Selasa, 18 Februari 2014

DIY : membetulkan celah antara bumper Aerio dan headlamp depan yang terlalu lebar {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - plastik penyangga
Seringkali dijumpai antara Headlamp depan dan bumper depan Aerio mempunyai celah yang cukup lebar terutama seiring usia mobil.
Baru sempet upload foto yang saya janjiin.. Kebetulan ada Aerio yang perbaiki bumper nih jadi saya ga perlu bongkar bumper si Bluey hehehe
Trick supaya celah antara bumper dan spatboard/lampu ga terlampau jauh..
Ganti nih bagian yang warna krem ( lupa namanya ) yang ada difoto (gambar 1).

Karena terbuat dari plastik biasanya rusak/getas atau ga bisa distel lagi. Padahal fungsinya untuk nahan bibir bumper supaya celah antara spatboard dan bumper rapat.

Solusi nya?
Bisa bikin dari pelat dg ketebalan 0.8 s/d 1.2mm dan sesuaikan dengan ketebalan bibir bumper.

Stel ketinggian pelat sesuai dengan ketebalan bibir bumper. Semakin tinggi posisi bibir atas pelat tersebut dengan spatboard. Celah antara bumper dgn spatboard akan semakin rapat.
gambar 2 - Celah bumper dan headlamp aerio biru yang rapat
Question  platnya mesti dibentuk seperti gimana om ?
Kalau misal pakai dudukan yang krem lama ini, tapi dilapis dengan double tape atau apa biar tebel bisa ga ? Atau mungkin sekrupnya dilepas dibuat lubang lagi di plastik krem itu biar posisi agak naik bisa ga ?
Trus di bagian bumper, kan juga ada plastik yang "nyangkut" ke dudukan krem itu, dan rasanya plastik di bumper itu juga bisa letoy..... apa diperkuat atau dibiarkan ?
Tergantung kondisi plastik krem itu kang..
Bisa aja diganjal tapi karena bahan plastik dan udah berumur biasanya bagian lubang sekrupnya yang malah melebar atau malah retak.

Kalo bagian bumpernya sih selama ga ada tanda2 perubahan bentuk dibiarkan saja.
Kalo ada perubahan bentuk di bumper bisa diperkuat dg pelat tipis berbentuk 'L'
Bisa di lem, atau bisa ditanam dengan cara dipanaskan.
gambar 3 - dudukan di bumper
karena kondisi plastik krem yang buat nahan bumper masih bagus, jadi buat kasus yang sekarang saya pake jalan buat memindahkan lubang dudukannya sedikit keatas dengan cara dikikir.
gambar 4 - lubang yang dikikir
lubang ini (gambar 4) yang dikikir supaya dia geser keatas. di kasus saya ini saya manfaatkan api las supaya lubangnya lebih keatas dan tambah 'daging' bagian bawahnya. kalo mau DIY bisa dikikir/dipotong sedikit aja bagian atasnya dan untuk bagian bawah diganjel pake pelat. Ini supaya posisi plastik penahan bumper bisa naik sedikit keatas.
Potong sedikit-sedikit. Lebih baik sedikit demi sedikit daripada banyak tapi nanti bumpernya malah gak bisa masuk dijepit ama penahan nya hehehe
Lagipula lubang itu harus pas gak pake acara longgar dan goyang-goyang dengan dudukan sekrup plastik penahan bumper
gambar 5 - bagian belakang plastik penahan bumper
Ini foto bagian belakang plastik penahan bumper (gambar 5). as you can see, bentuknya kotak jadi lubang yg td diperbesar harus dibuat pas dengan bagian yang ini
gambar 6 - sudah dinaikkan
plastik penahan bumper udah diposisi naik dari yang sebelumnya (gambar 6). bandingkan dengan foto sebelum posisi plastik penahan bumper dirubah (gambar 1).
gambar 7 - atas sebelum, bawah sesudah
 gambar 8 - before calangap dot com
gambar 9 - after
After.. cara pasangnya bumper bagian samping didorong masuk. jadi plastik dudukan bumper itu ngejepit bagian pinggir bumper.
gambar 10 - plat tambahan untuk bumper
Firdaus Nasution SH saya nambahin dikit cerita om Aditia Ekalaya, bumper saya yg dulu juga mangap, jadi waktu nabrak, sekalian betulin, dan dipasang plat begini (gambar 10), jadi yang bulat-bulat itu di bor (bolongin), lalu dipanaskan itu plat, baru di lengketkan ke bumper (ketanam) dan bagian nyonyot keluar dari lubang bor tadi supaya kuat dudukannya.
Aditia Ekalaya om Firdaus Nasution SH : iya itu buat memperkuat dudukan bumper.
Biasa dipake buat bagian bumper yg sobek atau yg patah.
Hampir semua bengkel body repair pake cara itu.
Tapi selama bumper ga berubah bentuknya atau masih utuh sih saya lebih suka mempertahankan rel plastik bumper asli nya.
Kalopun ada bentuk yg berubah, kembalikan ke bentuk asalnya dg dipanaskan dulu pake heatgun.
If else fails... Ga ada pilihan deh pake cara tanem plat yg kaya digambar.
Firdaus Nasution SH yup benar om, yang rel plastik di fender tetap digunakan, (seperti gambar 1) yg sering patah kan penahan di bumpernya (plastik) sobek dll kan om, seperti gambar om no 3. jadi sebagai gantinya ditambah plat, jadi begini om, bumper next g yang sekarang saya pake masih bagus kan penahannya, saat dipasang dulu sulit sekali masuk ke relnya, habis waktu setengah harian, dibantu 2 orang pasang kanan lepas kiri, gitu juga sebaliknya, setelah di teliti cermat, ternyata penahan itu terlalu panjang, jadi mau tidak mau harus dikorbankan penahan (dipotong sedikit) baru bisa masuk itu pun super duper span.

Aditia Ekalaya Buat yg barusan PM...
Dimari saja, ga usah private..
Dishare biar temen2 semua ikut ngerti.
Kadang bengkel seenaknya buka bumper padahal bumper aerio itu cara buka nya spesial lho.
Ga cukup buka sekrup2, dibagian pinggir ada rel yg harus duduk pas dg penahannya.
Jadi pas semua sekrup dan kancing udah dibuka, tarik bumper menjauhi mobil.
Sebaliknya kalo mo pasang, pastiin masing2 ujung bumper yg nempel dengan spatboard udah masuk ke alur plastik penahan bumper dan dorong menuju mobil.
Plastik yg jadi alur/rel yg dibagian bumper biasanya akan habis terkikis kalo buka bumper nya asal2an..
Dan kl udah kaya gitu, mau ga mau wajib nerapin cara yg dipake om Firdaus Nasution SH.
gambar 11 - update hasil akhir
gambar 12 - celah antara bumper dan headlamp sudah rapat
sumber : FB AIC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar