DIY : Proses pembetulan dashboard aerio facelift yang retak {Yan AdhiPra}

 gambar 1 - dashboard retak-retak
otodiy.blogspot.com
DIY Ganti kulit dashboard soft-touch Suzuki Aerio Newmode/Liana/Next-G. Hemat 1.65 juta...bisa buat beliin nanospray istri wwk wkk...
Awalnya minta penawaran dari bengkel bekleding, dikasih harga 1.8 juta dijamin seperi baru lagi. Nanya teman, ada yg langsung lapis dapat harga 350 rb, bengkel dicari eh udah pindah, akhirnya berbekal info dan belajar dari yutub ditambah modal nekat yakin bisa, dikerjakan sendiri cuma habis 150 rb an. Hemat 1.65 juta.
Dashboard Suzuki Aerio ada lapisan busa di dalamnya, luarnya semacam rubber, jadi tidak full plastik ABS seperti mobil umumnya. Namun desain ini kurang cocok di iklim tropis Indonesia. Seperti halnya pada Toyota Harrier, setelah 5 tahunan akan timbul retak-retak dilapisan terluar.

Ada 2 metode yang digunakan: 
  1. Amplas atau dempul retaknya, kemudian dilapis langsung tanpa melepas dashboard.
  2. Lepas dashboard, buang kulitnya, amplas busanya baru kemudian dilapis, baru dipasang lagi dashboardnya.


Saya pakai cara poros tengah saja, dibuang kulitnya, diamplas dan dilapis tanpa melepas dashboardnya.
  1. Lepasin: kisi2 AC, cover speedometer, cover tengah dan headunit berikut framenya, dan panel display temperatur dan jam di atas dashboard.
  2. Kelupas perlahan-lahan kulit luar. Harus sabar dan telaten supaya busa tidak terangkat. Saya pakai jepitan rambut punya si kakak Audi (cek video). Kalau ada busa terkelupas, nanti tambal dulu.
  3. Amplas busa supaya rata, kalem saja ga usah terlalu di tekan. Saya pakai amplas nomer 24 kemudian bersihkan (cek video)
  4. Ukur kain pengganti, ukuran panjang 1.5 meter lebar 70 cm sudah cukup. Beli kain yang bagus sekalian.. MBt*ch/Autol*der. Lem kurang lebih 5 kaleng kecil.
  5. Oleskan lem di area busa dan kain yg akan ditempel. Sedikit sedikit per area saja, saran saya mulai dari lekukan paling susah di sekitar area speedometer. (panduan ada di yutub)
  6. Lubangi kain sisakan sekitar 10-15 mm dibagian kisi2 AC dan panel temperatur.
  7. Setelah semua menempel sempurna, potong lebihan kain selebar 5 mm di area yg akan diselipkan (bagian depan dekat kaca).
  8. Kasih lem dan tusuk dengan stik es krim kayu supaya masuk/terjepit diantara sambungan dashboard.
  9. Selesai, bersihkan dan pasang kembali kisi2 dan panel2 yg tadi dilepas di langkah no.1
  10. Silahkan "nge-lem" selama 2-3 hari di dalam Aerio...sebelum hilang sendiri baunya ha ha

Demikian, sebaik-baiknya suami, tidak ada yang lebih baik dari suami yang suka DIY, karena dia bisa mengatasi banyak hal-hal sepele.

Do It at Your own risk! Salam gerobak tua!
Menua bersama Aerio Merah Mesum AIC#318
 gambar 2
 gambar 3
 gambar 4
 gambar 5
 gambar 6
gambar 7

video 1 - kupas dashboard aerio

video 2 - amplas busa softtouch dashboard

Iqbal Izhar : om yan untuk yg ditekukan dekat spedometer sama yg dikiri dekat tuas wiper ngelemnya gimana? soalnya yg saya lepas mulu disitu.
sorry om...saya juga nyerah dibagian itu...jadinya saya potong saja, saya belinya kain yg murah, niatnya coba2. Saya start dari atas dashboard, ke kiri baru turun ke sekitar speedo, jadinya kain ketarik banget, makanya di tulisan ini saya saranin start dari kanan kiri speedo, baru naik trus ke kiri. Sebagian teman mengatakan di daerah lekukan itu perlu di hair-dryer om...dilem, dijepit sampai kering dulu, baru dilanjutkan, saya kapan2 rencana mau satu lapis lagi pakai kain Autoleder....start dari speedo. Demikian semoga membantu. Cara ngelem: oles kedua permukaan, tunggu sampai lem kering..5-10 menit.. baru tempel om...ini yang butuh waktu lama...lem kuat kok, masalah saya cuma kain ditarik kurang elastis...

by Yan AdhiPra
sumber : facebook

Comments

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}