DIY : Step-step cara buka kain jok Next G untuk dicuci dengan mesin cuci

gambar 1 - proses buka kain jok untuk dicuci dengan mesin cuci
[
Dari post di sini yang buka fabric jok Aerio untuk dicuci, bikin newbie pingin melakukan hal yang sama di Next G. Dulu pernah coba pakai pembersih macam-macam termasuk Scotch Gard, namun hasil masih jauh dari yang diharapkan. Nah kalau bisa dilepas bisa cuci dengan air dan sabun harusnya lebih ok, malah bisa masukin mesin cuci, harapannya sih mantap.
Dari bincang-bincang sepertinya ada gambaran dikit karena dari report yang lalu tidak ada detail step-stepnya. Ya memang susah sih DIY sambil foto-foto sendirian, newbie kali ini bikin foto-foto step-step sebisanya, cuman beberapa foto diambil waktu proses pasang jadi jangan terlalu bingung kalau fotonya sedikit berbeda karena newbie coba urutkan step dengan foto yang ada.
Langsung saja ya, harap maklum kalau foto-foto tidak lengkap dan agak dipaksakan untuk jadi step yang berurutan, termasuk jam di foto ga usah diliat yah.

O ya, ternyata kain jok ini ada beberapa bagian yang dilem, jadi waktu menarik pelan-pelan kalau busa jok ikut terkelupas, bisa dibantu kupas dulu pakai jari pelan-pelan, jangan diterus-teruskan langsung tarik supaya busanya tidak banyak terkelupas. Ya karena mobil dah 14 tahun jadi lem-nya beberapa sudah lepas. Untuk pemasangan akhir newbie tidak lakukan pengeleman lagi, hasilnya tetap rapi mengikuti curve-nya. Soal apakah geser, untuk sementara ini dengan test duduk dan digoyang-goyang, hasilnya baik-baik saja rapi dan tidak bergeser, tapi belum benar-benar di test drive sih.

Untuk jok depan kanan dan kiri sebenarnya sama saja, bedanya di kiri ada laci di bawah jok, sedangkan yang kanan bentuk besi pengikat tempat duduk agak berbeda dengan kiri karena sisi driver ada pengatur ketinggian tempat duduk.

Step-step melepas kain jok depan - bagian sandaran :
  • Lepas headrest lalu keluarkan jok dari mobil agar lebih leluasa. Ada 4 baut dengan kunci 14mm, masing-masing ada di ujung kaki kursinya. 
    O ya sedikit tips, setelah baut dilepas, baik proses mengeluarkan ataupun proses setelahnya sampai terpasang, jangan sekali-kali menarik tuas penggeser maju-mundur jok. Karena kaki kanan dan kiri bisa bergerak indipendent yang membuat kedudukan kedua kaki bisa tidak sejajar lagi. Newbie pernah mengalami, sedikit susah mengatur lagi saat akan pasang ulang di dalam mobil. Kalau kita sadar waktu mengangkat dan seterusnya tanpa memegang tuas pengeser jok maka proses pasang ulang ke mobil akan mudah karena langsung pas.
gambar 2 - bagian belakang jok kanan depan
  • Di belakang bawah (gambar 2), pengikatnya adalah 2 lonjor plastik berbentuk huruf J (kita namakan J-hook saja ya). Kedua J-hook tersebut saling berkaitan (gambar 2 yang dilingkari merah). Untuk melepasnya, tekan kain yang atas ke bawah melewati J hook yang bawah, hasilnya lepas seperti gambar 2.
  • Setelah J-hook terlepas, dari depan sandaran, tarik kain yang bagian bawah ke arah depan. Untuk memudahkan menarik kedepan, sandaraan reclyning bisa sedikit direbahkan.
gambar 3 - kain jok depan bagian sandaran mulai terlepas
  • Setelah itu tinggal dari kanan dan kiri, depan belakang mulai tarik ke arah atas, sampai terlepas seperti di gambar 3. Hati-hati kalau ada lem ya, jadi perhatikan apakah busa jok ikut terkelupas atau tidak.
  • Setelah tertarik ke atas, jok masih tertahan plastik dudukan lubang headrest. Untuk melepasnya, kain sedikit digeser ke satu sisi sampai melewati plastik dudukan lubang headrest dan geser ke sisi satunya.
  • Selesai melepas sandaran jok depan (kursi kanan dan kursi kiri sama saja step-nya).

Step-step melepas kain alas duduk jok depan :
  • Balik jok letakkan di meja atau kursi lain supaya kita  mudah mengakses bagian bawah dari jok.
gambar 4 - bagian bawah alas duduk jok kanan depan (driver)
  • Untuk jok kiri karena ada laci plastik, maka lepaskan dulu. (maaf lupa foto).
    Caranya tarik lepas dulu laci plastiknya, sehingga menyisakan rel/dudukan untuk laci. Ada 4 sekrup yang mengikat rel dudukan laci, 2 di depan dan 2 di belakang, lepas menggunakan obeng plus. Bila sudah maka akan nampak seperti gambar 4.
  • Lepas 4 baut pengikat alas duduk depan. Bautnya nampak di gambar 4 yang dilingkari, buka dengan kunci 12 mm.
  • Sampai sini alas duduk sudah terlepas dari kerangka, jadi pindahkan kerangka ke tempat lain dan kita kerja dengan alas duduknya saja.
gambar 5 - 4 buah J-hook yang mengikat kain alas duduk
  • Nah perhatikan gambar 5 yang dilingkari merah, ada 4 J-hook yang mengikat kain jok di sisi depan, belakang, kiri dan kanan. Lepaskan dengan bantuan obeng minus agar hook melewati plat besi.
    (Jangan bingung ya karena foto-nya agak campur-campur, gambar 5 adalah jok kiri depan, kalau diperhatikan 4 baut pengikat tempat duduk masih terpasang - waktu foto newbie pikir ga perlu lepas, ternyata ada kain yang mau ga mau lepas baut, jadi biar lebih mudah narik kainnya lebih baik lepas total)
gambar 6 - empat buah J-hook sudah terlepas
  • Lepas keempat J-hook seperti terlihat di gambar 6. Tanda panah merah adalah J-hook dan plat besi tempat J-hook terkait. Pakai obeng minus membantu mencongkel sedikit.
gambar 7 - jok alas duduk dibalik lagi
  • Setelah itu, di lepaskan kain dari sisi bawah ke sisi atas sampai terlihat seperti di gambar 7. Caranya lewat sisi depan bisa depan kiri atau depan kanan, tekan busa "lumbar support" nya supaya kainnya bisa lolos ke atas, lalu dilanjutkan di sisi satunya.
  • Setelah busa bagian depan bisa dilewati oleh kain jok, maka tegangan kain bagian belakang akan lebih longgar, sehingga kain bagian belakang bisa ditarik ke atas melewati busa. Hasilnya seperti di gambar 7.
gambar 8 - kain jok bagian alas duduk depan sudah terlepas
  • Berikutnya tinggal lepas saja, kalau dilihat di gambar 8 adalah bekas lem. Jadi waktu tarik lepas sekali lagi hati-hati jangan sampai busa jok ikut terkelupas.
  • Selesai melepas kain alas duduk depan. Bagian kursi depan baik supir dan penumpang caranya sama saja.
gambar 9 - kain jok alas duduk kiri depan, kotor dan bercak-bercak, siap dicuci
gambar 10 - hasil setelah dicuci dan dipasang, bandingkan dengan gambar 9



Untuk kursi belakang, antara alas duduk dan sandaran memang terpisah bukan satu frame seperti kursi depan. Sandaran terpisah 40:60. Bagian kanan yang 60% lebarnya ada bagian arm-rest di tengah. Untuk melepas sandaran kanan dan kiri caranya sama, dan hanya diikat oleh dua baut saja, sisi tengah dan sisi dekat pintu.

Step-step melepas kain jok sandaran belakang :

  • Rebahkan ke depan sandaran belakang.
  • Nanti terlihat ada paku-paku plastik yang mengikat kain karpet ke bagian belakang sandaran jok. Lepas saja terutama bagian pojok agar kita mudah mengakses baut pengikat sandaran ke body mobil (gambar 11 yang dilingkari merah).

gambar 11 - baut sisi tengah untuk sandaran jok kanan belakang

  • Lepas 2 baut pengikat, gambar 11 nampak baut sisi tengah, satu lagi ada di sisi pinggir dekat pintu.
  • Setelah 2 baut tersebut terlepas maka sandaran bangku belakang bisa dikeluarkan dari mobil. (Sisi kanan dan kiri caranya sama saja).
  • Setelah dikeluarkan dari mobil, untuk kursi belakang kanan prosesnya adalah melepas arm-rest tengah dulu dari sandaran, sedangkan untuk kursi belakang kiri tidak perlu dan prosesnya akan lebih mudah.
  • (Untuk sandaran kanan belakang saja) Untuk melepas arm-rest tengah dari sandaran kanan belakang, caranya dengan membuka plastik penutup dua mur. Maaf kelupaan ga foto.
    Plastiknya bisa dilihat di gambar 11 dekat dengan jempol. Congkel lepas pakai obeng minus, penampakan penutupnya bisa dilihat di gambar 12 berikut, yang no 1.
    Sedangkan gambar 12 no 2 itu adalah engsel / as tengah dari arm-rest, terlihat ada 2 lubang, nah dua lubang itu diikat oleh dua mur yang perlu kita lepaskan.
gambar 12 - bagian-bagian dari arm rest tengah
  • (Untuk sandaran kanan belakang saja) Setelah plastik penutup dicongkel (gambar 12 no 1), maka nampak 2 mur, lepaskan dua mur tersebut. 
  • (Untuk sandaran kanan belakang saja) Setelah kedua mur itu terlepas, berikutnya perhatikan gambar 12 no 2, ada batang yang panjang, itu adalah poros yang masuk ke dalam arm-rest, sisi luarnya berupa mata baut (maaf ga kefoto juga). Lepaskan baut tersebut. Namun di step ini baut berikutnya hanya akan muter di tempat saja karena sebenarnya tertahan oleh spi / circlip (gambar 23). Jadi cukup sampai bautnya mutar di tempat.
  • (Untuk sandaran kanan belakang saja) Tarik arm-rest tengah ke arah samping dan sekarang arm-rest tengah sudah terpisah dari sandaran bangku kanan belakang. Letakkan dulu arm-rest nya dan kita kerjakan melepas kain jok dari sandaran.
gambar 13 - klip plastik bagian belakang sandaran kiri belakang
  • Berikutnya adalah melepas semua klip plastik di sekeliling bagian belakang sandaran. Untuk melepas klip bisa dicongkel dikit dengan obeng minus supaya tang lancip bisa masuk, berikutnya jepit dengan tang lancip dan tarik/congkel keluar. Nampak di gambar 13 yang dilingkari merah semua klip plastik sudah terlepas. Gambar 13 adalah sisi kiri, untuk sisi kanan sama saja namun klip plastiknya lebih banyak.
gambar 14 - kain yang dikaitkan ke plat besi (sandaran kiri belakang)
  • Setelah semua klip plastik terlepas, singkap kain karpet penutup, nampak plat belakang dan nampak pinggiran kain dikaitkan ke plat belakang (gambar 14). Lepas semua kaitan kain ke plat, plat bisa dicongkel pakai obeng minus untuk mempermudah melepas kaitan kain.
gambar 15 - sisi atas berupa kawat yang dikaitkan ke plat
  • Setelah semua kain dilepaskan dari kaitan plat, buka lagi dan nampak sisi atas bukan kain yang dikaitkan ke plat tapi kawat yang dikaitkan ke plat (gambar 15). Newbie pakai cara tekuk plat dan lepaskan kawat dari kaitan plat. 
gambar 16 - kawat sisi atas sudah terlepas dari plat
  • Setelah terlepas, keluarkan kawatnya dari kain supaya kain bisa masuk ke mesin cuci.
  • Tarik kain dari sisi kiri dan kanan ke arah depan melewati busa.
  • Bagian atas akan tertahan oleh dudukan head-rest. Lepaskan kain melewati dudukan head-rest seperti halnya dilakukan untuk kain sandaran jok depan.
gambar 17 - Pengunci sandaran belakang
  • Pada sandaran belakang juga terdapat tuas untuk mengunci / melepas sandaran (gambar 18). Supaya kain bisa melewatinya, lepas dulu tuas plastiknya dengan cara memutar berlawanan dengan jarum jam, setelah tuas plastik terlepas, maka kain jok sudah bisa dilepaskan.
  • Untuk sandaran jok kiri belakang stepnya selesai sampai di sini, sedangkan untuk sandaran jok kanan belakang, masih tertahan di area arm-rest yang sudah dilepas, karena di sana ada 3 kaitan kawat yang perlu dilepaskan dulu.
 gambar 18 - kaitan kawat bawah arm-rest
 gambar 19 - kaitan kawat sisi kiri dari arm rest
gambar 20 - kawat dan kaitan sisi kiri dari arm-rest
  • (Untuk sandaran kanan belakang saja) Untuk sandaran kursi sisi kanan belakang dari coakan tempat arm-rest yang sudah dilepas di step sebelumnya kain masih terikat pada busa jok karena ada 3 kawat masing-masing sisi bawah, sisi kiri dan sisi atas.
  • (Untuk sandaran kanan belakang saja) Kita mulai dari sisi bawah, pada gambar 18 nampak ada 2 kaitan, yang kiri dari kawat berbentuk huruf J, sedangkan yang kanan dari plastik berbentuk huruf C. Kawat yang mengikat kain terkait ke dua kaitan ini. untuk melepas jepit kawat dengan tang lancip tekan melewati loop huruf J dari kawat. Setelah terlepas tarik dengan hati-hati melewati loop huruf C dari plastik putih di gambar 18). Jangan dipaksa ya supaya tidak patah plastiknya, kelihatan kok lubangnya sebelah mana.
  • (Untuk sandaran kanan belakang saja) Setelah kawat sisi bawah terlepas, kita lanjutkan sisi samping kiri, kawatnya lebih panjang dan semuanya terkait dengan kawat berbentuk huruf J (gambar 19). Gunakan tang lancip untuk menjepit kawat, tekan melewati loop huruf J, hasilnya terlepas seperti seperti di gambar 20. Di sisi sini ada beberapa hook, kalau ga salah ada 4, ya tinggal disesuaikan saja.
  • (Untuk sandaran kanan belakang saja) Berikutnya kawat sisi atas, di sisi sini ada 2 kawat berbentuk huruf J, lepaskan dengan cara yang sama. hasilnya terlihat di gambar 21
gambar 21 - sudah terlepas dari coakan arm-rest tengah
  • (Untuk sandaran kanan belakang saja) Supaya memudahkan proses cuci di mesin cuci, tarik lepas 3 kawat dari kain jok belakang kanan.
  • Selesai untuk melepas kain dari sandaran jok belakang.

Step-step melepas kain arm-rest tengah belakang :
  • Dari step sebelumnya, kita sudah memisahkan arm-rest dengan sandaran bangku belakang kanan.
gambar 22 - lepas kaitan J hook (lingkaran hijau)
  • (Jangan bingung as sudah terlepas dari arm-rest ya, karena fotonya telat ambil). Pada bagian bawah arm rest, kain saling bertautan karena ada J-hook hitam dan plastik putih yang berkaitan, congkel dengan obeng minus untuk lepaskan kaitannya.
gambar 23- circlip yang mengikat baut as tengah / engsel arm-rest
  • Setelah J-hook terlepas, singkap sisi kiri dan kanannya untuk melihat lebih jelas engsel arm-rem. Nampak di satu sisi adalah circlip (gambar 23) yang membuat as tengah tidak bisa dicabut saat kita memisahkan arm-rest dari sandaran. Lepas circlip (gambar 23), selanjutnya tarik as tengah ke sisi satunya. Maka akan terlepas seperti nampak di gambar 22. Nampak as panjang (gambar 22 panah merah) yang merupakan engsel dari arm-rest sudah terlepas.
gambar 24 - drink holder terlepas dari arm-rest
  • Berikutnya kita lepas drink holder dari arm-rest, caranya buka penutup drink holder, maka terlihat ada 1 sekrup. Buka dengan obeng plus, setelah itu tarik lepas drink holder sehingga nampak seperti gambar 24, tanda panah merah adalah letak sekrup yang mengikat drink holder.
gambar 25 - kaitan kain di arm-rest tengah
  • Lepas kaitan kain ke plat di arm-rest tengah (gambar 25 panah merah)
  • Tarik kain dari bawah ke atas
gambar 26 - holder penarik kuncian arm rest
  • Geser kain melewati holder di gambar 26
  • Selesai, kain sudah terlepas dari arm-rest.


Untuk alas duduk jok belakang Next G berbeda dengan Aerio. Pada Aerio alas duduk dapat ditekuk kedepan terpisah antara kanan dan kiri dengan perbandingan 60:40. Sedangkan pada Next G tidak dapat ditekuk kedepan namun tetap dapat dilepas, alas duduk menyatu antara kanan dan kiri.

Step-step melepas kain alas duduk jok belakang :

  • Lepaskan alas duduk bangku belakang keluar dari mobil.
gambar 27 - bagian bawah alas duduk
  • Balik untuk melihat sisi bawah. Nampak di gambar 27 adalah kaitan ke busa jok. Kaitan berupa kawat bundar dilingkarkan, untuk sisi panah hijau kawat bundar langsung dikaitkan ke kain, sedangkan panah merah (sisi depan) kawat bundar dikaitkan ke lonjoran kawat.
gambar 28 - kawat bundar pengikat kain
gambar 29 - kawat bundar dibuka
  • Jepit kawat bundar dengan tang dan putar-putar sampai terlihat sambungan kawat bundar (gambar 28). Renggangkan sambungan dengan tang dan obeng minus seperti gambar 29 supaya kain / kawat yang terkait oleh kawat bundar ini bisa dilepaskan.
  • Lakukan step di atas untuk seluruh kaitan yang ada di sekeliling bangku. (Banyak, jadi mayan pegel).
  • Setelah semua kaitan kain sudah terlepas, tarik kain ke sisi atas, mulai dari sisi belakang alas duduk. Hati-hati bila ada lem, lakukan dengan perlahan.
gambar 30 - busa jok alas duduk belakang tanpa kain penutup
  • Selesai untuk membuka kain alas duduk jok belakang.

Kita kumpulkan part-part pendukung yang terlepas :
gambar 31 - kawat-kawat yang dilepas dari kain jok
gambar 32 - kawat-kawat yang dilepas dari kain jok
Gambar 32 adalah kawat yang sudah dilepas dari kain jok.
  • No 1 yang paling panjang, dilepas dari alas duduk jok belakang
  • No 2 yang lebih pendek dari no 1, dilepas dari sisi atas sandaran jok kanan belakang
  • No 3 yang lebih pendek dari no 2, dilepas dari sisi atas sandaran jok kiri belakang
  • No 4 yang kawatnya lebih tebal, dilepas dari sandaran jok kanan belakang sisi coakan arm-rest sisi kiri
  • No 5 dan 6 kawat tebal pendek, dilepas dari sandaran jok kanan belakang sisi coakan arm-rest sisi atas dan bawah.

gambar 33 - part dari arm-rest
Dari gambar 33 :

  • No 1 adalah plastik penutup
  • No 2 adalah as tengah / engsel dari arm rest
  • No 3 adalah drink holder yang ada di arm rest
  • Klip-klip plastik untuk bangku belakang ada di wadah campur dengan baut-baut

 gambar 34 - siap dicuci
 gambar 35 - ternyata ga muat untuk sekali cuci

Nampak di gambar 35 sedang proses cuci dengan mesin cuci sedangkan di luar masih ada yang tidak bisa masuk. Jadi bikin 2 kloter pencucian. Nah kalau mau lebih efisien supaya cepat kering, tidak perlu menunggu selesai bongkar semua untuk masuk mesin cuci. Newbie awalnya pikir muat dalam 1 mesin cuci. Yang membuat susah masuk adalah adanya J-hook plastik yang rada kaku.

 gambar 36 - air di dalam mesin cuci sewaktu proses cuci

Nampak di gambar 36 warna air di dalam mesin cuci sewaktu awal pencucian kloter kedua.
 gambar 37 - jemuran kloter pertama
gambar 38 - hasil cucian sedang dikeringkan

Nah kesalahan berikutnya yang newbie lakukan, kain jok agak kaku karena adanya J-hook plastik menyebabkan proses mesin cuci ga optimal, ga bisa "kucek" dengan optimal seperti kalau cuci baju. Ada baiknya sebelum masuk ke mesin cuci dilakukan sikat dan penyabunan manual dulu sebelum masuk ke mesin cuci. Pengeringan di mesin cuci berjalan baik, karena waktu newbie keluarkan dari mesin cuci kondisi hanya terasa lembab saja, dan dengan panas terik penjemuran, cepet bener keringnya sehingga newbie bisa langsung pasang hari itu juga secara keseluruhan semua kursi.

Nah berikutnya ini iseng aja sih, sambil nunggu mesin cuci yang kerja, plat bagian belakang sandaran bangku baris kedua ternyata berkarat. Baik kiri dan kanan sama saja berkarat. Newbie iseng cat, nah foto-foto di atas ada yang diambil waktu proses pasang dengan kondisi sudah di-cat, jadi sekali lagi jangan bingung ya, karena urutan step di atas newbie coba urutkan meski pengambilan fotonya sebenarnya tidak berurutan.

 gambar 39 - plat berkarat
 gambar 40 - setelah amplas dan sikat kawat, ditutupi busanya persiapan cat
 gambar 41 - cat hitam
 gambar 42 - iseng liat, sekalian lepasin busanya aja
 gambar 43 - kaitan head rest dan tuas pembuka kunci sandara dilepas
 gambar 44 - bagian baliknya sudah tanpa busa, amplas dan cat
gambar 45 - lha cat-nya abis padahal belum selesai, gpp lah

Berikutnya iseng lumasi mekanisme yang ada di frame depan pakai oli, sekalian ada foto dikit dibuang sayang :
 gambar 46 - mekanisme peninggi alas duduk sisi driver
gambar 47 - bagian belakang ada per sandaran jok depan

Panasnya sidoarjo bikin jok cepat kering euy, ga nyangka bisa kelar hari ini juga.

Step-step proses pasang sebenernya tinggal kebalikan dari proses bongkar, bahkan foto-foto di atas ada beberapa yang diambil saat pemasangan. Tapi gpp deh kita ulas dikit tapi ga usah terlalu banyak dikasih gambar ya, karena perulangan gambar di atas.


Step pasang kain jok depan :
  • Paling enak dimulai dari sandaran jok depan.
  • Pasang mulai atas, melewati holder head rest
  • Tarik ke bawah menyelimuti sandaran jok depan
  • Masukkan sisi depan bagian bawah sampai ke bagian belakang 
gambar 48 - J-hook sisi belakang
  • Kaitkan J-Hook dengan menarik sisi bawah ke atas dan sisi atas ke bawah. Untuk memudahkan pastikan step sebelumnya kain sudah tertarik rata ke bawah.
  • Selanjutnya ambil alas duduk depan
  • Pasang sisi atas alas duduk, juga sisi belakang dari alas duduk
  • kaitkan J-hook sisi belakang, kemudian tarik kain ke arah depan dan masukkan sisi pinggir depan melintasi busa ke arah bawah. kaitkan J-hook sisi depan
  • Kaitkan J-hook sisi kanan dan kiri (gambar 49)
 gambar 49 - J-hook terpasang semua

  • Pasang alas duduk ke frame (gambar 50)

gambar 50 - alas duduk terpasang pada frame
  • Untuk sisi kiri, pasang laci dimulai dari dudukan rel laci, kemudian dilanjutkan memasukkan laci plastik.
  • Pasang pada mobil. Paling enak kerjakan sisi driver dulu biar leluasa, karena sisi driver ada setir yang agak menghalangi proses masukin jok ke dalam mobil.

Step-step pasang kain arm rest :
 gambar 51 - pasang melewati dudukan tali pembuka arm rest

  • Masukkan kain dimulai dari sisi atas arm rest melewati dudukan plastik pengunci (gambar 51)
  • Tarik kain sampai bawah, selanjutnya kaitkan kain di lubang drink holder (gambar 42)

 gambar 52 - kaitkan kain ke lubang drink holder

  • Kaitkan J-hook di bagian bawah (gambar 53 warna hijau)
gambar 53 - J-hook pada arm-rest
  • Pasang as tengah dan pasang spi (gambar 54)

gambar 54 - as terpasang dan terkunci spi
  • Pasang drink holder dan kunci dengan sekrup
  • Selesai

Step-step pasang jok sandaran belakang kanan :
  • Masukkan 3 kawat di kain area coakan arm-rem dulu
  • Selanjutnya kaitkan kawat ke hook (gambar 55) dengan dibantu tang lancip. Mulai dulu dari sisi atas, kiri terakhir bawah.

gambar 55 - pasang kawat ke hook di area arm-rest tengah
  • Sarungkan kain jok ke atas, samping sampai ke belakang
  • Kaitkan kain melewati holder head-rest
  • Pasang tuas pengunci sandaran belakang
  • Pasang kawat ke sisi atas untuk dikaitkan ke plat belakang sisi atas (gambar 56)
 gambar 56
 gambar 57 - kaitkan

  • Kaitkan kawat ke plat pengait, tekuk platnya agak ke atas biar mudah masuk

gambar 58 - tekuk plat pengait

    • Tekuk balik platnya agar kawat tidak mudah lepas (gambar 58)
     gambar 59 - kaitkan seluruh kain ke plat

    • Kaitkan seluruh kain ke plat (gambar 59 yang dilingkari merah)
    • Pasang arm rest dan pasang dua mur, kencangkan baut as.
    • Pasang cover plastik ke samping arm-rest.

     gambar 60 - pasang di mobil

    • Pasang ke mobil, pasang 2 baut kiri dan kanan sebelum karpet dikunci pakai klip plastik

    gambar 61 - terpasang

    • Pasang klip plastik di sekeliling bagian belakang sandaran.
    • Pasang head rest dan tegakkan sandaran
    • Selesai

    Untuk step pasang sandaran belakang kiri, caranya mirip dengan yang kanan, lebih sederhana karena tidak ada arm-rest dan 3 kawat tebal. Namun tetap ada kawat sisi atas, jangan lupa dimasukkan dulu.

    Step pasang kain alas duduk jok belakang :

    • Masukkan kawat ke kain sisi depan.
    • Kaitkan kawat ke ring kawat kemudian mingkupkan kembali kawat ring

    gambar 62 - kawat ring

    • Setelah terkait, putar kawat ring supaya sambungan masuk di sisi dalam busa.
    • Lakukan sepanjang kawat / sisi depan.
    • Selubungkan kain jok, tarik-tarik supaya kencang sehingga pemasangan kaitan sisi belakang menjadi mudah

    gambar 63 - kaitkan

    • Kaitkan sisi belakang, mingkupkan kawat ring, putar kawat ring
    • lakukan untuk semua titik kaitan dan putar 
    • Lakukan juga untuk sisi kiri dan kanan
    • Pasang kembali ke mobil
    • Selesai

     gambar 64 - before machine wash
    gambar 65 - after machine wash

    Terlihat di gambar 64 dan 65 adalah before dan afternya. Lumayan lah. Dan Wangi soalnya pakai pewangi Dawny. Mobil jadi berasa seger.
    Gambar 65 kurang maksimal, mestinya disikat dulu secara manual sebelum masuk ke mesin cuci. Tapi ya namanya percobaan. Tadi buru-buru kuatir ga kering karena cuaca hujan masih terjadi. Eh ternyata cepet kering lho. Hasilnya sudah cukup memuaskan.  Sepadan dengan capeknya.

    regards,
    singachu

    Comments

    most read in a week

    DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

    Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

    DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

    DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

    DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

    DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan