{Niladyo} Report ganti seal pulley crankshaft, seal OCV penyebab bocor oli, pergantian engine mounting, belt dan tensioner bearing

sumber : milis AIC
gambar 1 - Early Suspect dikira oil pan - Rembesan di sisi kanan mesin
Gara-gara penasaran oli rembes di sekitaran bagian samping oil pan kanan atas, radarada curiga jangan-jangan seal crank shaft (gambar 1), OCV (gambar 7 dan 10) seperti yang rekan-rekan pernah alami sebelumnya.
Diagnosa service advisor Beres UMC Waru Surabaya rupanya salah, saat free general check up sebelumnya, suspect rembesan dari oil pan, jadi ada rencana overhaul oil pan.
Ternyata kejadian seal-seal di atas betulan semua kecurigaan tersebut. Ketambahan satu bearing tensioner atau "Pulley Belt Tension" full heavy metal yang sudah kering dan bersuara kasar saat diputar (serasa berpasir) (gambar 9).
Setelah car lifted, ketahuan semua, 2 engine mounting depan belakang musti pensiun (gambar 5), emon kanan retak rambut (gambar 12), masih bisa dipakai sih - tapi mulai turun, setelah ditimbang-timbang akhirnya ganti semua 3 (depan, belakang, kanan). Fan belt udah 4 tahun kali belum diganti, ha2..hanya retak-retak, masih utuh jahitannya..(gambar 2 dan 14) :), begitu juga seal OCV-nya saja yg diganti (gambar 10).

 gambar 2 - Belt water pump yang retak

 gambar 3 - Turunkan Cross member / subframe chasis
 gambar 4 - subframe chasis letak engine mounting depan dan belakang
 gambar 5 - Engine mounting Front (gambar kanan) dan Rear (gambar kiri)
 gambar 6 - Lokasi Engine Mounting Kanan
 gambar 7 - Rembes dari seal OCV
 gambar 8 - Lokasi Seal Crank Shaft sumber bocor oli
 gambar 9 - Bearing Tensioner
 gambar 10 - Seal OCV
 gambar 11 - Seal Crankshaft
 gambar 12 - Engine Mounting kanan
 gambar 13 - Carefully Lifted
gambar 14 - Water Pump Belt dan Belt AC/PS serta sealer oil pan just in case
Total setelah discount 15% jasa, dan 10% parts (discount anggota AIC Surabaya) -- Rp 3,277,374,-

Berikut break down jasa after discount 15%.
- jasa 3 emon - 328,440
- fan belt - 158,270
- ganti oli - 14,280
- ganti seal OCV, seal crankshaft, bearing tensioner - 382,466

Parts after discount 10%.
- ring tap oil - 2,000 (no discount karena local).
- threebond liquid gasket - 22,750 (no discount karena local).
- SGP seal oil 41x53x6 (OCV) - 40,745 
- SGP clip plastik 5pcs - 39,681
- SGP emon RH - 456,218
- SGP emon RR - 277,854
- SGP emon FR - 227,454
- SGP filter assy - 70,281
- SGP gasket OCV - 17,590
- SGP belt comp - 35,181
- SGP pulley belt tensioner bearing - 633,763
- SGP belt water pump - 29,454
- SGO 5W-30, 4.5l  - 243,000

Finally, rawat inap 2 malam di Beres - siang tadi selesai - sedari suara-suara aneh, agak gemuruh halus, anomali, serasa heavy fuel cut hilang semua, sangat halus, senyap, dan langsam 7km/j smooth enak sekali, dan oh ya tanpa perlu over haul oil pan.

Salam,
Niladyo® • AIC 328

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G