DIY : buka busi Aerio / Next G

Tools :
  • Kunci no 8, bisa menggunakan Suzuki tools kit bawaan. kalau bisa kunci sok karena letaknya agak "masuk" ke dalam.
  • Kunci no 10, bisa menggunakan Suzuki tools kit bawaan.
  • Kunci busi + kunci roda bawaan Suzuki tools kit; atau kunci busi pada umumnya.
  • Optional tool untuk mengambil barang di tempat sempit / selang akuarium.
kalau ingin tau foto tools yang newbie pakai, klik di sini

Step-step :
  • Buka kap mesin, dan kaitkan batang penyangga kap :D
  • Lepas cover plastik mesin, gunakan kunci no 8 untuk membuka 4 baut yang ada.

gambar 1
  • Angkat cover plastiknya, untuk proses pemasangan ulang perhatikan di intake plastik ada dudukan karet berbentuk oval, dudukan ini sifatnya fleksibel peletakannya jadi pastikan waktu pemasangan tepat kalau tidak akan terasa ada yang mengganjal.
gambar 2
  • Buka socket listrik yang menempel di koil (kotak hitam), cara ini optional, saya cenderung tidak melepasnya dengan alasan lebih praktis aja proses bongkar pasangnya
  • Buka 2 buah koil (kotak hitam) menggunakan kunci no 10; ada 4 buah baut.

gambar 3
  • Cabut cop kabel busi dengan cara tarik ke atas, bila jarang dibuka bisa saja agak keras mencabutnya, tidak masalah asal perhatikan cara pegangnya yaitu pegang kepala cop businya - jangan dengan cara menarik kabelnya karena beresiko kabel yang putus di dalam !
  • Lakukan pencabutan untuk dua buah cop busi yang ada. Setelah itu angkat koil busi dengan kedua tangan memegang masing-masing satu koil secara perlahan-lahan. Begitu naik atur penarikan dengan tangan agar terangkat 2 koil + 2 buah kabel businya (tentu saja berserta cop businya) kalau terbiasa akan mudah :). Berikutnya tinggal letakkan keempatnya di samping kanan mesin (kabel masih kondisi terpasang semua). Bila dirasa kerepotan silahkan menggunakan cara cabut soket koil dulu.
 gambar 4

    • Masukkan kunci busi ke lubang busi, dan putar menggunakan kunci roda (apabila menggunakan tool kit bawaan suzuki). Sesuaikan saja caranya bila menggunakan tools yang lain. Putar berlawanan arah jarum jam (arah putaran standard).
    gambar 5

    • Bila karet pada kunci busi masih baik, biasanya busi akan ikut terangkat. Bila tidak maka gunakan tools untuk mengambilnya, bisa juga menggunakan selang akuarium yang dicolok di kepala busi, bisa juga menggunakan cop busi yang sudah dilepas, masukkan dan sedikit tekanan ringan agar cop busi masuk ke busi - angkat maka busi akan terangkat karena menempel di cop busi.
    gambar 6


    Terima bongkar tidak terima pasang hehehehe....
    Untuk mengembalikan tinggal dibalik kok urutannya. Yang perlu diperhatikan waktu pemasangan busi kencangkan dengan tenaga secukupnya, jangan terlalu kencang karena dapat merusak drat atau bahkan bisa mengakibatkan busi patah. Cara simplenya : Kencangkan busi dengan kunci busi (tanpa menggunakan kunci roda) sampai berat untuk diputar. Pasang kunci roda pada kunci busi dan putar kira-kira 1/4 putaran. Kalau punya kunci torsi lebih baik lagi :D

    regards,
    singachu

    Comments

    Post a Comment

    most read in a week

    Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

    Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

    DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

    DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

    Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

    share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}

    DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G