Minggu, 16 November 2014

DIY : ganti baut roda (stud bolt) depan Aerio yang slek

 gambar 1 - baut roda yang dratnya rusak
 http://otodiy.blogspot.com 

Achilles ATR Sport yang newbie beli awal tahun 2009 akhirnya newbie pensiunkan, tahun kemarin sempat newbie "rotasi" dari velg, mayan juga masih bertahan. Perkiraan newbie masih bisa bertahan sampai Maret 2015, kembangan ban masih ada hanya beberapa menyentuh TWI, tapi itu ga gundul lho.... Newbie percepat gara-gara ada wacana premium naik 3000 rupiah atau hampir 46%, jadi daripada ban ikutan naik bentar lagi jadinya beli dah...
ATR Sport cukup awet, hampir 60rb km terpakai (tepatnya agak lupa, ga nyatat KM pas ganti dulu) nyaris 6 tahun pemakaian. Newbie putuskan beli ban Champiro BXT 185/60/15 karena pingin cari ban yang ga bingung rotasi kanan-kiri, juga harga relatif murah. Kebetulan juga dah pakai di Next G jadi dah cukup ok dengan grip dan tingkat kerasnya, kebisingan, tinggal keawetannya yang belum terbukti. Tapi Treadwear rating 540 seakan menjanjikan lebih, bahkan ATR Sport ataupun Bridgestone Turanza yang lalu hanya mencatat rating 400 udah awet bener.

Ban beli di Santosa Ban, jl Pecindilan Surabaya. Harga 455rb / ban. Ban lama ada yang ambil, terbeli cuman 70rb.... ya udah biarin daripada menuh-menuhin rumah. Setelah ganti ban  langsung meluncur ke GBT Undaan untuk spooring dan balancing, maklum terakhir ganti arm kanan ga pake spooring lagi. Biar awet lah bannya. Harga spooring balancing mayan mahal, 200rb untuk spooring aerio dan 25rb untuk balancing per ban, jadi total 300rb.

Eh enak-enak nunggu, pas setelah roda dibalancing dan dipasang kembali, tau-tau dipanggil mekanik diberi tau kalau ada baut roda yang slek.... hmmm padahal baru minggu lalu buka ban kiri sekalian pas saat betulin rem dan ga masalah ama baut roda kok.... tau deh ini yang bikin masalah dari tukang ban apa tukang spooringnya.... duh jadi pe-er deh. Karena di GBT ga ada baut roda pengganti akhirnya dipasang 3 lugnut saja (gambar 2). Lugnutnya sendiri disimpen lagi karena ga ada masalah ama dratnya alias kondisi baik.

 gambar 2 - lugnut tidak terpasang pada salah satu rodanya
 gambar 3 - penampakan ban belakang
 gambar 4 - penampakan samping
 gambar 5 - dari depan kelihatan lebih kurus
 gambar 6 - lebih kurus dibanding ATR Sport 195/55/15
 gambar 7 - nota beli ban
 gambar 8 - odometer setelah sampai rumah
 gambar 9 - odometer saat spooring berarti di 115226 km
Odometer saat ganti ban mungkin di 115224 km an, secara jarak toko ban ke spooring juga ga jauh. Newbie lepas ban kiri, eh bener ternyata dratnya ancur x_x seperti terlihat di gambar 10 dan gambar 1.
 gambar 10 - baut roda yang dratnya rusak
Hmm dulu banget, rasanya taon 2007 waktu masih belum mengerti mobil, pernah newbie ganti baut roda yang slek di bengkel deket rumah, dan kerjaannya ga bener sampe dust cover newbie sobek, dari sana teringat kalau ganti baut roda depan tidak sesimpel baut roda belakang, karena posisinya mentok ama knuckle.
Hmm kudu buka mur roda dulu pake kunci ukuran 30mm nih..... ya udah mumpung ada barangnya di rumah.
 gambar 11 - mur roda
 gambar 12 - buka kuncian pakai obeng dan palu
 gambar 13 - pedal rem ditekan
 gambar 14 - pedal rem ditekan pakai kunci setir
gambar 15 - pasang penahan tambahan
Tapi ternyata saat kunci diputar, wheel tetap berputar, dan besi beton kotak ukuran 8mm x 8mm pun ternyata tertekuk (gambar 16)
 gambar 16 - besi beton tertekuk
 gambar 17 - perbandingan panjang dengan kunci buat mutar mur as roda
Bingung juga mau pakai apa, sementara newbie ga punya linggis yang besinya lebih gede. Hmmm sepertinya bisa pakai kunci roda (gambar 18)
gambar 18 - tahan pakai kunci roda
gambar 19 - sedikit ketekuk
Hasilnya bisa keputar lepas... kunci roda sedikit ketekuk di bagian yang tipis (gambar 19) tapi ga masalah kok.
Selanjutnya buka caliper rem, kemudian dudukan calipernya (gambar 20-22).
Setelah itu buka rem cakramnya.
gambar 20 - baut pengikat dudukan Caliper rem
gambar 21 - baut pengikat dudukan Caliper rem
gambar 23 - dudukan caliper rem
Setelah cakram terlepas, newbie liat ada coakan di dekat knuckle, hmmm sepertinya karena proses tahun 2007 dulu, hmmm sepertinya bisa dipukul langsung biar lewat coakan nih...Hmmm ga perlu lepas mur as roda yang pakai kunci 30 mm tadi dong.... ya udah dicoba aja.
gambar 24 - terlepas
Dan akhirnya terlepas (gambar 1 dan 24), cuman pangkal baut rodanya rada somplak dikit.... hmmm mungkin enak langsung pasang aja deh, baut roda yang baru digerinda dikit aja biar mudah masukinnya, ga usah lepas nap roda depan.
gambar 25 - gerinda dikit
gambar 27 - gerinda dikit
gambar 28 - tahan biar ga mutar, baut roda ditarik pake mur, kasi tahanan dikit
gambar 29 - panah orange : baut mulai masuk, panah kuning somplakan yang lalu
gambar 30 - eksekusi
gambar 31 - baut roda baru sukses terpasang
Tinggal pasang cakram lagi, rem lagi, balikin mur as roda seperti kebalikan pas ngelepasnya. Sip kelar dah.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar