DIY : ganti motor power window Next G / Aerio sisi supir yang rusak dengan pintu kanan belakang

 gambar 1 - spool / rotor motor power window yang gosong
otodiy.blogspot.com
Newbie ngalamin musibah, motor power window sisi supir gosong total. Dari cerita nyonya kronologis tiba-tiba motor power window macet, trus dipakai jalan mobilnya, tau-tau turun sendiri setengah dan berhenti. Setelah itu tercium bau gosong terbakar dan karena takut akhirnya minggir di rest area tol. Newbie ke sana dan periksa, hasilnya motor sangat panas ga bisa dipegang. Darurat kabelnya aja yang dicabut biar ga terus menerus dapat aliran listrik, kaca terpaksa tetap terbuka separo dan bawa pulang. 
Sampai di rumah dibongkar dan ternyata gosong total, percobaan perbaikan tidak membuahkan hasil karena memang newbie ga terlalu ngerti elektronik. Besoknya cari alternatif copotan termasuk alternatif kalau pakai Honda City, prioritas tetep cari untuk aerio dulu biar ga banyak ngubah. Ternyata sisi supir sedang kosong, adanya sisi kanan belakang seharga 250rb + ongkir 15rb. Ya udah dibeli aja dipindahin motornya ke bagian depan.

gambar 2 - gosong, magnet pun ikutan terlepas keluar
 gambar 3 - solderan sambungan carbon brush sampai leleh putus, holder plastik ada retak
 gambar 4 - rumah magnet kondisi juga mengenaskan
Gambar 1 sampai 4 newbie coba solder ulang, tempel ulang magnet dan otak-atik beberapa kali masih belum membuahkan hasil. Mungkin mau newbie coba lagi kalau pas sempet atau coba bawa ke tukang dinamo aja yang lebih jago, cuman sementara nunggu power window kanan belakang copotan aja.
Selasa dah datang tapi beberapa hari ini pulang rada malam dan capek jadi males ngerjain. Kamis pagi pas bangun, dah cepet-cepetan aja ngerjainnya karena mesti segera siap-siap antar anak sekolah dan berangkat kerja. So foto-foto juga minimalis, yang penting poin mindahin motor power window belakang untuk dipasang di regulator power window depan jadi terdokumentasi.
Untuk melepas regulator power window pernah newbie ulas di sini.

 gambar 5 - motor power window belakang beserta regulatornya
Prinsipnya adalah diambil motor power windownya saja untuk bagian kanan belakang. Selanjutnya dari regulator depan dicopot juga motor nya yang rusak, terus regulator beserta gulungan kawat seling depan dimasukkan ke motor power window belakang.
 gambar 6 - karena buru-buru salah congkel
 gambar 7 - congkel, lho salah bukan yang ini, balikin lagi deh
Step-step :

  • Congkel plat penutup gulungan kawat seling (gambar 8). Sorry ga foto kunciannya, cuman ada dua aja kok, kalau lihat barangnya pasti ngerti deh.

gambr 8 - penutup gulungan kawat seling 
 gambar 9 - gulungan kawat seling terlihat

  • Berikutnya lepas gulungan berikut dudukan kawat seling ke arah regulatornya, sehingga nampak seperti gambar 10. Setelah step ini maka motor bagian kanan belakang sudah siap untuk dipindahkan ke regulator depan sisi supir.

 gambar 10 - motor sudah terlepas dari regulator

  • Siapkan motor sisi supir, awalnya newbie coba mau lepas di pintu tanpa lepas regulator, ternyata space untuk keluarkan terlalu sempit, mau ga mau lepas regulator juga. Selain itu pertimbangan gulungan kawat seling bagian depan mudah terurai, jadi mending dilepas aja biar mudah nahan gulungan kawatnya.

gambar 11 - regulator depan dan motor power windownya siap untuk dipindahkan

  • Nah terlihat di gambar 11, sama sebenernya sudah, ada penutup gulungan kawat di motor power window sisi depan.
  • Congkel plat penutupnya, hasilnya mirip dengan gambar 9
  • Lepas gulungan kawat seling depan, hasilnya mirip dengan gambar 10. Cuman hati-hati untuk gulungan depan lebih mudah terburai, jadi tahan aja dengan tangan jangan sampai terburai biar ga ribet gulung ulang.
  • Berikutnya pindahkan gulungan kawat seling depan ke motor power window belakang yang sudah disiapkan. Dukukan plastik putihnya sama persis kok, jadi benar-benar plug and play.
  • Nah kendala yang terjadi adalah posisi kotak logam di motor PW belakang yang akan menggerakan gulungan kawat bisa ga sama dengan posisi gulungan kawat PW depan, jadinya ga bisa masuk, perlu diputer dulu biar pas. Kendalanya adalah buat muterin logam kotaknya.
  • Karena newbie kerjain sendirian dan takut gulungan kawat regulator terburai, maka newbie ikat gulungannya dengan tali rafia dulu.
  • Berikutnya untuk memutar logam kotak bisa dengan cara dialiri listrik supaya berputar, cuman kalau seperti ini mesti banyak coba-coba ngepasin, newbie putuskan langsung keluarkan rotornya biar logam kotaknya bisa diputer-puter dengan tangan. Cara keluarkan rotornya pernah newbie ulas di sini. Cuman ini dilakukan posisi di luar pintu jadi jauh lebih mudah.
  • Pas kan kotak pemutarnya dan paskan posisi plastiknya, masuk deh gulungan kawat seling ke motor power window belakang
  • Pasang kembali plat penutupnya yang awalnya dicongkel di gambar 8 dan 9.
  • Siap ditesting apakah bisa naik turun dengan dialiri listrik.
  • Berikutnya adalah ganti soket, karena bagian depan ada 5 kabel sedangkan bagian belakang hanya 2 kabel, jadi bentuk soket beda, perlu dipindahkan.
  • Untuk pindah soket ada 2 cara, lepas pin dari soket atau potong kabel dan solder. Newbie cara potong kabel aja deh biar cepet kelar. Potong dan solder, testing jangan sampai salah pasang. Kalau kebalik saat tombol PW ditekan naik malah kaca turun dan sebaliknya.
  • Pasang kembali regulator dan kaca, balikkan doortrim dan selesai. Ada baiknya dites dulu biar ga sampai selesai baru ketahuan kalau kebalik / bermasalah.


regards,
singachu

Comments

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin