Senin, 11 Juni 2012

DIY : {kijangtua} Buka dan bersihkan filter kabin dan kipas blower AC Hyundai i10

sumber : kaskus
Gw lagi otodiy bersihin filter kabin dan kipas blower Hyundai i10… gejalanya kalo filter kabin kotor ac jadi gak dingin, semburan berkurang, dan bunyi ac gemuruh...
kosongin dulu lacinya biar enteng…
kalo mo bersihin kipas blower langsung tengok aja di kolong, lepasin soketnya dan buka 3 sekrup nya….

 gambar 1
dan blower pun tercopot… hmm.. rada2 kotor sih bilah2nya…enaknya dicuci nih…

 gambar 2


sekalian aja di lap bagian dalam ruang blowernya biar tuntas bersihnya...

 gambar 3


lanjut lagi buka filter kabin... laci i10 gak usah dilepas dari engselnya kalo cuma mo bersihin filter kabin… cukup tekan kearah dalam sesuai tanda panah biar stoppernya gak nahan… tekannya berbarengan ya kiri kanan… jangan takut patah.. bahan plastiknya cukup lentur kok…
kalo menurut bukunya kudu ngelepas stopper-nya tapi kok kayaknya sulit yak??

 gambar 4
 gambar 5
nah keliatan kan cover filter kabinnya…
 gambar 6
 gambar 7
lanjut lagi buat nyopotnya dengan menekan klip pengucinya…
 gambar 8
kemudian tarik filter kabinnya…
 gambar 9

ini filter kabinnya.. kalo mo beli bisa pake punya picanto harganya di beres kalo gak salah 120rb.. kalo nurut manual booknya ganti tiap 30rb km… tapi untuk menjaga filter kabin bersihin aja tiap 5rb km…
 gambar 10
cek kekotorannya.. wedeww kotor banget yak..
 gambar 11

ayo di vakum dulu…

gambar 12
 nah bersih kan??
gambar 13
 sekarang nyuci blowernya…
gambar 14
rendam di air sabun dan gunakan kuas buat bersihinnya… air dalam baskom jangan banyak2 ya cukup 1/4 bilah blower aja yg kerendam demi menghindari cipratan airnya kemana salah2 malah kena motornya...

setelah bersih keringkan aja, kalo gw sih cukup diangin2 kan saja…

gambar 15


sekarang siap dirangkai lagi…
btw kalo gak mau bersihin blower langsung ke aja ke step nyopot laci...
demikian otodiy nya tenkyu…



by kijangtua

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar