Senin, 04 Maret 2013

Press balljoint, tie rod end dan link stabilizer Aerio di PJS

Dari spooring terakhir didapati balljoint kanan udah oblak. Menunggu waktu baru 2 Maret 2013 kemarin nyempetin ke PJS, soalnya badan dah pegel-pegel dan lagi males bongkar-bongkar sendiri, mending nge-bengkel aja secara murmer daripada ongkos pijet hehehehe.
Keluhan : Balljoint kanan kletekan kalau melewati jalan ga rata, baik jalan lurus ataupun belok. Kadang dari kiri ada bunyi kletek pas belok tapi ndak selalu. Belok full mentok ga ada suara. Berhenti di tanjakan dan maju lagi kadang ada bunyi kletek kletek, tapi ndak selalu. Parkir mundur sambil belok kadang juga bunyi kletek tapi lagi-lagi ga selalu.

So dilakukan pengecekan total (setelah manyun nungguin giliran antri)

 gambar 1 - kiri diperiksa

 gambar 2 - kanan diperiksa

Sep dikeroyok 2 mekanik.
Hasil Pengecekannya : 
kanan : Balljoint oblak parah bahkan bisa naik turun X_X, tie rod end kanan oblak, link stabilizer oblak plus karet-karet dampernya mengeras.
kiri : Balljoint kiri oblak tapi ga parah, tie rod end kiri OK, link stabilizer oblak plus karet-karet dampernya mengeras.

 gambar 4 - Proses kanan
 gambar 5 - Karet balljoint dilepas, kalau dah selesai grease ulang
 gambar 6 - Persiapan di press
 gambar 7 - Press sekuat tenaga
 gambar 8 - Balljoint kanan ini parah, untung akhirnya bisa dipress
gambar 9 - Tie rod end dan link stabil juga dipress

Selesai, test drive, mantap senyap sekali meski jalan di paving ga rata, belok U turn naik turun tidak masalah, sampe tadi pagi biasa lewat depan pagar pabrik ada geronjalan bunyi, sekarang mantep :)

DC total 90rb aja, ya kasi tips lah ke mekaniknya yang cekatan. Murmer mantep :)
  • Press balljoint 2 x 15rb
  • Press tie rod 10rb
  • Press link stabil 2 x 15 rb
  • karet-karet damper link stabil 4x5rb
gambar 10 - Nota
Pengerjaan cepat, nunggu antriannya yang ampe haus abis minum banyak, untuk di sebelah ada alfamart...

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar