Senin, 19 Agustus 2013

Tutorial DIY Carbon Clean Nissan Grand Livina {515635}

 gambar 1 - tools
Kemarin liburan mumpung bisa santai di rumah dan ada waktu buat bongkar mobil, ane carbon clean livi ogut pake cara RSJM. Carbon clean RSJM sebenernya bisa dilakukan sendiri, cuma bedanya reset ECU pakai cara manual (kecuali punya Consult III). Bedanya reset manual vs consult, kalo reset manual timing harus pas + olahraga kaki, consult tinggal klak klik aja Untuk idle air learning, kalau pakai consult jika ada parameter yang belum tercapai, dikasi tau...misalnya temperatur coolant belum panas, kalo manual harus kira-kira sendiri. Langsung aja ini dokumentasi dan tutorialnya....


1. Peralatan yang diperlukan sbb:
- Obeng Flat
- Tang jepit
- Kunci sok 8mm & 10mm + Handle (bisa yang ratchet atau biasa)
- Extension bar kunci sok 6" & 3"
- Kunci busi deep socket 14mm
- Kunci L (hexagonal) 5mm
- Engine conditioner (ane pake merk DCS)
- Lembaran kardus 30cm x 10cm
- Kain lap
- Sikat gigi
- Senter
- Pemberat
- Selang diameter 6-8mm, panjang 10-15cm (optional)

- Magnetic pickup tool (optional)

2. Untuk mempermudah lepaskan dulu air scoop. Cungkil kancing pengunci menggunakan obeng flat kemudian tarik air scoop sesuai urutan dan tanda panah


 gambar 2 - air scoop
3. Lepaskan selang flexible dan selang breather mesin. Buka baut klem selang flexible (lingkaran merah) menggunakan kunci sok dan selang breather (lingkaran hijau) menggunakan tang jepit
 gambar 3 - selang flexible
4. Geser tangki reservoir radiator dari tempatnya, cukup tekan klip pengunci yang dilingkari merah. Selang di tangki tidak perlu dilepas, cukup geser saja tangkinya ke kanan agar tidak menghalangi intake
 gambar 4 - reservoir tank
5. Buka 4 baut throttle body menggunakan kunci sok 8mm + extension bar 3 inch. Selang dan kabel di throttle body JANGAN dicabut, cukup geser saja thottle body ke kanan.
 gambar 5 - throttle body
6. Setelah throttle body digeser, tepat dibawahnya ada baut 8mm, buka menggunakan kunci sok
 gambar 6 - baut intake 1
7. Buka 2 baut EGR pipe menggunakan kunci 10mm + extension bar 6 inch (lingkaran merah). Lepas soket dan selang EVAP canister purge (tarik sesuai tanda panah, klem dibuka menggunakan tang jepit)
 gambar 7 - EGR dan Evap Canister
8. Geser lagi ke kiri, buka baut intake lagi (lingkaran merah) dan selang booster rem (lingkaran hijau, buka klem menggunakan tang jepit)
 gambar 8 - baut dan selang booster rem
9. Sekarang geser ke bagian bawah intake, buka semua baut yang dilingkari merah dan cabut soket yang dilingkari hijau
 gambar 9 - baut bawah intake
 gambar 10 - baut bawah intake
10. Sekarang semua baut pengikat intake sudah terlepas, lepas intake mulai dari bagian pojok kanan bawah yang terhalang kabel, setelah bagian ini lolos, intake tinggal diangkat.

11. Lepaskan semua baut dan soket koil. Setelah itu cabut koil, tinggal ditarik ke atas
 gambar 11 - baut koil
12. Buka busi menggunakan kunci busi deep socket 14mm + extension bar 6 inch. Untuk mengambil busi yang sudah dibuka, bisa menggunakan magnetic pickup tool, jika tidak ada bisa menggunakan koil, tekan koil sampai ujung busi masuk ke koil lalu angkat koil + businya
 gambar 12 - buka busi
13. Semprotkan engine conditioner ke lubang busi, bisa dibantu selang agar cairan langsung masuk ke combustion chamber. Semprotkan juga ke throttle body, EGR pipe dan mulut intake. Langsung lap sisa cairan di throttle body dan EGR pipe agar tidak mengenai komponen lain, jika cairan mengenai komponen lain, langsung bersihkan menggunakan kain lap. Saat membersihkan throttle body, jangan sampai mengenai lempengan di dalam throttle body
 gambar 13 - semprot engine conditioner ke combustion chamber
 gambar 14 - semprot engine conditioner ke throttle body 
  gambar 15 - semprot engine conditioner ke intake port
14. Biarkan cairan yang masuk ke intake dan lubang busi bereaksi merontokan kotoran, tunggu 30-45 menit. Tutup lubang busi menggunakan kardus dan diberi pemberat
 gambar 16 - tutup lubang busi
15. Sembari nunggu, kita bersihkan saluran intake yang sebelumnya dilepas. Di sisi kanan ada motor yang menggerakan flap di mulut intake. Buka bautnya menggunakan kunci hexagonal, lalu angkat motor beserta covernya
 gambar 17 - motor intake
 gambar 18 - motor intake 
  gambar 19 - motor intake
16. Semprotkan engine conditioner ke mulut intake, dan lubang intake yang terhubung ke throttle body
gambar 20 - intake manifold
17. Tunggu cairan bereaksi. Setelah di cek ternyata ada kotoran yang tidak bisa luntur dengan hanya disemprot engine conditioner. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan

 gambar 21 - stubborn dirt
 gambar 22 - stubborn dirt
18. Keluarkan sisa cairan engine conditioner di dalam intake. Jika mau benar-benar bersih, intake bisa dibilas menggunakan air. Tapi sebelumnya lepas dulu EVAP canister purge (soket di kanan atas intake), buka 2 sekrup untuk melepas EVAP canister purge
 gambar 23 - flush
19. Keringkan intake, jemur sebentar jika sebelumnya dibilas menggunakan air. Pasang kembali motor intake
 gambar 24 - intake before vs after
20. Kembali ke mesin, di mulut intakenya juga banyak kotoran yang tidak bisa luntur karena sudah terlalu tebal. Bersihkan dengan kain lap.
 gambar 25 - stubborn dirt 2
21. Untuk membersihkan ruang bakar, dengan posisi lubang busi masih ditutup kardus + pemberat. Start mesin menggunakan kunci kontak...start mesin??...ya start mesinnya,tapi mesin tidak akan bisa nyala karena busi dicabut, hanya piston akan bergerak naik turun, fungsinya untuk mendorong sisa kotoran ke atas. Jangan kaget kalau nanti suaranya seperti mobil mogok , pasien RSJM harusnya sudah familiar sama bunyi ini...
Caranya, putar kunci kontak ke posisi start, tahan 5 detik...lepas, lalu ulangi lagi 2-3 kali. Setelah itu ganti kardus penutup, karena kotoran yang terdorong ke atas akan menempel di kardus. Ulangi proses ini sampai kotoran yang menempel di kardus berkurang
 gambar 26 - kardus kotor
 gambar 27 - kardus kotor
22. Setelah kotoran yang menempel di kardus berkurang, ulangi prosesnya hanya kali ini tanpa kardus penutup, agar sisa-sisa kotoran kecil langsung terbuang. Ulangi proses sampai bagian atas piston bersih. Kemudian cek bagian atas piston, intip dari lubang busi + senter, bagian atas piston harus sudah bersih. Sisa kotoran di dinding lubang busi dibersihkan menggunakan kain lap

23. Setelah bersih, pasang kembali busi, koil, saluran intake, throttle body dan selang flexible seperti semula. Pastikan semua baut, selang dan soket terpasang, JANGAN sampai ada yg tidak terpasang

24. Start mesin. Mesin akan menyala, disertai asap putih tebal keluar dari knalpot. Ini adalah sisa kotoran + engine conditioner yang belum keluar. Injak pedal gas berulang kali sampai asap yang keluar berkurang
gambar 28 - exhaust smoke
25. Masuk ke kabin, jangan kaget kalau CEL (Check Engine Light) nyala. Ini karena kita start mesin tanpa busi dan koil. Jadi muncul fault....untuk hapus faultnya cukup reset ECU manual 
 gambar 29 - CEL

Procedure Reset:

ECU Resetting Procedures
Timing is extremely critical. If it is NOT DONE within the specify time, the ECU will not reset and the Check Engine Light (CEL) will continue to remain ON. A stop watch or an analog clock with a second’s needle will be useful. 
Operations Procedures
1. Confirm that accelerator pedal is fully released, turn ignition switch “ON” and wait 3 seconds.
2. Repeat the following steps (2a and 2b) procedures quickly five times within 5 seconds.
2a. Fully depress the accelerator pedal (HARD).
2b. Fully release the accelerator pedal.
3. Wait 7 seconds, fully depress the accelerator pedal and keep it for approx. 10 seconds until the CEL starts blinking.
4. Fully release the accelerator pedal (while the CEL is still blinking)
5. Wait about 10 second.
6. Fully depress the accelerator pedal and keep it for more than 10 seconds.
7. Fully release the accelerator pedal (The CEL light will continue to blink).
8. Turn ignition switch to “OFF” position and now you can start the car. The CEL light should be gone.
If the CEL light continues to remain ON, repeat the above steps. Timing is EXTREMELY critical to resetting the ECU.

Jika RPM mobil jadi tidak stabil (naik turun), setelah reset ECU lakukan langkah seperti di link ini http://nissanhelp.com/diy/versa/projects/nissan_versa_idle_air_volume_learning.php
Idle Air Volume Learning Procedure:

2007-2011 Nissan Versa Idle Air Volume Learning Procedure
Idle Air Volume Learning is an operation to learn the idle air volume that keeps each engine within the specific range. It must be performed under any of the following conditions:

  • Each time electric throttle control actuator or ECM is replaced.
  • Idle speed or ignition timing is out of specification.

Instructions
Preparation
Before performing Idle Air Volume Learning, make sure that all of the following conditions are satisfied. Learning will be cancelled if any of the following conditions are missed for even a moment.

  • Battery voltage: More than 12.9V (At idle)
  • Engine coolant temperature: 70 - 100 C (158 - 212 F)
  • Park/neutral position (PNP) switch: ON (Shifter in Park or Neutral)
  • Electric load switch: OFF (Air conditioner, headlamp, rear window defogger)
  • Steering wheel: Neutral (Straight-ahead position)
  • Vehicle speed: Stopped
  • Transmission: Warmed-up (Drive vehicle for 10 minutes.)

Procedure
1. Perform "2007-2011 Nissan Versa Accelerator Pedal Released Position Learning"
1.1 Make sure that accelerator pedal is fully released.
1.2 Turn ignition switch ON and wait at least 2 seconds.
1.3 Turn ignition switch OFF and wait at least 10 seconds.
1.4 Turn ignition switch ON and wait at least 2 seconds.
1.5 Turn ignition switch OFF and wait at least 10 seconds.

2.  Perform "2007-2011 Nissan Versa Throttle Valve Closed Position Learning"
2.1.Make sure that accelerator pedal is fully released.
2.2.Turn ignition switch ON.
2.3.Turn ignition switch OFF and wait at least 10 seconds
2.3.a.Make sure that throttle valve moves during above 10 seconds by confirming the operating sound.

3. Start engine and warm it up to normal operating temperature.
4. Check that all items listed under the topic PREPARATION (previously mentioned) are in good order.
5. Turn ignition switch OFF and wait at least 10 seconds.
6. Confirm that accelerator pedal is fully released, turn ignition switch ON and wait 3 seconds.
7. Repeat the following procedure quickly five times within 5 seconds.
    a. Fully depress the accelerator pedal.
8. Wait 7 seconds, fully depress the accelerator pedal and keep it for approx. 20 seconds until the MIL stops blinking and turned ON.
9. Fully release the accelerator pedal within 3 seconds after the MIL turned ON.
10.Start engine and let it idle.
11.Wait 20 seconds.
12.Rev up the engine two or three times and make sure that idle speed and ignition timing are within the specifications.
    Idle speed = 650 ± 50 rpm (in P or N position)

26. Selesai

 gambar 30 - EGR
 gambar 31 - EGR
 gambar 32 - EGR
gambar 33 - EGR

by 515635
sumber : kaskus KLIK

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar