Ini sambungan pendek kunci 10. Di masukin handle 1/2.
Di isolasi biar gak lepas..  Soale ujung screw extractor sama shock 10 longgar dkit..  Pake shock yang kembangannya banyak..  Kalo yang segi 6 gk masuk ujung screw nya (12 pt)

 gambar 9 - dipanjangin pakai pipa
Sama kyk nyopot busi td om..  Stang mungkin kurang panjang..  Berat muternya..  Nekat buka sendri om..  Setelah konsultasi sama bengkel
 gambar 10 - screw extractor
gambar 11 - merk screw extractor
Nunggu mekanik gak datang datang.. Tadi juga gambling..  Tak puter terus kok gak nyantol-nyantol..  Akhire pas udah nyantol tak terusin puter kiri..  Dag dig dug tok.. Sampek bunyi cetak..  Pikiranku iki seng putus screw extractornya.  Ternyata bukan..
Screw extractor beli di Astek..  Dekat warna warni .. harga 150rb isi 5 pcs

by Arief Sudibyo
sumber : WA AIC Sejatie

Comments

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : cara setel ketinggian sorot headlamp All New Avanza / Xenia {Ejecutar}

Troubleshoot extra fan AC tidak berputar, bersihkan ECT sensor dan test fan radiator {Reynaldo PS}

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF