Rabu, 24 Juli 2013

DIY : Install Remote Setir Grand Livina {syahrul763}

gambar 1 - Steering Remote GL
Melanjutkan testing sebelumnya tentang Steering remote untuk HU (Head Unit) kenwood 4031, akhirnya yg ditunggu-tunggu tiba........

Fungsi" standard sesuai dgn gambar di steering remote GL (Grand Livina) yaitu :

  • Volume up
  • Volume down
  • Phone call
  • Phone reject
  • Seek up
  • Seek down
  • Source



Langsung dibongkar dan cek dalemnya biar lebih jelas rangkaiannya sehingga steering remote ini bisa digandengkan dgn berbagai jenis HU dan bisa memastikan apakah memerlukan tambahan modul interface lagi atau tidak. Tentunya dengan HU yg punya fitur ready steering remote. Buat HU standar GL yang lama kliatannya impossible ....klo yang neo GL belum tau HU nya uda ready steering remote atau belum.

Untuk memastikan apakah HU nya bisa langsung konek dengan steering remote GL atau memerlukan modul interface, bisa ditest seperti yang pernah saya posting sebelumnya.
gambar 2 - PCB Steering remote
Sesuai dengan prediksi sebelumnya bahwa isinya cuman switch dan resistor, langsung dibuat gambar skema diagramnya biar lebih gamblang
gambar 3 - skema diagram

Terlihat di gambar diatas bahwa nilai resistor di masing" switch berbeda-beda dan khusus buat switch volume down tidak menggunakan resistor sama sekali

Setelah itu lanjut testing steering remote ini dengan HU kenwood 4031 sebelum dipasang ke stir nya. Perlu diketahui bahwa steering remote dengan HU yang dipakai bisa menggunakan 2 wire system atau 3 wire system (maksudnya pake 2 kabel ato 3 kabel )

sebagai tambahan informasi, kabel dari Steering remote GL ini ada 3 yaitu :

  • Coklat --> Ground
  • Biru --> Signal 1
  • Putih --> Signal 2


Untuk 2 wire system, kabel signal 1 dan 2 (Biru dan Putih) digabung jadi satu. Hal ini sangat memungkinkan karena masing" switch punya nilai resistor yg berbeda-beda.
gambar 4 - testing 2 wire system
gambar 5 - testing 3 wire system

dari kedua sistem diatas mampu dibaca HU dengan baik saat learning system steering remote. Maksudnya saat tiap" tombol steering remote dipencet, HU akan mendeteksi masing" tombol dan kita set fungsi dari tombol tersebut.
Contoh : pada saat tombol volume up dipencet, maka HU akan mendeteksi ada tombol yg dipencet kemudian kita mapping fungsinya di HU sebagai tombol volume up juga. Tapi jika dibikin yang aneh misal tombol volume up dipencet tapi difungsikan sebagai volume down ato yang laen jg boleh.........the choice is yours

Seperti yang pernah diinformasikan juga, karena steering remote GL ini model analog (resistor) type, kita bisa fungsikan 2 tombol yang berbeda yang bila dipencet secara bersamaan bisa disetting untuk fungsi yang laen. Tapi jangan tombol bersamaan dengan tombol volume down karena dia gak pake resistor alias nol ohm
Terlihat di gambar di bawah bahwa steering remote GL ini terdiri dari 7 tombol tapi bisa memiliki 9 fungsi.
gambar 6 - Mapping Steering remote GL
Setelah testing done langsung dilanjut buat pasang Steering Remote GL di tempat yang semestinya

Langkah yang pertama dilakukan jelas buka cover klakson stirnya. Cara bukanya bisa diliat di blog milik om singa disini.
Important : Buat boil GL dengan airbag guna menghindari mengembangnya airbag lebih amannya jika lepas kabel negatif ( - ) aki terlebih dahulu.

Saat cover klakson terlepas maka akan terlihat seperti gambar berikut :
gambar 7 - cover klakson
Terlihat pada gambar diatas terdapat soket kabel female 8 pin yang hanya terpakai satu untuk klakson saja. Tentunya akan berbeda jika dilengkapi dengan airbag. Berhubung Steering remote GL yang saya dapatkan tidak disertai soket kabel maka bisa menggunakan soket kabel tersbut.
gambar 8 - stir tanpa cover klakson
Yang perlu diperhatikan dari gambar diatas yaitu :

  • tanda lingkar merah adalah klip pengunci cover klakson, klip itulah yang harus didorong untuk membuka cover klaksonnya. Dorong dengan obeng minus panjang klip itu untuk membuka cover klakson
  • tanda panah hijau adalah soket male tempat masuknya soket female buat kabel dari steering remote dan klakson seperti pada gambar sebelumnya. Soket warna putih tersebut akan terhubung dengan soket kabel yang ada dibelakang stir (akan ditunjukkan pada gambar berikutnya)
  • tanda kotak kuning, semua pasti udah tau itu baut stir . Kita perlu lepas stir karena untuk melepas kotak abu" sebagai tempat steering remote nya kita harus melepas 2 baut sekrup yang mana tertutup oleh cover bawah stir (tanda panah biru)

Important : Posisikan stir pada posisi ban lurus sebelum melepas stir
gambar 9 - GL tanpa stir 
Stir terlepas....lanjut dengan buka cover bawah stir tadi (tanda panah biru) dan akan terlihat 2 baut sekrup untuk melepas kotak abu" tersebut dan diganti dengan steering remote nya. Berhubung lubang baut sekrup kotak abu" yang ori dengan steering remote beda panjangnya maka diganti dengan baut sekrup yang lebih pendek.
gambar 10 - kotak abu" ori terpaksa pensiun
Setelah steering remote duduk pada tempat yang semestinya pasang cover bawah stir kembali dan pasang juga stir nya pada tempat yang semestinya.

Next.....buka cover bawah di bawah switch lampu untuk melakukan pengecekan sambungan dari soket male warna putih (soket tempat kabel dari steering remote) yang diatas tadi dengan soket kabel diluar/dibelakang stir.
gambar 11 - soket kabel dibelakang stir
panah merah di gambar diatas (soket kabel warna abu") menunjukkan soket kabel yang terhubung dengan soket kabel tempat steering remote. Lepas terlebih dahulu soket abu" tersebut dan lakukan cek sambungan antar pin dengan menggunakan multitester untuk menentukan pin mana yang mau dipakai untuk koneksi steering remote nya.

Lanjut sambung kabel yang terhubung ke HU pada soket tersebut jika sudah menentukan pin" yang mau digunakan. Disini saya menggunakan kabel paket dari steering remote nya sehingga tidak perlu nyari kabel lagi
gambar 12 - Kabel yg menuju HU terpasang pada soket
Ujung yang satunya disambung dengan kabel steering remote bawaan HU dan colok jack mini male tersebut ke jack female HU, tentunya dengan membuka panel HU agar lebih mudah.
gambar 13 - kabel steering remote bawaan HU
Dari step ini kita sudah menghubungkan soket kabel di belakang stir sampe ke HU.
Dilanjut lagi, pasang kabel dari steering remote ke soket female tempat kabel klakson seperti pada gambar berikut :
gambar 14 - pasang kabel steering remote
Setelah kabel steering remote terpasang, pasang soket female tersebut pada tempatnya.
gambar 15 - soket steering remote dan klakson terpasang
pasang kembali cover klakson dan jangan lupa pasang kabel hijau ke tempatnya (kalau gak dipasang klakson akan membisu ), setting ulang buat learning system steering remote dan steering remote siap digunakan......:
gambar 16 - steering remote siap digunakan

keuntungan menggunakan steering remote :

  • lebih safe berkendara karena fokus ke depan
  • boil tampak elegan
  • HU bersih dari noda" jari
  • gak kalah sama Veloz dan R3

kerugiannya : gak bisa lagi "melintir-melintir" tombol volume

Semoga bermanfaat

by syahrul763
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar