DIY : Ganti packing cylinder head cover dan seal busi Next G yang rembes
Gambar 1 - Rembesan dari cylinder head cover
Gambar 2 - "Bekas" Rembesan dari cylinder head cover
Setelah mendapati rembesan dari cylinder head cover dan juga bocor seal busi yang menyebabkan busi no 2 dan 3 terendam oli, maka newbie putuskan untuk segera membetulkannya. Packing set newbie beli di Sanwa Motor, packing yang baru ini versi yang menyatu antara packing cylinder head cover dengan seal busi, tapi asiknya harga malah lebih murah yaitu Rp 85.000,- Bandingkan dengan harga part di Beres seharga Rp136.000,- untuk 4 biji seal busi, belum termasuk packing cylinder head cover (gambar 27). Newbie sudah sempat membersihkan beberapa hari yang lalu untuk memastikan apakah rembesan tersebut adalah rembesan baru ato lama, dan ternyata rembesan baru.
Gambar 3 - Rembesan lagi
Gambar 4 - Bekas sealant dan rembesan
Gambar 5 - Rembesan di dekat fuel injector
Gambar 6 - Rembesan dekat CMP Sensor
Gambar 7 - Rembesan dekat lubang dipstick
Tools :
kunci no 10 mm dan 12 mm
packing set baru
sealant
lap / tissue
Step-step :
1. Buka cover plastik
2. Buka koil, busi ga usah dibuka.
3. buka filter udara untuk memudahkan akses
4. Lepas selang breather dan cabut PCV Valve, jangan lupa cabut dipstick
Gambar 8 - Siap dibuka
5. Lepas baut sebanyak 7 buah dengan kunci no 10 mm dengan urutan sesuai gambar berikut dari "1"(a) sampai "7"(a) :
Gambar 9 - Urutan buka baut "1"(a) sampai "7"(a)
6. Tarik cover ke atas, hati-hati untuk melewati selang AC dan selang Power Steering, juga hati-hati melewati timing chain.
Gambar 10 - Cylinder Cover Head dilepas
Hmmm packing tertinggal padahal seharusnya menempel pada cover, bahkan jadi patah/sobek waktu dicoba lepas. Nampak seal busi masih menempel pada cover (gambar 11).
Gambar 11 - Cover Cylinder Head
Gambar 12 - Pasangan sensor CMP pada camshaft IN
Gambar 13 - Pasangan sensor CMP
Gambar 14 - Timing chain
Gambar 15 - Rotor VVT
7. Bersihkan permukaan pertemuan pada mesin. Sebaiknya membersihkan dengan menggosok dari dalam ke luar agar kotoran tidak jatuh ke dalam. Bersihkan juga cover headnya.
8. Apply sealant pada "got" tempat packing untuk menjaga packing tetap menempel waktu head cover dibalik untuk dipasang. Pasang packing pada cylinder head cover.
Gambar 16 - Packing baru terpasang
9. Jangan lupa apply sealant pada "bundaran" karet pada packing dengan posisi seperti nampak di gambar 17 berikut
Gambar 17 - Apply sealant di karet bundar
10. Apply juga sealant pada pertemuan timing cover seperti tampak pada gambar 18 dan 19
Gambar 18 - Apply sealant pada timing cover (A)
Gambar 19 - Sealant pada pertemuan timing cover
11. Pasang Timing Cover secara hati-hati, pastikan seal busi dan packing tidak terlepas dan bisa pas pada tempatnya.
12. Pasang 7 buah baut dan putar perlahan-lahan secara bergantian sesuai urutan pada gambar 9. Putar baut perlahan-lahan bergantian agar tekanan cylinder head cover dapat rata. Kencangkan dengan momen 8 Newton meter atau 0.8 Kg-m.
Gambar 20 - terpasang
Gambar 21 - terpasang
Gambar 22 - terpasang
Gambar 23 - terpasang
13. Bersihkan kelebihan sealant. Newbie kasi tadi mayan banyak jadinya banyak lebihannya.... warna merah kelihatan kurang rapi dilihat. Berikutnya cuci dan amatin perkembangannya.
14. Kembalikan selang breather, PCV Valve, dipstick dan filter box, pasang cover plastik.
15. Done
Gambar 24 - Packing dan seal busi bekas
Gambar 25 - Getas dan patah
Gambar 26 - Seal busi kenyal, packing keras
Gambar 27 - Nota sejarah perawatan tahun lalu
Dari nota terlihat pernah dilakukan penggantian seal busi pada 24 April 2010 lalu, sepertinya packing tidak ikut diganti makanya packing terasa keras dibanding seal busi (gambar 26) bahkan patah waktu ditarik (gambar 25). Yang heran adalah seal busi yang masih bagus tetapi ternyata tetap rembes pada busi.
Note : Newbie tidak bermaksud buruk / menjelekan BERES, hanya sekedar sharing dari sejarah Baleno Next G yang baru saja newbie beli.
regards,
singachu
Mantap info blognya...
ReplyDeleteAku qq
ReplyDelete.
sangat butuh bantuan aerio 2003 aneh selang radiator lepas mulu... kira2 knp ya? gasket cyl head nya kah? 😫
ReplyDeletecek ada gelembung ga dari mulut radiator ?
Deleteyang lepas selang bawah atau atas ?
radiator udah coba dibersihkan ?
pakai selant di selang ?
udah coba ganti klem ?
Pengalaman saya itu radiator masuk angin bos, jadi selang intek lepas terus
ReplyDeleteApa KH pikir kop pengarung pada kompres
ReplyDeletebukan cover cylinder cop ya, tapi cylinder head yang bisa efek ke kompresi bocor. bisa cyl head nya melenting atau dari packingnya
DeleteMakasih atas blognya...sangat bermanfaat....
ReplyDeleteMau tanya bos.cara membuka seal busi ato oring busi ginana ya xenia 1,0 kan kofernya dikeling
ReplyDeletekurang tau
DeleteDi youtube tutorialnya ada bos...cara membuka seal busi
DeleteOm singa chu, itu seal busi pada gmbar 16 kan ada yg panjang penyambung antar seal busi. Sedangkan pada gmbar 11 ga ada. Apa perlu di potong atau biarkan saja. Trims AIC546 #BRADER
ReplyDeletega perlu dipotong. Yang seal busi pisah2 itu part lama, beli terpisah dengan packing cover cyl head. Kalau part yang baru sudah renceng sambung semua. Jadi ganti sekaligus semuanya dengan yang baru.
DeleteSel busi apakah harus di kasi lem juga ya gan.
ReplyDeleteseebenernya ga, cuman biar ga bantu aja biar ga jatuh pas dibalik
Delete