DIY : tune up Next G dan bersihkan kerak pembakaran serta ganti oli mesin berikut filter oli

Gambar 1 - odometer 100ribu KM

Waktunya ganti oli, sekalian tune up dah. Tune up Next G ato Aerio ya gitu-gitu aja, nothing special.
1. Bersihkan filter udara, kebetulan sekarang dah punya kompresor angin :D
2. Bersihkan Throttle Body, tapi maen semprot ajah, lagi males nurunin.
3. Skalian bersihin PCV Valve.
5. Ama semprot lubang busi pakai Cairan Engine Conditioner.
6. Mau yang laen tapi masih males ngerjainnya, karena injector juga dah pernah dibersihkan.

Hmm semprot lubang busi pakai Engine Conditoner juga selama ini cukup lumayan lah, cuman males asap putihnya aja. Dulu di Aerio sempet pakai vacuum cleaner untuk sedot balik cairannya, mayan hitam dan kliatan serpihannya kecil-kecil, cuman ga sebanyak kalau Carbon Clean beneran. Kalau disedot juga starter lagi gampang ketimbang cairan dibiarin. Weits...... napa ga coba semprot pake kompresor aja yah ?? Lanjut....

Gambar 2 - DCS Engine Conditioner dan sikat kawat


Gambar 3 - Tambah "selang" dan kompresor udara

"Selang" di atas newbie pakai "sedotan" buat balon anak-anak :D Cari aja di mall kalo mau gratisan, minta ama yang kasi-kasi balon, bawa anak kecil tapinya biar ga malu......wakakakakkaakk

Panasin mesin, skip-skip proses yang laen ga dibahas dan difoto detil di sini toh udah pernah bahas, klik aja link-link di atas. Buka busi dan foto, hasil cukup baik pembakarannya terlihat dari warna kecoklatan.

Gambar 4 - Busi sebelum dibersihkan

Gambar 5 - Busi sebelum dibersihkan

Langsung skip ke pembersihan busi aja.... ini pake sisa-sisa DCS yang seiprit aja, trus bersihin pake sikat kawat, ternyata lebih enak pake sikat kawat dibanding pakai amplas. Lebih nyantai dan lebih cepet bersih. Sikatnya yang murahan aja merk kenmaster beli di supermarket, 10rb dapet 3 macem.

Gambar 6 - Busi setelah dibersihkan

Gambar 7 - Busi setelah dibersihkan

Throttle Body semprot pakai DCS Engine Conditioner, males nurunin, jangan lupa lubang ISC Valve aka Idle Up disemprot juga (panah di gambar 8). Tekan skep gas biar ngebuka untuk semprot Throttle Body di bawah Skep gas (aka Butterfly Valve).

Gambar 8 - Throttle Body

Semprot lubang busi pakai DCS, semprot merata di 4 busi aja dikit-dikit dulu biar bisa pakai 1 botol aja. Kalau terlalu boros gak masalah sih paling butuh 1 botol lagi :D. Dan diemkan sebentar aja, ada pendapat untuk didiemkan semalaman atau 1 jam dsb, tapi ada juga pendapat lain yang mengatakan cairan terlalu keras bakalan merusak logam atau cairan masuk ke ruang oli dsb. Newbie pakai cara yang sebentar aja karena pernah semalaman keknya percuma cairan jadi mengering carbon keknya balik kering lagi.

Masukkan selang kuning ke lubang busi, pastikan sampai menjangkau ruang bakar karena bisa mentok di pinggiran lubang busi, atur aja biar pas di lubang busi jadi selangnya masuk lebih dalam. Siapkan kacamata pelindung biar mata ga terciprat obat. Siapkan tissue atau kain untuk menahan cipratan biar ga ke segala arah. Semprotkan udara lewat selang kuning untuk meniup cairan DCS yang ada di ruang pembakaran......Dan hasilnya mengagetkan, banyak banget Kerak Karbon yang keluar, newbie sampai melakukan berulang-ulang dan habis banyak tissue untuk meniup sampai cairan yang keluar minim. Kebetulan di kasus newbie, Cylinder no 4 hasilnya ga seperti Cylinder yang lain, santai aja jangan disemprot dulu karena klep IN dan klep EX kondisi terbuka, tinggal start dikit aja ga usah sampai mesin hidup bakalan berubah klepnya..... kalau transmisi manual malah lebih enak lagi cari posisi TOP (klen IN dan EX menutup) tinggal masukin gigi dan puter roda secara manual.... berhubung matic ya pake cara start dikit aja....

Gambar 9 - Langsung muncrat hitam

Parah banget tuh gambar 9..... hitam nggilani....much much more to come.....

Gambar 10 - Semprot dan keluarkan carbon terus....

Gambar 11 - Gumpalan Kerak Karbon

Wow bahkan ada yang berupa gumpalan gede.....ga keitung serpihan yang keluar dan yang di tissue serta di selang, sayang lubang busi cukup dalam agak susah juga ngelap dalamnya....

Gambar 12 - Tumpukan tissue

Kebetulan pas awal-awal buang tissue, nyonya lagi menyapu jadi tissue yang awal-awal ikut tersapu....kondisi tissue yang awal-awal lebih mengenaskan lagi dibanding gambar 12. Tampak beberapa tissue mulai berwarna coklat tanda obat udah makin sedikit yang tertinggal di ruang bakar.

Pasang busi, pasang filter udara dan sebagainya balik, start mesin langsung greng ga terganggu ama DCS. Wah asap gas buang masih putih nih, soalnya DCS yang di Throttle Body ga disedot. Ya udah langsung bawa jalan-jalan keluar biar asapnya ga ngumpul di rumah.... Newbie pakai Tuas 2 aja sampe 4500 rpm ngeri ama transmisi maticnya kalo dipaksa redline.....maen aman aja hehehehehe.....Pulang udah clear asapnya.... 
Ganti oli ama filter oli dah.

Gambar 13 - Oli Mobil Super 2000 SAE 10w-40

Gambar 14 - Tap Oli mesin

Gambar 15 - Lepas filter Oli

Gambar 16 - Filter Oli baru

Filter oli pakai Indopart aja murah ga sampe 15rb, ganti tiap ganti oli biar selalu fresh. Cara ganti oli baca di sini aja....

Dah beres-beres....

regards,
singachu

Comments

  1. Om beli dimana Engine Conditioner tsb. Merk apa yg bersahabat dengan mesin + hasilnya memuaskan jg harganya brpan. Trims

    ReplyDelete
  2. di ACE, toko2 otomotis, online misal di kaskus

    merk bisa DCS, GZOC, Nulon

    regards,
    singachu

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}