Rabu, 19 November 2014

DIY : filter kompresor udara untuk Oil Catch Tank Aerio

 gambar 1 - bahan membuat Oil Catch Can
 http://otodiy.blogspot.com 

Sebenernya ini bahan udah dibeli lama, cuman males-males terus mau eksekusi. Dulu pernah bikin, teori OCT dan tutorial pemasangan di aerio yang lebih detil dari yang newbie ulas sudah pernah newbie ulas di sini. Dan sempat newbie tambahkan restriksi dan sukses menangkap uap oli. Body jadi kempot tapi sebenarnya ga bocor, hanya waktu itu sempat trouble shoot masalah dan sempat lepas saat troubleshootnya, selanjutnya dah malas pasang lagi. Terakhir dapat inspirasi dari om Aditia pakai Filter Pneumatic, dan kebetulan di ACE ada filter pneumatic di gambar 1 dengan harga kurang dari 100rb, akhirnya embat dulu sebelum barangnya ilang.... selang bensin juga dah beli lama, masih sisa ternyata, ga ukur panjangnya berapa.
Dari filter pneumatic ada pressure gaugenya, mestinya ga kepake, cuman karena ada lubang dan ga punya baut yang pas untuk membuntu lubangnya, akhirnya dipake aja dah. Bahan tambahan pakai seal tape dan cable ties aja, ama carbing / penyambung selang, newbie pakai buat kompresor udara juga dah, adanya itu di rumah.

gambar 2 - pasang selang extension dulu, cara pasang baca sini aja.
 gambar 3 - kira-kira begini
 gambar 4 - kira-kira begini, jangan lupa perhatikan panah flow udara di filter pneumaticnya
 gambar 5 - pasang lagi
 gambar 6 - tampak atas
Nyalakan mesin untuk test, dan............... bocor x_x dari bagian bawah filter yang digunakan untuk mengetap oli yang tertangkap..... Ya karena filter pneumatic designnya adalah untuk pressure positif bukan vacuum alias pressure negatif. Jadinya tap tersebut tahan tekanan dari dalam, tapi kalau kesedot ga tahan, ngandalkan per-nya kurang kuat.
Males bongkar lagi newbie pakai autosealer untuk mengeseal lubangnya biar mampet. Eh ga bisa....sealernya kesedot terus sampe masuk ke dalam tabung. Lepas deh terpaksa daripada bocor kevacuuman mesin.
 gambar 7 - dari sini bocornya, lepas aja
 gambar 8 - Spi nya tekan biar lepas
 gambar 9 - Puter buat ngeluarin dalemnya
 gambar 10 - pakai baut dililit seal tape yang tebel buat gantiin tap-nya
 gambar 11 - tarik pake mur biar ngeseal rapet.
 gambar 12 - test ga bocor, bagian bawah rendam air, kalau bocor bakalan kliatan
 gambar 13 - kevacuuman 21 inchHg saat mesin masih dingin
 gambar 14 - nyaris -21 inchHg saat indikator mesin dingin masih nyala
 gambar 15 - mesin udah panas, idle ac off, -22 InchHg
gambar 16 - minus 22 InchHg
Kita liat perkembangannya....

update di sini dan di sini

regards,
singachu

Comments
1 plus+

1 comments :

Poskan Komentar