DIY : Ganti radiator Next G / Aerio matic dengan Koyorad

gambar 1 - Radiator berdarah

Sebenarnya udah 3 ato 4 belakangan air cadangan Next G matic newbie dah mesti nambah-nambah melulu. Kebetulan ga tau sejarah radiatornya, taunya pas service AC lepas condensor AC baru terlihat radiator pernah ditambal. Karena nambah airnya ga banyak, sementara alokasi untuk lain dulu. Baru minggu lalu rencana mau kuras, pikir sekalian diperkuat tambalannya, ternyata bocor di banyak tempat setidaknya ada 5 area kebocoran, wah percuma ditambal rugi waktu dan tenaga kelihatannya udah keropos di mana-mana. Berhubung fan ac juga lemah akhirnya senin 24 Des 2012 diputuskan sekalian beli radiator buat rencana kedepan akan diganti. Ga nyangka 28 Des 2012 bocornya jadi lebih parah, padahal tanggal 25 - 27 Des mobil dipakai dan berfungsi normal. Ok deh time to change....
gambar 2 - Kiri radiator untuk matic, kanan untuk transmisi manual


Sekitar Maret 2012, buat Aerio transmisi manual kebetulan beli tapi pas kosong untuk radiator koyorad manual, jadi dapatnya radiator untuk matic. Jadi sekarang butuh radiator matic, beli yang manual aja, tukeran ama yang terpasang di Aerio, maklum harganya selisih 200 ribu-an. Pembelian di Suzuki Motor Kedungdoro seharga 1.5 jt. OK, sekalian kuras radiator Aerio sekalian lepas radiator matic yang terpasang di sana, pasang lagi radiator manual yang baru, bleeding procedure, lepas radiator Next G, pasang radiator matic, bleeding procedure.....hueh mayan nih, ngerjainnya malem-malem nunggu anak-anak tidur, besok kudu gawe padahal mobil kudu dipake, terpaksa dah bukan cuman mobilnya yang bleeding, orangnya juga gara-gara diserbu nyamuk x_x.

gambar 3 - Matic ada pipa untuk cooler oli maticnya, manual ga ada
 gambar 4 - Label koyorad di radiator manual
 gambar 5 - Label koyorad di radiator matic

Berikut tambahan foto-foto cara lepas / pasang radiator melengkapi yang dulu pernah newbie tulis, maklum kalo pas ganti-ganti gini susah sambil foto-foto kecuali waktunya longgar, ama suasana gelap susah bikin foto yang jelas, ini foto besok-besoknya kondisi dah terpasang hehehehe. Om galagajrut juga dah pernah bikin tutorialnya kok, baca aja di sini. Nah kalo om galagajrut lepas radiator berikut fan nya, baru setelah radiator diturunkan fan dilepas, kalo newbiew lepas dulu semua fan baru turunin radiator, biar pas ngelepas/pasang radiator sela-nya lebih longgar.

 gambar 6 - extra fan
  • Lepas dulu extra fan AC dengan melepas konektornya (gambar 6 panah hijau), kemudian 4 baut, 2 di atas (bulatan hijau) 2 di bawah (gambar 12).
  • Lanjut lepas radiator fan, dimulai konektor dulu (gambar 7 panah hijau), kemudian 4 baut, 2 di atas dan 2 di bawah. Kalau susah ngeluarin fan radiator, lepas dulu selang radiator atas (toh mau kuras) dan selang ke reservoir.
  • Setelah itu lanjut dengan lepas 2 buat baut atas yang merupakan baut pangkon radiator (gambar 6 dan 7 panah merah)
  • Lepas selang radiator bawah (gambar 9 panah merah)
  • Lepas 2 selang oli matic (buat yang transmisi matic - gambar 9 dan 10 panah merah)
  • Angkat radiator dengan dimiringkan (kudu telaten), bagian bawah ada 2 karet dudukan radiator yang tinggal diangkat aja (gambar 11)

 gambar 7 - radiator fan
 gambar 8 - extra fan dan radiator fan

 gambar 9 - Selang Oil cooler matic dan selang radiator bawah
 gambar 10 - Klem selang oil cooler matic
 gambar 11 - karet dudukan radiator bawah
gambar 12 - baut kipas bawah

Hasilnya sekarang suhu jarang sampai 98 celcius, newbie sampai lama nunggu kipas radiator muter, sampai dibawa puter-puter kompleks, mungkin cuaca waktu itu agak gerimis jadi adem. terakhir matiin AC karena kalau AC menyala extra fan ikutan nyala dan anginnya kenceng, membuat radiator lebih cepet dingin. Sekarang pun temperatur cenderung cepat dingin, mantap radiator baru coolingnya balik efisien lagi.

Nah ini radiator Next G yang berdarah.....

 gambar 13 - bagian bawahnya terlihat parah
 gambar 14 - basah
 gambar 15 - basah
 gambar 16 - basah
 gambar 17 - rada atas kliatan lebih bawah, pojok kiri atas itu ada lagi tambalan lama
 gambar 18 - kiri ke kanan rata bocor, belum lagi yang deket cover atas
 gambar 19 - di pipa oli matic juga rembes, sambungan cover radiator bawah rembes juga
gambar 20 - pipa oli matic yang ini juga rembes sepertinya, cover radiator nya juga

Hmmmm parah amir yah....untung dah sempet beli radiator baru, cuman ga nyangka aja secepet ini pensiunnya.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}