Jumat, 27 April 2012

DIY : {Danang TS} Instalasi Fog lamp Grand Livina XV MT

Sumber : email
Foglamp terpasang


Fog Lamp pada GL XV MT sudah tersedia interkoneksi dari Tuas switch (sebelah kanan ) ke IPDM-ER (Inteligent Power Distribution Module Engine Room). Yang harus dilakukan adalah mengganti tuas switch bawaan moble dengan tuas baru yang support foglam switch dan menarik 2 kabel positive baru dari IPDM Module ke Fog lamp Left&Right. Di IPDM-ER sudah tersedia Fuse 15A dan relay untuk Foglamp sehingga tidak memerlukan 2 material tsb. Lagi.
Secara garis besar interkoneksinya sbb : Combination switch (kanan dan kiri stir) -> BCM (body control module / dibawah dashboard sebelah kiri ) -> IPDM-ER di ruang mesin-> Foglamp Left/R. 

 gambar 1 - Part Number Switch baru
 gambar 2 - Tuas Switch baru
Langkah :
1. Buka cover steer.
 gambar 3 - Buka 3 baut dan copot cover steer
Turunkan steer,  Buka 3 baut dibawah cover steer dan copot cover kunci pakai obeng minus berbalut kain (kalo ane pake kuku jari spy ga merusak plastik). Pisahkan Cover atas dan bawah secara perlahan agak sedikit keras karena menggunakan sistem interlok. (klo ane pake kuku lagi spy ga berbekas)

2. Copot tuas riting
Karena systemnya modular, tidak terlalu sulit untuk mencopot TS. Pastikan Interloknya kanan dan kiri di tekan kemudian tarik secara perlahan Tuasnya sampai lepas.
 gambar 4 - Tuas riting

Pada saat pemasangan TS baru pastikan bunyi klik pada interlock kanan dan kiri sebagai tanda modul TS sdh terkunci.
Sampai langkah ini indicator fog lamp di dashboard sudah berfungsi dan bisa langsung dicoba dengan memutar switch fog lamp dan lampu senja ke posisi ON, indicator Fog Lamp dan lampu senja akan ON. 

3. Tutup cover steer kembali sesuai  urutan terbalik pada point 1.

4. Buka IPDM-ER pada engine room terletak di samping aki atas spakbor dengan menekan secara hati-hati pada 4 interlock pin


gambar 5 - IPDM-ER (Black Box 15x15cm) terletak disamping aki.


Jika IPDM dibalik kearah depan dan soket kabel yang sdh dicabut :
 gambar 6 - IPDM
Kabel lampu ane pake bawaan foglamp ESUSE tinggal cut ujungnya pasang pin connector Tyco/AMP spy kuat koneksinya perlu soldering sedikit, terakhir pasang pinnya ke block connector dan tancepin kembali ke IPDM seperti semula.

Cara pemasangan Fog Lamp 
Pemasangan dilakukan dengan membongkar /membuka celah spakboar depan.  Ane ga sempat ambil gambar waktu bongkar spakboard jadi kira2x untuk membongkar dengan cara seperti dibawah n menekuk pinggiran spakboar ke arah luar shg terbentuk ruang akses ke dudukan foglamp di bemper. Klo ane bayar teknisi waktu pasang kaca film untuk masang foglamp ke tempatnya.


 gambar 7 - Buka celah spakboar depan
Putar Roda ke arah dalam dan tarik plastik spakboar hati2x ke arah luar.


 gambar 8 - Urutan pasang foglamp
Pemasangan Fog Lamp sesuai urutan pada gambar diatas


Total Biaya (Feb 2012) :
1. Tuas Switch   Rp 370.000,- di Atrium Senen. (harga diberes sama tp sblm ppn)
2. ESUSE FOG LAMP  Rp 525.000,- di Sawah Besar.
3. Ongkos pasang Foglamp Rp 50.000,-
4. Terminal untuk koneksi ke body ukuran baut 10 1pcs/2pcs @ Rp 3000 


gambar 9 - Terminal
5. Tyco/AMP pin kebetulan di kantor ane ada walau rare item sy bisa dapat, klo mo cari di Ebay ada sekitar Rp90.000,- sampai indo, butuh 2 pcs.

gambar 10 - Tyco / AMP pin

6. Cable assy bawaan ESUSE modif sedikit di ujung kabel.


7. Tie Rope/kabel ties ukuran 100mm untuk mengikat kabel, bisa beli di toko listrik atau sparepart

NOTE :

  • Untuk lebih amannya kutub negative terminal aki  bisa dicabut untuk menghindari konsleting kalu ane sih tidak melakukan itu. Pencabutan terminal aki bisa berakibat error pada power window shg perlu direset dengan menurunkan penuh jendela dan menaikan penuh jendela dan tahan switch sampai 5 detik. Error yg terjadi jendela supir tidak bisa turun atomatis dengan hanya menekan switch power window sekali. 
  • Untuk menghindari konsleting dikemudian hari, posisi kabel harus tetap/terikat dengan kabel ties,  tidak menggantung atau bergesekan dengan body. Bisa mengikuti jalur kabel exisiting.
  • KERJAKAN DENGAN HATI2x DAN TELITI, RESIKO DITANGGUNG SENDIRI. SELAMAT BERKARYA.

by Danang TS

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar