DIY : {centraltech8} Ganti piston set master rem Next G / Aerio yang bermasalah

sumber : chat in Blackberry
centraltech8: Bingung.. Mau buka master dibawah tabung..
centraltech8: Tp takut karet2nya gk ada.. Soalnya tanya2 piston 1 set sama per2 nya 400rb an X_X
centraltech8: Master 1 set 1,5jt disini .. Smua inden X_X
singachu: Weh...

[another day]


centraltech8: Om gw barusan bongkar master rem atas.. Ada bbrp poto.. Mau gk om ? Gk sempet ol kaskus :'(
singachu: ok om
singachu: Gmn hasilnya tyt?
centraltech8: Keknya mesti ganti 1 set piston dan per nya 360rb
centraltech8: Td ragu.. Mau pesen sm sentosa.. Jd gw ke bengkel pura2 cek..
centraltech8: Ternyata hasilnya.. Sama :D
centraltech8: Cuma malah dianjurkan mreka ganti 1 set 1,7jt :'( pdhl di jkt cuma 1,2jt
centraltech8: Uda tu mekaniknya tau.. "Gw bongkar sendiri ya barusan =)). Soalnya ketauan bekas bongkar masi bersih
singachu: Hahahahaha :D
centraltech8:
gambar 1

singachu: Ada kliatan aus / robek kah om??
centraltech8: Ada 8 poto om.. Lemod bb gw .. X_X
centraltech8:
gambar 2

centraltech8:
gambar 3


centraltech8: Gak robek.. Kalo aus mgkn jg om.. Lemah karet nya mgkn..
singachu: Santai aja om....baru masuk 3 soale :D
singachu: Packing mesti ganti ga kl dibongkar gitu?
centraltech8: Gak perlu om.. Kan ada seal cincin di master nya..
centraltech8: Kalo master bocor.. Biasanya di pedal jg basah.. Nah skrg gw curiga karet daleman kalah.. Walo seal depan gk bocor..
centraltech8: Cuma buang angin di nepel selang atas.. Selang minyak kuar :D
centraltech8: Biar cepet.. Td gk sampe buang 4 roda.. Rem nya uda dapet :D
centraltech8: Cuci pake air biasa smuanya.. Lalu bilas pake minyak rem :D
centraltech8:
gambar 4

singachu: Berarti sepintas rem normal lg om?
centraltech8:
gambar 5

centraltech8: Iya cuma sesekali pas injek rem pelan2.. Suka turun rem nya.. Tp kalo injek mendadak.. Rem ada..
centraltech8: Kadang juga rem di tahan mendadak turun pelan2..
singachu: Minyak berkurang terus ato ga?
singachu: Sptnya ga berkurang ya?
singachu: Cuman pas nahan pedal ada minyak yg tuker tempat
centraltech8:
gambar 6

centraltech8: Mau nanya om kinoy.. Soalnya dia sering buka master rem ... Ciri2 seal uda lemah gimana :D
centraltech8: Cuma om kinoy gk pake bb ya om ?
centraltech8: Gak kurang om.. Ke 4 roda gk ada kebocoran..
centraltech8: Ya mgkn begitu om.. Ada minyak yg tuker tempat antara minyak masuk n kuar..
centraltech8:
gambar 7

centraltech8:
gambar 8

singachu: Telp om kinoy aja om
centraltech8: Gak enak menggangu... Kira2 gw ganti 1set piston .. Masalah nya beres gak ya ?
singachu: Gpp om,, ntar kl dia ga angkat ya berarti ga bisa, ato kadang angkat ntar langsung bilang jgn skrg
centraltech8: Maren masalah kopling yg ganti daleman tu.. Krn kopling nya suka ilang2 ya om ?? Td gw iseng tanya harga 115rb
centraltech8: Blm pernah nelp om kinoy =D. Segan =D
singachu: Iya kadang ok kadang ilang2 :D
singachu: Gpp kok om...toh dah kenal jg di kaskus
centraltech8: Ok deh om.. Nanti di coba.. Gw lg telp mbak ningsih.. Order barang nya.. :D
singachu: Sep ditunggu reportnya
singachu: Jadinya nett brp?
centraltech8: 360rb om tetep.. X_X
singachu: Ow bukan 1.2 jt kan?
centraltech8: Gw pesen piston set aja om.. Mudah2 masalah nya beres :(
singachu: O begitu,, ditunggu reportnya om

[another day]

centraltech8: Om.. Uda ganti master rem .. Piston set nya.. Lgsg mantep (y)
centraltech8:

gambar 9

singachu: Berarti piston set aja ya? :)
singachu: Kl dibandingkan baru vs lama,, yg lama kalah dimananya?
centraltech8: Gk tau om.. Keknya di karet2nya yg uda gak lentur :D
centraltech8: Kalo scara fisik sih gak ada beda nya..
singachu: Bener2 solved ato temporary om?
singachu: Pernya sama2 keras?
centraltech8: Per nya yg lama lebih turun om.. Yg baru pas masang mesti nekan dikit utk selip spi nya.. Seperti nya bner2 solved om.. Mudah2an aja.. Sayang om ganti 1,7jt :'(. Kalo rumah nya masih bagus..
centraltech8: Mgkn krn perawatan kurang.. Gw uda jarang kuras minyak rem.. Maren kuras krn uda keruh.. / mgkn sejak pake prestone merah itu.. Jd ragu gw om.. Mknya skrg balik ke asal STP bening..
centraltech8: Bening lbh gampang ngontrol keruh nya.. Kalo prestone merah susah liat nya.. Dan gw liat ada air nya.. Sepertinya kwalitas minyak rem nya kalah di banding STP..
centraltech8: Kopling pun gk enak rasanya kalo uda lama..
centraltech8: Ooo iya.. Gw buang angin nya gak sampe di 4 roda.. Cm kendorin 2 nepel (satu2) di master rem.. Cuma alas kain bawah nya..
centraltech8: Hasilnya bbrp kali buang angin.. Rem cepet dapet lagi.. tes jalan normal.. Lalu gw tes buang angin roda depan kiri kanan yg kuar minyak.. Gk ada angin.. Jd mgkn bs jd solusi pengerjaan lebih cepat.. Gak sampe 1 jam :D ketimbang buang angin 4 roda.. X_X
singachu: Mantap om, nice info. Wah prestone begitu ya..... Aku pake prestone merah nih
centraltech8: Coba aja om.. Kalo uda mulai kerasa gak enak segera ganti om.. Kalo maren gw cuekin.. Krn anggep remeh mgkn.. Perubahan warna jg diperhatikan om..
singachu: Om pakai prestone brp lama?
singachu: Prestone ada yg bening jg sih
centraltech8: 2thn mgkn X_X
centraltech8: Selama ini gw pake STP om.. Maren krn. Mau cepet beli di mall.. Adanya prestone..
centraltech8: Keruh kok sama ada serpihan dalem silinder master rem nya.. Pas pertama bongkar..

[another day]

singachu: Om, sori baru sempet masukin foto2nya ke otodiy
singachu: Gmn remnya?
centraltech8: Gpp om :D
centraltech8: Sejauh ini mantep om :D
centraltech8: Gw aja uda gak sempet masukin ke blog..
singachu: Sep :) solved berarti ya :)
centraltech8: Pengaruh nya gede yah.. Cm dikit aja padahal.. Piston set rem lama aja misal gw packing jual lg gk bakal ketauan beda nya.. sedikit banget mgkn beda karet nya..
singachu: Iya betul....makanya beli barang "rekondisi" ato "copotan" serem jg ya?
centraltech8: Iya.. Copotan kata nya.. Gak taunya copotan bekas pake 7tahun =D
singachu: Ato dicopot soalnya masalah :D
centraltech8: Gw rasa beda di elastis karet nya uda kalah.. Scara fisik gk ada beda..
centraltech8: .‧::‧Ћªª=D:) ђαα:p:) Ħªª :D=))‧::‧.
singachu: ama per-nya jg ya?
centraltech8: Disini jual shock SGP .. KYB gas. 600rb sepasang :O
centraltech8: Gw liat persis banget,, ntah apa beda nya.. Katanya brg lelangan..
centraltech8: Gw curiga rekondisi..
centraltech8: Cm bbrp showrom mobkas sering beli..
centraltech8: Awet nya aja gak tau :D
centraltech8: Iya bner sama per nya lemah dikit
singachu: Barang "lelangan" mencurigakan....:D
centraltech8: Cap nya SGP.. Part number pun sama :O
centraltech8: Kek py gw :O
singachu: Nice info om akhirnya rem normal dengan biaya ga mahal krn ganti jeroannya aja ya :) om dapet info dari mana kalo ada dijual part jeroannya aja?
centraltech8: Kalo di jual ori pun gk bakal ada yg tau.. Apalg itu komponen yg rusaknya gk bs di tebak :D
singachu: Tul
centraltech8: Biasanya ada jual karet doank om.. Memang uda sering liat org ganti karet..
centraltech8: Nah karet doank gak jual utk oreo..
centraltech8: Mknya cek di katalog ternyata ada.. Walo bengkel sini bilang gak ada :D
singachu: Katalog di eparts?
centraltech8: Telp mbak ningsih bicara sm adiknya jg blg sering org ganti jeroan awet asal rumah gak cacat..
centraltech8: Iya bner..
centraltech8: Yakinin lagi.. Gw cek ke bengkel om.. Yg pernh gw crita :D tkt beda analisa :D
centraltech8: Ternyata dugaan gw bner .. :D
singachu: Mantap
singachu: Thanks om :)

by
centraltech8

Comments

  1. om om, masalah rem ini kalau diinjek berasa kaya busa , n mobil ga melambat ya?
    seetelah diinjek mentok baru melambat ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kasus ada angin di sistem rem (termasuk di master rem), betul seperti itu
      Tapi kalau kasus seal piston di master rem aus, biasanya pedal rem bisa turun2 sendiri waktu ditahan.

      regards,
      singachu

      Delete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G