DIY : Ganti pipa radiator bawah Aerio dan perbaiki Cap Water Outlet / rumah ECT yang bocor

Views
gambar 1 - pipa radiator bawah Aerio
otodiy.blogspot.com
Terpaksa beli pipa radiator bawah di hari minggu, se-buka-nya toko yang ada. Gara-gara pingin kuras radiator dan ganti coolant prestone. Sebelumnya beberapa kali cek reservoir selalu ada sedikit endapan karat, jadi sekalian aja mau ganti coolant cek pipa radiator bawah (gambar 1). Ini pipa output dari radiator yang menuju masuk kembali ke mesin (gambar 2 - part no 2), pipa ini yang belum newbie ganti sewaktu pergantian pipa radiator yang lain. Jadi ya suspect bikin kotor air di reservoir ya pipa ini. Jadi newbie lepas dan coba bersihkan dengan sikat kawat, kuatir kalau tidak dibersihkan, prestone coolant ga lama bikin pipa ini bocor, masih keinget kejadian yang dulu begitu dimasukin prestone langsung bocor yang sebelumnya memang ada makin parah
Abis lepasin pipa ini, bersih-bersih isi coolant yang ada di blok mesin, dorong pakai air buangan AC, trus semprot pakai kompresor. Dilakukan beberapa kali biar yakin isi blok mesin bersih dan minim air karena terakhir semprot pakai kompresor untuk mengeluarkan air dari blok mesin sebisanya. Radiator juga dicoba isi air AC, dan terakhir semprot kompresor. Lanjut bersihkan pipa bawah yang dilepas.
Dan ternyata memang ada bopeng-bopeng dan gelembung karat di bagian dalam pipa. ujung pipa ada yang keropos tapi ga bikin bocor. Setelah lama coba bersihkan pakai sikat kawat dan dibilas-bilas, ternyata untuk bagian di tekukan pipa juga ada gelembung karat, coba sikat-sikat dan muncul 1 lubang. Yah bocor deh, ga siap sparepart lagi.... Berhubung hari minggu, akhirnya coba tambal pakai solder timah + lem putty. Cuman berdasarkan kejadian lalu, Lem Putty nya kuat ga bocor dan tahan panas, masalahnya karena pipa ini udah menunjukkan beberapa lokasi yang mungkin juga potensi bocor di tempat berbeda, maka agak ragu juga sebenernya. Jadi mikir apa diisi air dulu, ntar pesen pipa dan ganti coolant setelah pipa pengganti didapat. 
Sambil timbul keraguan lanjut cek kondisi rumah ECT sensor, karena tadi waktu bersihkan isi coolant di blok mesin, ada titik lubang juga meski tertutup oleh selang radiator. Putuskan dilepas aja dan diperiksa, ternyata benar ada lubang. Akhirnya putuskan juga dengan ditambal dengan timah + lem putty, seperti yang pernah dilakukan tahun kemarin dan sampai sekarang ga bocor


gambar 2 - No 2 dan No 20 yang bocor
2. 17570-69G00 CAP, WATER OUTLET
20. 7860-54G00 PIPE, WATER INLET NO.2

Sambil nunggu cure, iseng deh keluar cari toko sparepart yang buka di hari minggu siang. Akhirnya setelah cek ke tiga toko, ketemu part di Rama Motor sidoarjo, harga 202rb, katanya sih Orisinil. Ya terpaksa deh dibeli daripada ruwet ntar pas di jalan. Sedangkan untuk rumah ECT (Water Outlet Cap - 17570-69G00 ) bertahan dulu dengan tambalan karena pipa nya kecil jadi seluruh body pipa masih dimungkinkan untuk dibalur dengan lem putty, katakan pipanya keropos di beberapa titik juga ga bocor. Terpaksa pengiritan super, duit dah abis ini, hiks...

 gambar 3 - part yang dibeli
Coba banding-bandingkan dengan part yang ada dan beberapa foto, ntah lah susah bedain ini barang orisinil apa KW. Sampe rumah istirahat dan makan dulu. Lanjut pasang dan beres-beres. Bleeding dilakukan 2 kali, sudah newbie duga harus dua kali jalan karena isi blok mesin penuh dengan angin karena newbie dorong pakai kompresor. Setelah itu dicoba puter-puter kompleks dan bleeding berjalan sempurna, kipas radiator bisa muter dan bisa mati lagi beberapa cycle, tanda bahwa sirkulasi coolant ke mesin dan radiator berjalan dengan baik.

 gambar 4 - pipa terpasang dan tidak ada kebocoran
Cek semua pipa dan sambungan aman.
 gambar 5 - pipa di rumah ECT, tambalan aman
 gambar 6 - coba cek serap pakai tissue untuk cek ada lembab tanda coolant rembes
 gambar 7 - masih aman
Besok pagi dicek masih aman, dan sampai rabu pagi, Aerio sudah jalan 120km++ ga ada masalah rembes / kebocoran. Sip aman.
gambar 8 - Prestone Radiator Cool
Newbie pakai Prestone radiator cool botol merah, cairan hijau. Sebenernya cari yang botol kuning cuman masih belum nemu yang jual di sekitaran rumah. Kebetulan murah ini Prestone Radiator Cool, segalon ga sampe 50rb dan kebetulan free 1 liter botol kecil. Kemaren sampai nambah isi reservoir yang kesedot radiator pas dingin, total abis 1 galon + 1.5 botol kecil.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G