Jumat, 28 Februari 2014

DIY : pasang kabel ground di Grand Livina dengan terminal tembaga {gokil_man}

 gambar 1 - plat tembaga
kabel ground support by audiomaniac
Berawal dari curcol ane ama suhusepuh KLiK om ucup aka nissanlovers.. Tentang masalah kelistrikan biar listrik lebih stabil dan aki menjadi awet karna ane ud pake seperangkat alat audio dan lampu tambahan... Disarankanlah utk memasang kabel ground ato grounding pd ruang mesin... Setelah beberapa saat ane curhat akhirnya dpt pencerahan jg dr suhu audiomaniac utk lbih bagus menggunakan plat tembaga sebagai penghantar listrik yg paling baik... Akhirnya ane pasang tuh grounding dgn plat tembaga setebal 3mm lebar 25mm dan kabel 8AWG
Peralatan yg digunakan: bor listrik, solder dan timah, tang potong, cutter, kunci 10mm

 gambar 2 - plat tembaga
Plat tembaga yang sudah diukur panjangnya dan dilubangi untuk baut 10mm (lubang dibuat 5.. 4 untuk kabel dan 1 untuk terminal minus aki)
Kenapa plat tembaga..?? karena tembaga sebagai penghantar listrik yang paling baik dibanding dengan logam lain.
gambar 3 -  kabel 8 awg
Kabel menggunakan 8awg yang sebelumnya di ukur panjangnya dari plat tembaga ke titik pemasangan..dan disolder pake terminal ukuran baut 10mm
gambar 4 - kabel terpasang di plat
Sebelum dipasang pada minus aki.. tes dulu apakah baut bisa masuk dengan sempurna ke lubang plat...
gambar 5 - plat terpasang di aki
Plat tembaga dipasang pada terminal minus aki (ingat yang minus..biasa warna hitam jangan yang plus) dan arah kabel pun disesuaikan ke titik pemasangan
gambar 6 - penampakan akhir
Hasil akhir kabel di tempatkan 2 titik pada bagian luar mesin dan 2 titik pada bagian rangka mobil
Pemasangan full support oleh om akeng aka audiomaniac.. thanks om akeng yang udah susah payah melintir tangan n muter otak
Demikian sedikit cuap cuap dr nubi oon... 

by gokil_man
sumber : kaskus KLIK

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar