Report overhaul Aerio, air radiator masuk ke ruang oli

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Arggghhhh kena juga... (11 Agustus 2019)
air ngapelin oli...

awalnya semingguan kalau diem dan idle geter parah, di gas normal.
Buka busi no 4 ada basah2, tp blom yakin basah apaan. Sempet mikir oli tapi ga licin, sempet juga mikir bensin ga kebakar soalnya gampang di lap.
Bersihin ocv, iscv, geter sempet ilang bentar tapi balik lagi.
reservoir air radiator kok abis, akhirnya tambah dan isi langsung di radiator masuk hampir 1 liter.
jumat malam temp sempet 100 tapi turun lagi. sabtu ada urusan ga kepegang. minggu dipake eh overheat (liat di obd sampe 107, lampu indikator dashboard blom nyala), minggir ngadem di pinggir tol keluar dari bahu jalan, panas dan serem mobil kenceng2, ademan dikit maju lagi eh naik lagi tempnya, cari tempat teduh biar bisa ngadem lamaan....fan aku liat muter kenceng, reservoir masih penuh, selang atas panas tapi bawah adem, wah thermostat nih masa stuck...cover bawah radiator adem, pegang kisi2 radiator (lewat sela2 radiator) adem, cover atas adem.... tunggu lagi, biasanya selang bawah lama2 panas karena air merambatkan panas, lho ini kok tetep adem? pelan2 buka tutup, lha kosong. masukin air radiator botol 1 literan, masuk... lepas reservoir tuang juga, akhirnya penuh. Bekal minum anak akhirnya dipakai buat isi reservoir.... hmm tutup radiator cek kok sepertinya normal, kebetulan ada cadangan tutup baru di laci, ganti tutup deh.
nyalain lagi, temp mulai 65 lagi, ga pasang ac dulu biar bisa pulang, sempet naik ke 101... wah OH lagi nih, siap2 minggir, eh turun tempnya... panteng terus jalan 70an, aman tempnya, naikin kaca pasang ac, aman sampe rumah. Dah biarin dingin dulu.

Mau bongkar injector deh, dah dingin siap2, buka pcv.... what the ....? apaan tuh di pcv, kapan hari pas bersihkan pcv ga ada gituan, kayak serpihan tissue, ambil pinset, eh kok busa.... cek dipstick, normal, lap dipstik pakai tissue, coklat aman, masukin lagi dipstik cek bbrp kali, kok ada busa2 dikit ya?
errrr jangan2.... buka tutup oli dan liat baliknya.....eng ing eng....
melihatnya terasa sakit di tabungan...eh..
mesti opname turun nih...
cek lubang busi, lagi2 yg no 4 ada sedikit genangan...
oli gmn ya... dah kepalang tanggung aku buka aja cover head nya... dan full cream kopi capucino di balik cover head, ngelapin pakai tissue mayan juga kental2..tiup2 pakai compresor dan sorong lubang2 di cover pakai bensin... isi lubang2 di cover pakai bensin dan dikocok2 sampe hilang busa creamer capucinonya...
foto cover setelah dibersihkan.

gambar 2 - cover head setelah dibersihkan

Bagian mesin ga banyak terlihat capucino nya, cuman genangan oli kliatan ada campuran yg ga rata. dan kalau diperhatikan di shim koin klep kliatan warnanya kopi susu (foto mesin sblm dibersihkan bisa di zoom kliatan warna kopi susunya) cuman bisa sedot2 aja sisa oli yg di sana dan lap2 dikit oli di bawah klep. trus camshaft lobe nya dilumuri oli baru lagi biar ada pelumasan. pasang tutup klep, lepas baut pembuangan oli, ga kliatan ada kental2, pegang oli masih terasa licin tapi ga kental seperti oli bekas.
Buka filter oli warnanya jg sama, hitam semu coklat. Ga kliatan capucino sama sekali di dalam filter oli. Biarin sampe tetes terakhir, sedot sisa oli di karter biar makin abis... iseng masukin jari kelingking ke lubang tap, ga bisa masuk ternyata :D tapi pas jari dikeluarin, lho kok ada ijo2... coba lagi, ada ijo dikit, makin fixed air ngapelin oli :(

Pasang2, masukin oli murah, meditran sx, isi lagi air radiator masuk 1 literan lagi... bawa ke bengkel nitip dulu, temp normal selama perjalanan, buka tutup oli ternyata dah mulai sedikit terbentuk capucino nya.

Masih nunggu proses selanjutnya...Kebetulan hari ini di kantor ada jadwal meeting yg ga bisa aku tinggal

#aic303
#airdanolipacaran
#overhaul
#bertubitubi
#wayahe



ntah, mungkin packing ada keropos. Dipake jalan 30km pp ga ada masalah di overheat. Itu kmrn aku pake jalan 20 km temperatur juga anteng. Cuman sepertinya kalau didiemkan semaleman, air tetep masuk.
Ya ntar tunggu kabar bengkel aja. Kmrn cuman nitip aja soalnya hari ini ada gawe yg ga bisa ditinggal


Bengkel pak Jono wirabumi gedangan, dah langganan jadi daripada bingung muter2, titipin sana aja.
Pakai coolant prestone cuman memang pernah air jg dan coolant abal2 dulu....makanya dua taon lalu semua pipa pada keropos dan ganti semua termasuk thermostat dan rumahnya.
Cuman bisa jadi dosa masa lalu.
Kemungkinan something di head krn air masuk ke ruang bakar, cuman ga muncrat dan ga luber ke reservoir. OH jg ga asal diisi air dulu buat gantiin yg bocor.
Finger cross, blom bisa ngomong apa2, krn blom dibongkar.

Cuman ini busi no 4 (yg deket aki) yg justru jauh dari plug kliatan basah om, sempet senterin ruang bakar jg ada genangan.
Ya moga2 aja dari o ring plug sih, semoga head nya ga knapa2 cuman packingnya aja yg masalah. Ga tau lagi kalau keropos :(
air campur aja, gak overheat.
Dipake jalan jauh temp normal, ya asal ga sampe kehabisan air.  jauh itu skitar 10-12 km. sempet pagi OH (kebaca di obd 107C jadi lampu indikator merah di dashboard oldmod blom sempet nyala, itu dah menepi dan kontak aku off) abis ditambah air normal jalan di tol speed stabil 75 kpj dengan ac on. Trus sore pas bawa ke bengkel lewat jalan non tol ya relatif ga rame krn Idul Adha, ac on juga temp stabil.

Part beli di Sentosa Motor Toped, 1 jt + ongkir 75rb. Packing set termasuk seal klep 16 pcs dan o ring water plug. Seal crankshaft depan pernah beli dulu ga kepakai jadi bisa dipakai, seal crankshaft belakang ga ganti karena turun separo.
 gambar 3 - seal klep
 gambar 4 - seal klep
 gambar 5 - seal klep
 gambar 6 - seal water plug
 gambar 7 - seal water plug
 gambar 8 - packing set
 gambar 9 - packing set no part
Dapet limpahan om Yan, waterplug bekas ternyata ga rusak tapi dah diganti baru.
 gambar 10 - waterplug
 gambar 11 - waterplug
 gambar 12 - waterplug
 gambar 13 - waterplug
 gambar 14 - waterplug
 gambar 15 - waterpump NPW
 gambar 16 - waterpump NPW
 gambar 17 - waterpump NPW
Waterpump NPW 315rb, tapi ga kepakai karena orinya masih bagus dan halus. Buat stock.

Baru tadi sempet foto2. Sempet pulley murnya ga bisa dibuka, terakhir pakai impact electric. water plug juga rusak ga bisa dicabut. Sekarang masih blom tau pasti letak kebocorannya di sebelah mananya.
Konsul ama om Yogi Suryawan dugaan dari lapisan tengah packing. Yang masih tanda tanya apa headnya melenting atau ga, masih akan dicek ama bengkel.
 gambar 18 - no 4 kemasukan air jadi terlihat lebih 'bersih' dibanding cyl no 1, 2, 3
 gambar 19 - cyl no 3 dan 4
 gambar 20 - cyl no 2 dan no 3
 gambar 21 - cyl no 1 dan no 2
 gambar 22 - cyl no 4
 gambar 23 - cyl no 1
 gambar 24 - cyl no 2 dan 3
 gambar 25 - sisi timing chain
 gambar 26 - sisi timing chain
 gambar 27 - kemasukan air ke dalam cyl no 4
 gambar 28 - no 3
 gambar 28 - no 2
 gambar 28 - no 1
 gambar 31 - packing head lama, curiga bocor dari panah ini, cyl no 4 sisi atas
 gambar 32 - packing head lama
 gambar 32 - packing head lama - cyl no 1 dan 2 
  gambar 33 - packing head lama
  gambar 33 - packing head lama, cyl no 4 sisi bawahnya
 gambar 34
 gambar 35 - no 4
  gambar 35 - no 3
  gambar 35 - no 2
  gambar 35 - no 1
  gambar 36 - strainer oli bersih, bak oli dindingnya penuh capucino
 gambar 37 - waterplug terpaksa dirusak dan dibawa ke tukang bubut
  gambar 38 - waterplug
  gambar 39 - waterplug
 gambar 40 - timing chain, guide, tensioner, ocv dll
 gambar 41 - printilan
 gambar 42 - ocv, saringan, cek untuk memastikan bersih
Pastikan saringannya bersih biar menghindari error P0012, camshaft too retard.
 gambar 44 - sudah dibersihkan
 gambar 45 - sepertinya memang ini
 gambar 46

update lagi, tadi ke bengkel dah dinaikkan blok head nya. Ternyata setelah dicek rata ga ada mulet/melenting, jadi ga di scrub.
Udah dicek juga ga ada retakan.
Sudah di skur klep, sekalian jalan, seal klep diganti semua 16 biji.
 gambar 47 - sudah mulai dinaikkan
 gambar 48 - sudah mulai dinaikkan
foto2 lagi paking khusus cyl no 4. Ada 3 lapis aku fotoin semua permukaannya, sisi atas dan sisi bawah, jadi ada 6 foto totalnya
 gambar 49 - sisi atas lapisan pertama
 gambar 50 - sisi atas lapisan kedua
 gambar 51 - sisi atas lapisan ketiga
 gambar 52 - sisi bawah lapisan ketiga
 gambar 53 - sisi bawah lapisan kedua
 gambar 53 - sisi bawah lapisan pertama
 gambar 54 - ini yang dicurigai bikin masuknya coolant ke ruang bakar.
gambar 55 - harga part
part yang diganti packing set, seal klep, o ring water plug (water plug dapet dari om Yan AdhiPra), seal ocv. Yang dah pernah beli dulu seal kruk as sisi pulley, karet pcv, filter oli.
Yang belum keitung oli ama coolant.
waterpump udah beli, tapi kata mekaniknya ga usah ganti, eman2 soale masih ori bawaan mobilnya, dan kalau diputer tangan masih alus. Buat serep aja. Lagian gantinya gampang ga seperti ganti pipa belakang dan thermostat yg harus turun intake. soalnya aku belinya NPW bukan SGP
tadi pagi ke sana sih, mesin dah ketutup, tadi pasang2 power steering, compresor, belt, emon dsb. Emon depan pecah ternyata kmrn kelupaan kasih tau, ya kapan2 ganti emon depan belakang DIY ga susah. Tadi aku tinggal lagi prepare pasang intake.
Senin depan seminggu aku dinas luar pulau jadi ga bisa mantau lagi. Ya let's see 31 Agustus, moga sembuh dan no mboten2...


update tadi dikabari thermostat ga mau buka. Berhubung aku lagi dinas di NTB ga bisa nyamperin. Kalau bocornya katanya dah aman. Moga2 balik dinas mobil dah sehat

Update tambahan, kmrn aku chat kalau aerio emang nunggu thermostat kebuka lama. Cuman ternyata dah terlanjur dibelikan thermostat baru (udah aku minta tolong sebelumnya sih jadi dah seijinku).
Tadi pas enak2 di tengah2 presentasi dikirimin video, o ya kemaren juga dah aku chat untuk download szviewer, obd dongle ku emang sengaja aku tinggal di mobil biar gampang. Nah tadi dikirimin video rekaman szviewer, berhubung lagi di tengah meeting aku playnya skip2 pingin tau temperatur abis naik bisa turun lagi atau ga, ternyata dah ok. Sepertinya dah ganti thermostat. idle katanya langsam bagus. Ga ada DTC cuman ABS aja katanya tapi dah diclear, wajar sih karena pasti start posisi roda gantung pasti bikin lampu ABS nyala.
Tinggal aku minta buat tes jalan di atas 100 kpj untuk mastikan ga error P0012
video 1 - obd
lama tuh rekamannya, sepertinya krn kap mesin dibuka

done.
bonus aki soak :D
jasa 1.5 jt untuk Overhaul, skur klep. thermostat 240rb, part yang kepakai 1jt+ongkir, total sekitar 2.75 jt
Setelah dipasang ternyata thermostat ga ngebuka, berhubung lagi di luarpulau jadi nitip beli aja.
sabtu pulang dinas ambil, aki soak jadi dijumper, sempet ga pas kopling pas mundur mau keluar bengkel, ga bisa starter lagi jadi didorong. jalanan macet, injek gas rada gede kuatir mati ga bisa starter lagi. temperatur buat macet2an normal, sengaja lewat aloha biar bisa lewat tol waru. di tol padet ternyata, sempet jalan 120kpj bentaran dan melakukan injakan gas yang agresif. Check engine ga nyala sama sekali. temperatur jg normal.
Yang paling terasa di voltase... cuman bisa 13.3volt aja biarpun di gas2, lambang aki ga nyala, tapi pas kompresor ac kick in, voltase sempet jadi 12.7 sebelum naik lagi...oh no....tarikan ke 120 kerasa rada berat mungkin efek dari voltase jg, tapi fc masih bisa 1:12.x biarpun macet dan di tol ijek pedal to metal. Eh tekanan ban lupa cek, kemungkinan berkurang krn 3 minggu nganggur. No gelitik2, no check engine, no OH.
Nyampe rumah ga bisa masukin ke carport, berhubung badan masuk angin jadi langsung tidur. rada sore bangun mau masukin mobil, dan.... remote alarm ga response, buka pakai kunci manual, aki tinggal 7 volt...walah.... charge semaleman ga nolong, ganti dah. umur aki 3 tahun 8 bulan. Tadi pagi buka busi cek semua cylinder, bersih tanpa basah2. cek oli, ok. eh ternyata radiator diisi air, kuras isi coolant. Voltase setelah ganti aki dah normal lagi. Bleeding, tes sampe kipas muter dan mati lagi, normal, thermostat juga normal.
Besok tes lagi. Report done.
 gambar 56
 gambar 57 - dah ga ada air lagi
 gambar 58 - oli normal
 gambar 59 - satu busi terlihat baru krn memang sblm opname sempet aku ganti baru

Beberapa hari dipantau dan ok kering semua
 gambar 60 - test fuel consumption
gambar 61 - 15.52 km / liter, settingan masih belum bisa seirit sebelumnya

Sampai hari ini nulis blog kondisi normal, setting AFR masih belum seperti yang diinginkan tapi dah mendekati. Mesin normal, ga ada gejala gelitik dan ga ada overheat

Aerio 2003 M/T km 197rb

by singachu
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten