Selasa, 03 Januari 2012

DIY : Troubleshoot kebocoran oli mesin di Next G

Tanggal 30 Des 2011, ada acara "keliling Surabaya" pas ngecek kondisi Next G eh kok lelehan oli di dek plastik, cek dipstik dah ga ada oli sama sekali tapi lampu indikator tekanan oli belum menyala. Buru-buru karena acara terpaksa pakai Aerio dulu. Besoknya baru sempet cek. Wow parah bener klihatannya.

gambar 1 - Penampakan yang bikin kaget

gambar 2 - Sisa oli setelah didiemkan sehari semalam

Tanggal 30 waktu dicek kondisi mesin baru menyala, tanggal 31 pagi cek lagi kondisi belum dinyalakan, dan oli cuman secuil di bawah level minimum.



gambar 3 - penampakan beroli, exhause manifold pun basah

gambar 4 - Penampakan beroli

gambar 5 - Dek plastik basah oli

gambar 6 - Belakang roda dan mudguard basah oli

gambar 7 - Arm dan link stabil basah oli

gambar 8 - Subframe basah oli

gambar 9 - Exhause dan oli pan bawah basah oli

gambar 10 - Baut pembuangan oli

gambar 11 - Baut pembuangan oli

gambar 12 - Oil pan sisi kanan dan kompresor AC pun basah oli

gambar 13 - Filter oli dan kompresor AC

gambar 14 - filter oli

gambar 15 - Subframe dan stabiliser basah oli

gambar 16 - Subframe belepotan oli

gambar 17 - Crossmember basah oli, atasnya ada genangan oli juga

Setelah coba ngolong dan liat-liat kondisi dari bawah, dugaan mengarah pada :

  • Filter Oli
  • Baut pembuangan
  • Oil Pan
  • O Ring Filter Oli Adapter

Dari pengalaman oli matic yang rembes dan kena velg roda, memang sepertinya terlihat bocor parah karena ada di mana-mana, rada-rada susah juga nih carinya. Coba bersihin dulu pakai ditergent untuk mempermudah pemantauan lagi.

gambar 18 - salah satu tersangka awal

Dari proses setelah dibersihkan, didapati O Ring Filter Oli tidak ada rembesan, dan ternyata dari filter oli kembali terlihat lelehan oli tapi hanya dikit saja. Lelehan bukan dari mulut filter oli seperti biasa ditemui tapi bener-bener dari body filternya seperti ditunjuk tanda panah di gambar 18. Hmm kliatannya rada kecubit waktu masang filter olinya. Cuman kok ya baru sekarang bocornya padahal sudah dilakukan penggantian oli kurleb 3500 km yang lalu. Hmm kalo dari sini aja keknya ga separah kek foto-foto di atas..... sengaja tambal dulu pake sealer, ternyata masih bocor, lem pake araldite, mampet. Lanjut liat-liat curiga dari karter oli aka bak oli nih.... weh susah bener kalo mau lepas bak oli, kudu lepas exhaust dan transaxle stifftener.

Karena tiba-tiba hujan terpaksa brenti ngerjainnya.... malem beli oli murah-murah dulu untuk test kebocoran, ternyata masuk 1.5 liter :( 

Besok paginya cek kebocoran ga ada sama sekali, filter oli yang ditambal lem juga tidak nampak ada lelehan, dari pinggiran bak oli sepertinya sisa oli kemaren bukan rembesan baru, cuman rada susah sih mastiinnya. Ya sudah lanjut mau ngelepas transaxle stifftener karena untuk melepas oil pan harus melepas ini dulu, tertutup soale....

gambar 19 - posisi inner cv joint kanan pada matic, ngehalangi baut transaxle stifftener

gambar 20 - baut transaxle stifftener

gambar 21 - baut stifftener

gambar 22 - baut stifftener yang kehalang inner cv joint matic

Hmmm transaxle stifftener ada 1 baut yang susah, setelah coba akhirnya bisa, ternyata ada bautnya ada 6, tidak seperti perkiraan awal yang 4 buah, pantes setelah 4 baut dicopot ntuh stifftener tetep ga goyang. 2 baut lainnya lebih parah lagi, bener-bener ga bisa diakses kecuali lepas cross member. Akhirnya putuskan biarin aja pasang lagi. Coba cek pake cermin, disenter, diraba, sepertinya ga ada rembesan dari arah sana, memang ada beroli tapi mungkin dari depan. Bibir oil pan yang depan rada beroli tebel, tercampur kotoran tapi sepertinya bukan rembesan oli semalam.

gambar 23 - skalian foto exhause port

gambar 24 - exhause port foto pake cermin, bersihin ah

gambar 25 - Coba bersihin pake carbcleaner

gambar 26 - coba bersihin

gambar 27 - Hasil bebersih exhause port

Intermesso aja, header dilepas, exhause port kliatan, hajar......
Pasang semua, test nyalain, dan ternyata filter olinya ngocor mayan kenceng...... matiin mesin. ambil cermin senter, taro penampung oli di bawah filter, nyalain mesin, cek kolong liat kebocoran lain, matiin mesin.
Ngolong cek lagi, hmm sepertinya hanya dari filter oli, kalo bocornya kek gini sepertinya reasonable kalo parah.

Ganti filter oli dah, tambah lagi olinya, ternyata sampe oli habis (1/2 liter sisa kemaren beli 2 liter) masih blom sampe ke full, gpp dah yang penting di atas batas minimum. Coba bawa puter-puter keliling kompleks, cek lagi sepertinya aman, beres-beres, taro kertas di bawah mesin, liat besok.

Besoknya test ternyata ga ada tanda-tanda tetesan oli di kertas. Bawa dah ke Surabaya ada keperluan, ke beberapa tempat pulang lagi dah jalan sekitar 22 km keknya aman. Level dipstik juga sepertinya tetep. Tadi pagi cek bawah mobil sepertinya masih aman.

Semoga sembuh

regards,
singachu

Comments
2 plus+

2 comments :

Poskan Komentar