DIY : Ganti nozzle washer OEM Livina ke nozzle OEM Innova {telo015}

gambar 1 - nozzle OEM Livina
Permisi agan2 semua.. Saya newbie mau coba ngasih DIY buat ganti nozzle OEM livina family dengan menggunakan nozzle OEM Innova.. Maap kalo agak2 repost.
Seperti yang kita ketahui, performa nozzle OEM livina gak terlalu bagus karena semburan air tidak merata. Lubang di tiap nozzle ada 2, total 4 lubang untuk menyemburkan air washer ke windshield..
Masih banyak area yang tidak tercover oleh semburan tersebut. Hal ini menyebabkan wiper akan menyapu banyak area yang masih kering. Akibatnya kalau sering2 bisa bikin baret kaca windshield.

gambar 2 - Penampakan nozzle OEM innova
Bisa di tebus sekitar 95rb. Di FJB ada beberapa lapak yang jual. Atau bisa dibeli di beres Toyota.. Modelnya agak berbeda dengan oem livina di bagian connector ke selangnya. Nozzle livina menghadap vertikal ke bawah, sedangkan nozzle innova menghadap ke samping (horizontal). Disinilah kenapa saya butuh selang tambahan..

Alat-alat yang perlu disiapkan sebagai berikut :

  1. Cutter
  2. Gerinda atau kikir kecil. Bisa pakai kikir gunting kuku, tapi bakal gempor tangannya.
  3. Obeng minus sedang


Material :

  1. Selang dengan ukuran sama seperti selang bawaan. Harga 6rb/meter. Butuh sekitar 30 cm.

gambar 3 - Selang

Selang bisa di beli di bengkel motor atau di toko akuarium. Kalau bisa yang tahan panas ya gan, supaya gak leleh gara2 kepanasan di dalem kap mobil.


Langkah-langkah Pengerjaan:
Pertama ya pasti berdoa dulu gan.. Biar diberi kemudahan dalam pengerjaannya.

Pengerjaan dimulai dari nozzle sisi driver. Lepas selang pendek setelah tee.
gambar 4 - nozzle connector
Copot nozzle oem dengan cara mencungkil salah 1 lock ke arah tengah nozzle dengan menggunakan obeng minus kemudian dari sisi atas di tarik pakai tangan sambil di goyang2..
gambar 5 - nozzle connector 2
Setelah copot, lanjutkan yang di sisi penumpang. Langkahnya sama, lepas selang lanjut di congkel pakai obeng minus & ditarik dari atas.

Masuk ke langkah selanjutnya yaitu modifikasi nozzle oem innova. Berikut foto nozzle innova tanpa modifikasi kalau dimasukkan ke lubang kap livina.
Gambar 6 - nozzle innova tanpa modifikasi

Terlihat nozzle mentok di bagian body samping kiri kanan dan bagian lock nya..

Untuk bagian body bisa di papras pakai kikir kecil supaya bisa masuk. Yang agak susah adalah papras bagaian ujung locknya. Saya pakai pisau lipat/cutter untuk papras bagian lock. Berikut hasil paprasan/modifikasi nozzle yang saya lakukan.
gambar 7 - modif nozzle innova
gambar 8 - modif nozzle innova
gak rapi kerjaannya gan.
Kalau mau lebih sip, sehabis di papras lanjut di amplas biar mulus..
Selanjutnya bisa dites apakah nozzle sudah bisa masuk dengan sempurna atau belum. Kalo belum, lanjut lagi di papras sampai bisa masuk. Paprasnya jangan terlalu dalem juga ya gan, nanti malah kendor.
gambar 9 - tes pasang nozzle
gambar 10 - tes pasang nozzle
Masukinnya miring dari sisi connector dulu ya gan. Baru di luruskan dan lanjut ditekan sampai mentok. Kalau sekiranya sudah ok tingkat kekencangannya, bisa dilepas lagi dengan cara yang sama waktu lepas nozzle oem livina.
gambar 11 - Nozzle terpasang

Lakukan langkah yang sama untuk nozzle yang di sisi penumpang.

Lanjut ke perselangan..
Lepas selang panjang yang ke arah nozzle sisi penumpang (kanan) dan masukkan ke lubang seperti dibawah ini..
gambar 12 - selang nozzle kanan
Jadi nanti selang tidak lewat luar tapi lewat dalam via lubang nozzle sisi driver. Hal ini dimaksudkan supaya selang tidak terlipat karena connector nozzle menghadap samping.
Setelah itu ujung selang dikeluarkan ke lubang di atas hood kemudian di connect ke nozzle. Lanjut pasang nozzlenya dan tekan sampai posisinya rata dengan hood.

Sedangkan selang untuk nozzle sisi driver menggunakan selang baru karena bawaannya pendek.
Potong selang dengan panjang kurang lebih 30 cm. Pasang ujung selang ke Tee. Ujung yang lain dimasukkan ke lubang hood dan di connect ke nozzle.
Setelah itu masukkan sisa selang ke lubang dan pasang nozzle'nya.
Hasil akhirnya seperti ini:
gambar 13 - selang nozzle sisi driver

Sisa selang nantinya akan "mlungker" di dalam sehingga tidak ada selang yang terlipat.

Dalam bagian per'selangan ini gak baku harus seperti di atas kok gan.. Se'kreatifnya agan2 aja dalam routing selangnya. Intinya adalah supaya selang tidak terlipat karena posisi connector di nozzle innova menghadap samping.

Setelah semua selesai dipasang, bagian selanjutnya yang paling mendebarkan adalah commissioning atau uji coba. Kalau air masih tidak mau keluar, mungkin ada bagian selang yang masih terlipat. Dicek ulang di bagian per'selangannya.
Kalau masih gak bisa, mungkin tadi waktu di awal lupa berdoa gan..

Di saya, begitu saya tes pada awalnya agak lama keluar airnya. Ini disebabkan air mengisi selang yang tadi kosong akibat di otak-atik.
Selanjutnya, nyemburnya joss gandhos kalo kata om Alul..
gambar 14 - semprotan nozzle baru

Butiran2 air menyebar cukup rata ke seluruh bagian kaca.
gambar 15 - water beading di windshield
gambar 16 - water beading di windshield
Maap kalo potonya ndak jelas. Gak ada yang bantuin pencet tuas washer'nya.

Kelebihannya sekarang semprotan wiper jadi gak kalah sama punya ipah.. Nyebar dan meminimalisir baret2 akibat wiper jalan dengan kondisi kaca kering.

Kekurangannya mungkin air washer jadi cepet abis gara2 pengen nyemprot terus..

Sekian tutorial DIY dari saya. mungkin sedikit repost karena sudah banyak yang DIY sendiri..
Mudah2an membantu agan2..

Kalau ada masukan dari agan2 semua, silahkan di sampaikan. Feel free ajah ya gan.. 

by telo015
sumber : kaskus

Comments

Post a Comment

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova