Selasa, 17 Agustus 2010

DIY : {centraltech8} kuras tangki bensin Next G

sumber : Aerio/Next G Jilid 6 Page 24

-pertama kendori baut roda kiri biar kalo diperlukan bisa di buka(gak perlu kalo ada lift )
-dongkrak mobil ganjal semua.. termasuk tangki.. di alas papan atau kayu .. disarankan pake dongkrak biar enak naik turunnya
-lepasin gantungan jos blakang.. kalo mau turun semua lebih baik, tapi gw cuma lepasin gantungan belakang biar turun dikit

(disarankan tangki sisa minyak dikit biar gak berat + gak nyembur pas turun )

1&2. Buka baut ukuran 14 posisi penggantung tangki.. buka ujung-ujungnya aja gak apa-apa gak perlu lepas semua

gambar 1

gambar 2


3. Lepas gantungan jos semuanya

gambar 3

4. buka klem selang minyak

gambar 4

5. buka soket antar selang ,ini yang paling rumit mesti hati-hati.. pake obeng minus kecil 2 biji.. 2 tangan

gambar 5

6. Lepaskan kabel ground ini dengan obeng plus kecil .. muternya dari atas atau kalo kesusahan berarti mesti lepas soket yang di bawah jok kanan

gambar 6

7. Lepas selang-selang emisi control

gambar 7

8. Lepaskan 3 baut utk turuni emisi control

gambar 8

9&10. Posisi ganjal gw tadi dan kondisi telah lepas

gambar 9


gambar 10

11. Lepas selang bensin ke tangki ada gede sama kecil

gambar 11

12. Posisi baut 10 untuk klem 3 selang tangki.. kalo kesulitan lepas soket 3 biji yang tadi... lepasin klem ini dulu.. biar selangnya gak bengkok.. hati-hati !!

gambar 12

13. ini setelah lepas ..jangan terbalik pasangnya .. ingat posisi nya.. terutama yang gede buat minyak dateng ke fuelrail.. 1 buat emisi control satu lagi buat minyak balik kalo gak salah.. pas lepas tar nyembur bensinnya hati-hati !!!

gambar 13

14. Posisi tangki turun setengah... posisi demikian cukup kalo cuma mau ganti fuelpump cepat... tanpa kuras... cm tidak disarankan.. sebaiknya dikuras sekalian

gambar 14

15. setelah tangki turun lepaskan fuelpump set... dengan membuka cangkangnya pake baut no 10..... hasilnya kotor banget terakhir kuras di BERES (bengkel resmi) ntah bersih atau gak kurasnya atau asal aja

gambar 15

16. fuelpump set

gambar 16

17. Filter bensin sudah kotor banget

gambar 17

18. ini hasil minyak yang di tampung dari tangki sebelum nya gw sedot dari selang ke fuelrail.. dengan maenin kunci kontak

gambar 18

19. Yang kiri endapan di dalem tangki yang gw guncang2 pas kuras ternyata warna hijau yang kemaren gw dapet itu karena dikit kalo dalem jumlah banyak hitam. (baca flashback di bawah).

gambar 19

20. itu kelihatan sensor minyaknya.. di benerin kalo ada masalah,.. kadang bisa jadi cuma carbon nya gak nyentuh.. di buat nyentuh aja

gambar 20

lepaskan fuelpump set bongkar satu2 cangkangnya ( sori gak kefoto smua...tangan gw kotor banget)

21. fuelpump denso

gambar 21

22. itu setelah di lepas semua

gambar 22

23&24. ternyata gw baru sadar kalo filter ada 2.
pertama filter celup..
yang ini gw taunya pake filter karena uda kotor
tu kotorannya.. tuang bensin di lubang hitam .. udah tu dibalikin trus tiup dari lubang putih yg di bawah itu .. tar nyembur kotoran dari lubang hitam.. ulangi sampe bersih

filter ini harganya 900rb di sentosa motor SGP. kek nya kalo kotor mending ganti aja yang kw kalo ada, yang penting jaga kondisi filter, kuras secara rutin,ganti filter celup kalo perlu. mudah2an filter ini gak rusak
dalem filter ini semacem kain gitu kalo gw intip tp gak bs dibuka

liat aja bensinnya kayak lumpur gitu. kalo ada kompresor enak,, disini yg lama.. karena gw tiup pake mulut dikasi selang..

gambar 23

gambar 24

25. tu endapan tangki

gambar 25

26. ternyata pake one way valve juga

gambar 26

27. ini seperti wadah posisi letak fuelpump filter dan pelampung

gambar 27

28. itu banyak karat tangki gw

gambar 28

29. gak jadi cat uda bersih di lap aja

gambar 29

30. ini setelah dipasang filternya trus pasang karetnya trus tutup cangkangnya seperti semula. kabel-kabelnya di konek dulu jangan lupa. cara pasang filter udah pernah gw upload yah.

gambar 30

31. ini posisi pemasangan di tangki jangan terbalik !!

gambar 31

32. ini posisi tutup-nya ada titik nya.. jangan salah... kalo salah berakibat susunan selang berubah ujung-ujungnya selang terjepit

gambar 32

33. konek kembali sambungan selang ini (selang ini selang keras... jangan sampe terjepit/tertekuk karena seperti besi lembut )

gambar 33

34. ini konektornya yang paling rumit dibuka.. congkel keluar yang merah di 2 sisi selang.. baru bisa cabut karena ini yang nahan; begitupun cara buka konektor selang lain

gambar 34

35. ini kalo udah terpasang tampak kan plastik putih ketahan sama merahnya mudah-mudahan mengerti. Sselesai tinggal pasang semua...pake bantuan dongkrak buat angkat tangki nya

gambar 35

36. Setelah idup mesin .. tes jalan kalo perlu cek ulang kolong ada bocor atau gak cek ulang semua dengan teliti.

gambar 36

pengerjaan 5 jam lebih (termasuk cat jos bersih-bersih), dari jam 11 - jam 5 istirahat makan siang 40 menit. kalo gak bersih-bersih kayaknya bentar paling lama 3 jam

mudah-mudahan gw gak salah no waktu jelasin

by centraltech8
---
flashback, sumber: Aerio/Next G Jilid 4 hal 467

gambar 37

foto paling kanan premium bermasalah tanggal 18/7/2010 mobil saat itu terasa tenaganya ilang trus getarannya terasa
foto yang tengah tanggal 9/8/2010 kelihatan jernih
jadi tanggal 11/8/2010 gw ke pom bensin buat isi full karena pertamax kosong, hasilnya tadi pagi kok warnanya hijau yah yg di tangki bensin
apa pengaruh campuran pertamax lama.. padahal sisa pertamax palingan cm 5-10 liter gitu... walau hijau tenaga terasa normal..
kira-kira apa ya

by centraltech8
---
tambahan : jilid 6 hal 26, jilid 6 hal 27

berkaitan dengan filter ke dua harga 900rb step no 23 & 24 :

iya om.. dulu gw kira filter celup kecil gitu kok mahal bgt... rupanya filter kedua
barusan ane tau om
pas cuci semua n aliri bensin kok kluarnya kotor disana
liat aja om bensin yg ditampung dikit itu.. kotor nya melebihi tangki om
padahal itu hasil cuci filter kedua doank

dalemannya pas gw liat dr lubang minyak balik.. tu kalo di buka ada seperti bahan kain/ karpet kasar yg buat peredam lantai itu om
mknya gw yakin itu filter juga ...
jadi perawatan mesti rajin kuras tangki ... urusan filter celup yg 25rb itu ganti aja om.. kalo py gw kotornya uda gak ketolong tuh...
ada yg rusak di ujung filternya gw curiga kotoran tersedot masuk

untung FP gak mampet
kondisi kyk gitu pas dulu bongkar di bERES om ... disini gak ada stok.. jadi mreka gak ganti... ngeselin gak om kerja asal2 gitu

by centraltech8
---
gambar 38

no 1 buat minyak keluar dr fuelpump..
trus masuk ruangan filter no 3... trus keluar dari no 4 trus ke fuelrail om
yg no 1,2,4 itu satu jalur om.. cuma pas pemasangan no 2 di sumbat om gak tau utk apa
gw liat ada filter di no 2 itu di bagi 2 jalur om dalem lubang yg satu trus ke ke 4 yg satu lagi masuk ke filter no 3 juga

by centraltech8
---
ngerjain-nya sendirian ?


iya om sendirian...
pas mau turuni gw br manggil bkp gw .. minta bantu pegangin dari samping kiri.. krn itu yg berat.. gw kan mesti ngolong kluarin tangki lewatin pipa knalpot.. krn knalpot gw gak copot smua

trus pas naek minta bkp dongkrak tangkinya.. gw arahkan bautnya..
masangnya yg ribet banget om kalo plat besi buat gantung tangki itu bengkok dikit aja uda gak pas.. krn plat besi itu bentuknya pas2 banget dgn body tangki

by centraltech8

Comments
1 plus+

1 comments :

Poskan Komentar