DIY : Troubleshoot gejala drop vacuum saat kompresor AC bekerja (part 1)
Catat dulu sebagian nih, meski problem blom kelar. Gejala timbul saat idle saja vacuum tiba-tiba drop dan mesin serasa kesedak kehilangan tenaga (hesitate), problem bersifat intermittent. Pada saat mobil jalan semuanya normal tidak timbul gejala apa-apa. Saat AC off juga tidak muncul gejalanya.
Yang sudah dilakukan :
- Bersihkan busi, Busi terlihat hitam tanda pembakaran terlalu rich / kurang sempurna / ada BBM yang tidak terbakar sempurna
- PCV Valve dibersihkan
- Throttle Body terutama lubang ISCV (idle speed control valve) dibersihkan dengan Prestone Carb Cleaner
- Tambal koil karena ternyata patah
- Kebetulan aki ada kotor jadi diturunkan dan dibersihkan, sehingga ECU bisa dikata ter-reset
gambar 1 - Lubang ISCV disemprot
gambar 2 - Koil patah
gambar 3 - jeroan berisi per
gambar 4 - koil tambal pakai sealer saja
gambar 5 - Koil ditambal
- Coba test kompresi mesin, cylinder no 2 sempat terlihat rendah tetapi setelah pemasangan compression tester dibetulkan terlihat normal semua.
gambar 6 - Kompresi Cylinder 1
gambar 7 - Kompresi Cylinder 2
gambar 8 - Kompresi Cylinder 2 setelah diulang
gambar 9 - Kompresi Cylinder 3
gambar 10 - Kompresi Cylinder 3, beda angle foto
gambar 11 - Kompresi Cylinder 4
Hasilnya, gejala tetap sama.
- Dilakukan lagi cara bawa sedikit agresif, boleh dianggap Semi Italian Tune Up, hasilnya gejala berkurang setelah 2 hari pemakaian, dan pada hari ke 3 dan ke 4 gejala hilang. Tetapi setelah balik ke mode ECO Driving gejala timbul kembali meskipun sangat jarang terjadi
- Dilakukan ganti busi dengan yang baru, karena stok BKR6E-11 habis diputuskan pakai Autolite 985. Waktu busi BKR6E-11 dilepas terlihat warna busi membaik tidak sehitam waktu awal dibuka, sepertinya pembakaran mulai bagus. Hasilnya gejala makin jarang bahkan sekarang relatif sangat jarang - bilapun terjadi drop vacuum hanya sekitar 1 InchHg saja berbeda dengan sebelumnya yang bisa mencapai 4 s/d 6 InchHg, tetapi kadang terasa pergetaran halus saat idle dengan kondisi AC off meskipun bila dilihat di jarum vacuum terlihat tenang.
gambar 12 - Vacuum Gauge saat kompresor AC istirahat
gambar 13 - Vacuum Gauge saat kompresor AC bekerja
regards,
singachu
Wow..jd naksir sm alat vacuum gaugenya Oom Singa apalagi abis baca2x artikel soal vacuum tnyta bisa jd indikasi sehat tdknya kondisi mesin...btw itu prakteknya selang ditancap/dimasukkan di mana ya apa ke throttle body gt? Thx utk sharingnya...
ReplyDeleteom singachu, koil sy jg patahnya persis kayak gitu. Jadi tinggal dilem besi aja?.. tp mesin jadi ndet2 ga kl koilnya udah kayak gitu?
ReplyDelete@4nn4
ReplyDeleteDi bawah throttle body dah ada colokan yang disumbat ama karet buntu, nah itu colokan bisa dipakai
Cara lain dicabang dari selang booster rem
Kalo ada waktu ikut kopdar om, ntar bisa liat langsung deh :D
@Sonny
intinya jangan sampai ada arus bocor, jadi dipasang insulator. Cuman insulatornya kudu kuat panas juga ama yang ga mudah retak/terkelupas
regards,
singachu
@Oom Singachu... thanks Oom btw sy ngikutin perkembangan kopdar-nya tp kayaknya ga bisa ikutan dl hehe... Keep it update deh :)
ReplyDelete