Tutorial DIY Carbon Clean Nissan Grand Livina {515635}
gambar 1 - tools
Kemarin liburan mumpung bisa santai di rumah dan ada waktu buat bongkar mobil, ane carbon clean livi ogut pake cara RSJM. Carbon clean RSJM sebenernya bisa dilakukan sendiri, cuma bedanya reset ECU pakai cara manual (kecuali punya Consult III). Bedanya reset manual vs consult, kalo reset manual timing harus pas + olahraga kaki, consult tinggal klak klik aja Untuk idle air learning, kalau pakai consult jika ada parameter yang belum tercapai, dikasi tau...misalnya temperatur coolant belum panas, kalo manual harus kira-kira sendiri. Langsung aja ini dokumentasi dan tutorialnya....
1. Peralatan yang diperlukan sbb:
- Obeng Flat
- Tang jepit
- Kunci sok 8mm & 10mm + Handle (bisa yang ratchet atau biasa)
- Extension bar kunci sok 6" & 3"
- Kunci busi deep socket 14mm
- Kunci L (hexagonal) 5mm
- Engine conditioner (ane pake merk DCS)
- Lembaran kardus 30cm x 10cm
- Kain lap
- Sikat gigi
- Senter
- Pemberat
- Selang diameter 6-8mm, panjang 10-15cm (optional)
- Magnetic pickup tool (optional)
2. Untuk mempermudah lepaskan dulu air scoop. Cungkil kancing pengunci menggunakan obeng flat kemudian tarik air scoop sesuai urutan dan tanda panah
gambar 2 - air scoop
3. Lepaskan selang flexible dan selang breather mesin. Buka baut klem selang flexible (lingkaran merah) menggunakan kunci sok dan selang breather (lingkaran hijau) menggunakan tang jepit
gambar 3 - selang flexible
4. Geser tangki reservoir radiator dari tempatnya, cukup tekan klip pengunci yang dilingkari merah. Selang di tangki tidak perlu dilepas, cukup geser saja tangkinya ke kanan agar tidak menghalangi intake
gambar 4 - reservoir tank
5. Buka 4 baut throttle body menggunakan kunci sok 8mm + extension bar 3 inch. Selang dan kabel di throttle body JANGAN dicabut, cukup geser saja thottle body ke kanan.
gambar 5 - throttle body
6. Setelah throttle body digeser, tepat dibawahnya ada baut 8mm, buka menggunakan kunci sok
gambar 6 - baut intake 1
7. Buka 2 baut EGR pipe menggunakan kunci 10mm + extension bar 6 inch (lingkaran merah). Lepas soket dan selang EVAP canister purge (tarik sesuai tanda panah, klem dibuka menggunakan tang jepit)
gambar 7 - EGR dan Evap Canister
8. Geser lagi ke kiri, buka baut intake lagi (lingkaran merah) dan selang booster rem (lingkaran hijau, buka klem menggunakan tang jepit)
gambar 8 - baut dan selang booster rem
9. Sekarang geser ke bagian bawah intake, buka semua baut yang dilingkari merah dan cabut soket yang dilingkari hijau
gambar 9 - baut bawah intake
gambar 10 - baut bawah intake
10. Sekarang semua baut pengikat intake sudah terlepas, lepas intake mulai dari bagian pojok kanan bawah yang terhalang kabel, setelah bagian ini lolos, intake tinggal diangkat.
11. Lepaskan semua baut dan soket koil. Setelah itu cabut koil, tinggal ditarik ke atas
gambar 11 - baut koil
12. Buka busi menggunakan kunci busi deep socket 14mm + extension bar 6 inch. Untuk mengambil busi yang sudah dibuka, bisa menggunakan magnetic pickup tool, jika tidak ada bisa menggunakan koil, tekan koil sampai ujung busi masuk ke koil lalu angkat koil + businya
gambar 12 - buka busi
13. Semprotkan engine conditioner ke lubang busi, bisa dibantu selang agar cairan langsung masuk ke combustion chamber. Semprotkan juga ke throttle body, EGR pipe dan mulut intake. Langsung lap sisa cairan di throttle body dan EGR pipe agar tidak mengenai komponen lain, jika cairan mengenai komponen lain, langsung bersihkan menggunakan kain lap. Saat membersihkan throttle body, jangan sampai mengenai lempengan di dalam throttle body
gambar 13 - semprot engine conditioner ke combustion chamber
gambar 14 - semprot engine conditioner ke throttle body
gambar 15 - semprot engine conditioner ke intake port
14. Biarkan cairan yang masuk ke intake dan lubang busi bereaksi merontokan kotoran, tunggu 30-45 menit. Tutup lubang busi menggunakan kardus dan diberi pemberat
gambar 16 - tutup lubang busi
15. Sembari nunggu, kita bersihkan saluran intake yang sebelumnya dilepas. Di sisi kanan ada motor yang menggerakan flap di mulut intake. Buka bautnya menggunakan kunci hexagonal, lalu angkat motor beserta covernya
gambar 17 - motor intake
gambar 18 - motor intake
gambar 19 - motor intake
16. Semprotkan engine conditioner ke mulut intake, dan lubang intake yang terhubung ke throttle bodygambar 20 - intake manifold
17. Tunggu cairan bereaksi. Setelah di cek ternyata ada kotoran yang tidak bisa luntur dengan hanya disemprot engine conditioner. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan
gambar 21 - stubborn dirt
gambar 22 - stubborn dirt
18. Keluarkan sisa cairan engine conditioner di dalam intake. Jika mau benar-benar bersih, intake bisa dibilas menggunakan air. Tapi sebelumnya lepas dulu EVAP canister purge (soket di kanan atas intake), buka 2 sekrup untuk melepas EVAP canister purge
gambar 23 - flush
19. Keringkan intake, jemur sebentar jika sebelumnya dibilas menggunakan air. Pasang kembali motor intake
gambar 24 - intake before vs after
20. Kembali ke mesin, di mulut intakenya juga banyak kotoran yang tidak bisa luntur karena sudah terlalu tebal. Bersihkan dengan kain lap.
gambar 25 - stubborn dirt 2
21. Untuk membersihkan ruang bakar, dengan posisi lubang busi masih ditutup kardus + pemberat. Start mesin menggunakan kunci kontak...start mesin??...ya start mesinnya,tapi mesin tidak akan bisa nyala karena busi dicabut, hanya piston akan bergerak naik turun, fungsinya untuk mendorong sisa kotoran ke atas. Jangan kaget kalau nanti suaranya seperti mobil mogok , pasien RSJM harusnya sudah familiar sama bunyi ini...
Caranya, putar kunci kontak ke posisi start, tahan 5 detik...lepas, lalu ulangi lagi 2-3 kali. Setelah itu ganti kardus penutup, karena kotoran yang terdorong ke atas akan menempel di kardus. Ulangi proses ini sampai kotoran yang menempel di kardus berkurang
gambar 26 - kardus kotor
gambar 27 - kardus kotor
22. Setelah kotoran yang menempel di kardus berkurang, ulangi prosesnya hanya kali ini tanpa kardus penutup, agar sisa-sisa kotoran kecil langsung terbuang. Ulangi proses sampai bagian atas piston bersih. Kemudian cek bagian atas piston, intip dari lubang busi + senter, bagian atas piston harus sudah bersih. Sisa kotoran di dinding lubang busi dibersihkan menggunakan kain lap
23. Setelah bersih, pasang kembali busi, koil, saluran intake, throttle body dan selang flexible seperti semula. Pastikan semua baut, selang dan soket terpasang, JANGAN sampai ada yg tidak terpasang
24. Start mesin. Mesin akan menyala, disertai asap putih tebal keluar dari knalpot. Ini adalah sisa kotoran + engine conditioner yang belum keluar. Injak pedal gas berulang kali sampai asap yang keluar berkurang
gambar 28 - exhaust smoke
25. Masuk ke kabin, jangan kaget kalau CEL (Check Engine Light) nyala. Ini karena kita start mesin tanpa busi dan koil. Jadi muncul fault....untuk hapus faultnya cukup reset ECU manual
gambar 29 - CEL
Procedure Reset:
Jika RPM mobil jadi tidak stabil (naik turun), setelah reset ECU lakukan langkah seperti di link ini http://nissanhelp.com/diy/versa/projects/nissan_versa_idle_air_volume_learning.php
Idle Air Volume Learning Procedure:
26. Selesai
gambar 30 - EGR
gambar 31 - EGR
gambar 32 - EGR
gambar 33 - EGR
by 515635
sumber : kaskus KLIK
Om...Gl saya kenapa di rpm rendah selalu ndut"an??
ReplyDeleteMohon bantuanya..
udah dicoba dibersihkan TB nya ?
Deletetb itu apa bos
DeleteThrottle Body
DeleteOm, kalau cairan yg dipakai untuk membersihkan tb tanpa melepas tb itu sendiri, pakai jenis dan merk apa?
ReplyDeletejenis engine condioner bisa, merk seperti di atas DCS, ada nulon, gzoc dsb
Deletebisa juga jenis carburator cleaner, merk juga macem2 ada DCS, prestone dsb
om mau tanya GL saya asap hitam,busi hitam dan Boros,udah discaner katanya fine2 saja gak ada sensor yang bermasalah,dan dirpm1000-2000 ada ndut2an mohon sarannya hu.gran livina facelife 2014 tidak ada egr
Delete