Minggu, 30 Januari 2011

DIY : {centraltech8} Kuras Radiator Next G dan pengalaman overheat, bersihkan rem

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=358579424#post358579424

Tadi kuras radiator

gambar 1

gambar 2

gw sumbat pake tangan (yang gw lingkar merah) trus isi air daei selang gede yg masuk mesin (sensor ect) trus keluar sampe lewat heater ke selang satu lagi (yang di bawah sensor ect)
trus uda selesai gw tiup selang gede itu sampe keluar smua air2 nya termasuk di heater
air radiator nya masih jernih ternyata :

gambar 3

gambar 4

trus isi top1 lg 1 galon .. uda penuh
gw tunggu2 sampe mesin panas juga gak turun... akhir nya lanjut yg lain ...

pas malem nya gw jalan bentar... eh.. mendadak mesin overheat jarum naek2 sampe merah, cepet2 berhenti.... lalu cek radiator .. reservoir masih full
wah bingung n panik
trus pas temperatur setengah(normal) gw jalan lagi... eh.. macet panjang.. gw klakson2 pengen gw tumbur aja tu motor2 bandel
akhir nya sampe lampu merah
gw matiin mesin.. eh.. kelamaan macet.. mumpung sepi.. gw lgsg aja jalan
trus 100 meter berhenti lagi lamaan.. trus abis dr itu ngebut sampe rumah... cek reservoir baru turun
trus buka radiator rupanya kering air nya.. nambah lagi 1/4 galon baru pas

gw heran aja.. selama kuras gak pernah kek gini
apa gara2 mesin sampe kering ya.. termostat nutup.. padahal di ruang mesin kering
pas uda hampir mendidih baru buka tu termostat...
kejadian kek tadi bikin blok silinder melengkung gak ya
cm pas jarum ampere ke merah gw lgsg stop

tidak nampak karat parah :
gambar 5

gambar 6

ini penampakan tromol blakang sampe abu kampas nya tebel, kelamaan gak bersihin :
(cara bersihin bisa dibaca di sini)

gambar 7

by centraltech8

Hmmm, tiup pakai angin terus ga diisi air lagi ya ? Wah mestinya diisi air lagi, atau ga perlu ditiup angin cukup didorong pakai air buat bilas dan dorong lagi pakai coolant baru. Cara gua kuras juga dorong pakai air kok jadinya malah blok mesin lebih cepet terisi air coolant tanpa harus lama-lama menunggu termostat kebuka sehingga kemungkinan udara terjebak juga terminimalisir.
Trus soal mesin sepertinya aman karena cepat-cepat dimatikan mesinnya setelah overheat.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar