Sabtu, 29 Maret 2014

DIY : ganti kaki-kaki, ganti Bushing Arm dengan Poly Urathane {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - kaki-kaki kiri dilepas
Keluhan Di chasis bunyi glotok2, Ama kalo kena lubang, mobil kaya mo nyelonong. Arm kiri (gambar 1) ternyata masih bagus... Sekarang masih bongkar... Prediksi sementara : tierod kena.

 gambar 2 - titik jack stand
 gambar 3 - jackstand ketiga
 gambar 4 - jack stand bisa juga diletakkan di sini
 gambar 5 - arm kanan
Ternyata yang sebelah kanan kena....Ya mayoritas sebelah kanan yang kena
 gambar 6 - Ampe bongkar ini...
Ampe bongkar gambar no 6, Ada satu sekrup yang lepas...
1 arm kena, 1tie rod ama tie rod end nya.. Link stabil, Karet2 stabilizer, Eh lupa... Bearing roda juga wajib ganti. Link stabil wajib ganti.

cek di eparts :
261 rb /pcs sebelum diskon, ya 216rb an rasae
ori, kalau 555 lebih murah
arm ada yang 1.448 jt ada yang 1.251 jt.... sptnya satunya old mod satunya newmod.... ga jelas di gambarnya cuman 1 aja tp di list partnya dipecah dua
18-1 45201-54G01 ARM ASSY,FRONT SPNSN,R Rp 1448200.00
18-2 45201-59J00 ARM ASSY,FRONT SUSPENSION R Rp 1251600.00
13 48830-54G00 TIE-ROD COMP,STEERING Rp 419000.00
itu long tie rod
18 48810-76G00 END COMP,STEERING TIE-ROD Rp 261200.00
5 43440-54G01 BEARING,FRT WHEEL Rp 479100.00
stabil nya yang nempel ke shockbreaker kan ?
kan ada part alternatif om, spt bearing kan ada merk KOYO
2 42420-59J00 JOINT ASSY,STABILIZER BAR Rp 300300.00 3 42431-64B00 MOUNT,STABILIZER BAR Rp 26500.00
itu link stabil depan, ama karet stabilizer yang nempel body

Biaya bikin bushing Poly Urathane udah termasuk press 100rb - 200rb per piece. Harga tergantung ukuran nya..Lebih keras, lebih awet dan minim gerakan. Udah coba di pajero sport. Lumayan lah. Dulu di Estilo ampe engine mounting diganti ama PU.. Cuma getarannya jadi kerasa... Solusi nya pake PU yg bening krn ga terlampau kaku dan lebih lentur.Kalo bantingan sih ga bgitu kerasa perubahan nya.. Cuma handling terasa lebih kaku aja. Negatif nya sih... Wajib bikin ke tukang bubut. Ya anak2 jeep juga semua bikin dr PU. Yg utama sih awet nya itu.
 gambar 7 - Nota pembelian
2 Link stabil depan @100rb = 200rb
2 Link stabil belakang @100rb = 200rb
2 Tierod @75rb = 150rb
2 Bearing roda depan @200rb = 400rb
1 Grease Top 1 = 40 rb
total 990 rb

Bearing belakang dapetnya merk unifar...Unifar 250rb
Tierod ama long tie rod pake heineker
Heineker murah... Rekomen dari club vitara
Long tie rod 175rb (Harga asli sih 200rb...tapi saya tawar)

2 Bearing roda belakang Unifar @250rb = 500rb
2 Long tie rod 175rb = 350rb
 gambar 8 - parts
gambar 9 - Bushing arm (4 pcs) diganti bahan PU

Cuma bushing arm..
Balljoint nya cuma direkondisi
Sayap dah ganti bushing pake PU. Balljoint di rekondisi aja... Biaya ganti bushing ke PU 100rb per bushing. Rekondisi balljoint 50rb perpiece. Total 500rb
Besok atau lusa baru pasang... Lupa karet stabil td ga beli

Bushing arm belakang masih ok
Bagian belakang cuma ganti karet stabilizer
Ama nambahin damper made in tukang bubut wkwkwkw

Sudah terpasang, problem solved. Pakai bushing PU bikin sedikit keras sampai shockbreaker yang bocor ga kerasa.

by Aditia Ekalaya
sumber : FB

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar