Senin, 02 April 2012

DIY : {wirasaja} Troubleshoot koil Aerio part 2 dan penambalan koil Aerio yang bocor

sumber : kaskus dan Lanjutan DIY report sebelumnya

Nubie mau mencoba memberi report tambal koil bocor memakai autosealer..

pulang kantor nubie coba mendinginkan mesin mobil dulu kira2 1jam dengan kap mesin terbuka agar mesin dingin..
sebelumnya buka dulu cover plastik agar mesin lebih cepat dingin..

tertutup..
gambar 1

terbuka..
gambar 2


1jam kemudian nubie mulai melepas koil kiri..
diawali dengan melepas baut 10 2biji
setelah terlepas, angkat sedikit kabel busi atas agar tidak mengganjal koil..
lepas juga kabel busi tengah agar terangkat bersamaan dengan koil
gambar 3

cabut kabel busi dari koil beserta lepas kabel koil dari soketnya
gambar 4

tampak posisi terlepas antara kabel koil, koil dan kabel busi
gambar 5

nubie mulai mengecek detail koil dari semua sisi..
 gambar 6
 gambar 7
 gambar 8
gambar 9 
 gambar 10
 gambar 11
gambar 12

tidak tampak adanya kejanggalan pecah/retak/kebocoran

( detil merek koil )
 gambar 13
gambar 14

kemudian nubie mulai coba membuka2 sisi karet antara body koil dengan karet sekat kabel busi..
 gambar 15
gambar 16

tampak kejanggalan..
ada sisi karet yg nampak terbakar ( karet seperti terpercik api jadi warnanya putih2 berkerak )
( maaf gambar kurang jelas dikarenankan posisi nyempil dan susah di buka.. )
 gambar 17
 gambar 18
gambar 19

akhirnya bermodalkan kikir potong kuku sebagai "kape" sealer..
gambar 20

nubie mulai mendorong masuk sebanyak mungkin kedalam sisi "terbakar" tsb..
diikuti dengan lingkaran karet melingkar pembatas body koil dengan karet koil..
 gambar 21
 gambar 22
 gambar 23
gambar 24

setelah selesai..
nubie coba diamkan semalaman koil hingga 100% kering..

keesokan harinya setelah kering, terpasang dan coba rasakan..
ternyata berpengaruh 100%.. gejalan brebet di rpm bawah hilang sama sekali..
( maaf b4 kalo pict dibawah ini rata2 buram, karena take diambil ketika mobil berjalan dan take foto sendiri, sambil melihat jalan,
selain itu maaf juga bila ada kesalahan peletakan gambar dengan keterangan karena lupa gigi berapa n rpm berapa )

tampak gigi 2, 1500 rpm an ( gejala parah brebet di rpm ini ) hilang sama sekali..
 gambar 25
 gambar 26
gambar 27

bahkan dari rpm ini dipaksa berakselerasi mesin langsung respon, tanpa lag n nyendat2..

tampak gigi 3, di 2000 rpm an ( gejalan brebet juga terasa disini juga ) hilang sama sekali
 gambar 28
 gambar 29
gambar 30

bahkan dari rpm ini dipaksa berakselerasi mesin langsung respon, tanpa lag n nyendat2..

semoga awet dah untuk selamanya..
matursuwun b4 suhu2

by wirasaja

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar