Posts

Showing posts from 2018

Restorasi kaki-kaki / understel aerio new model 2004 {iqbal izhar}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Project pengerjaan restorasi kaki" Aerio newmode 2004. penggantian shockbreaker depan IKYB, support shock Japoon,link stabil heiker,karet stabil,bearing shock,karet ganjal support, karet debu shock, karet damper shock, cv joint dalam kanan NKN, cv joint kanan luar Heiker, laher as intermediet NTN, support shock belakang Japoon, karet stabil belakang, link stabil belakang Heiker, karet damper shock. pengerjan kurleb 2 hari. bunyi kret" belok kiri, gemuruh kena jalan gelombang, belok kiri bunyi tek tek, masuk gigi rendah bunyi jedug. belakang bunyi gruduk" dan glotak". biaya kurleb abis 4000an alias 4jt semuanya. senyap skrng jadinya ilang semua bunyinya. alhamdulilah gak jadi dijual 🀣🀣🀣 credit to owner om Ahmad Nofan AIC 642 Jambi.

Ganti bearing alternator grand livina penyebab bunyi ngorok {kedensa}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
numpang posting suhu...
DIY abis Ganti Bearing Alternator - udah ngorok parah..
Harga Bearing 20rb
lalu melipir ke tukang dynamo buat PnP Bearing doang 20rb. (karna gak punya tracker)
pasang n nyeeessss...

terima kasih...

Troubleshoot Overheat dan air radiator aerio meluber dari reservoir {Irfan Dadi}

 gambar 1 - meluber dari reservoir
otodiy.blogspot.com
Misi para master aerio saya mau minta sarannya,, 
Ini apanya ya,, 
Masalah pertama air sering kurang,,
saya sudah servis radiator,,
Trus air masih sering kurang,,(masih trus saya tambahin air radiator, )(air biasa)
Saya bawa kebengkel cek selang" aman,(saran bengkel ganti air colant) 
Dapat sebulan radiator bocor lagi,,
Setelah diservis lagi, malah airnya pada keluar,,
Minta solusi nya om om,yg berpengalaman  πŸ™

Makasih πŸ™

DIY: pasang karet U pada door trim pintu bagasi XPander untuk menghilangkan bunyi getar {Ricky Adibrata}

 gambar 1 - karet U pada door trim bagasi
otodiy.blogspot.com
Apakah ada yang merasa door trim belakang suka bergetar dan menimbulkan suara kletek2 gak jelas?

Nah ini saya coba pakai karet list U. Dipasang di sekeliling doortrim. Pemasangan plug and play. Tanpa sekrup. Tanpa lem. Begitu dipasang suara2 gak enak itu langsung hilang. Dan suara pun lebih kedap.

Memperbaiki spion Calya / Sigra yang oblak {Ferry Penyok Aizhar}

gambar 1 - spion oblak
otodiy.blogspot.com
Untuk spion oblak apakah masih dapat diperbaiki?
#Adayangpernahmengalami?

by Fahmi Nugroho

Video Magnetic Clutch Innova bermasalah bikin AC tidak dingin {Rahmi Ahmad}

 gambar 1 - magnetic clutch AC Innova
otodiy.blogspot.com
Jalan 20 menit tiba tiba ac ga dingin , pulley kompresor kaya gini (video 1), mohon pencerahan

DIY : Bunyi kreket-kreket saat rem, dari pin dan karet boot caliper serta kampas rem {Kun Widodo}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Late Post..... 
Ini dikerjakan kemaren sore

Berawal dr tiap injakan ngerem dikit bunyi kreket2. 
Kuras brake fluid sdh dilakukan. Tp bunyi2 masih ada. 
Akhirnya bongkar kampas rem depan dan hasiilnya sangat mencengangkan πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€
Kampas dah tipis dan karet boot pin kaliper kanan atas ada sobek 2mm. Maaf sobeknya ga foto.....tangan kotor.
Akhirnya selain ganti kampas sekalian bersihkan pin dan lubang kaliper serta grease ulang 2 2nya (atas-bawah).
Karet boot ga di ganti krn ga da stok, rencana mau order dg part lainnya..... 
Saat pasang ulang posisi sobekan karet boot diletakkan di bawah, agar ga da genangan air. 
Silahkan perhatikan foto2 yg saya sertakan juga caption setiap fotonya.

Salam AIC, 
#Oprekdewek
#yangringan2saja
#AIC482

DIY : Ganti cakram Aerio dengan merk TRW dan bubut untuk mengurangi diameter {Kun Widodo}

 gambar 1 - cakram merk TRW
otodiy.blogspot.com

Laporan oprek DIY si Mpreed 2 minggu ini (tahun 2016)

Minggu kemarin (tahun 2016) ganti support shock depan dan link stabil dg merk SGP.
Minggu ini ganti kampas rem depan dan cakramnya.
Alasan ganti.....cakram udah celong/gerong kemakan kampas...
Ganti cakram dg merk TRW dan kampas rem merk Trestor.

Biaya.....
  1. Support shock depan, @255
  2. Link stabil depan, @115
  3. Kampas rem, 165
  4. Cakram, 500
  5. Bubut, 70
  6. Ongkos bongpas, free

DIY : Project karpet Mie untuk Mitsubishi XPander {Budi Raharjo}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Akhirnya project karpet mie selesai juga, Total untuk sampe bagian bagasi belakang butuh 2.5 meter, dan total biaya 437.500, proses pemotongan hanya dengan menggunakan cuter.

Karpet penumpang depan dibuat persis sama aslinya. Untuk yang bagian driver agak di modif, bagian bawah pake mal karpet asli driver dan bagian atas samping sampai bagian tengah pakai mal karpet penumpang, jadi terlihat lebih panjang daripada karpet asli bagian driver.

Untuk Karpet Baris Kedua, agak di lebarin kana kirinya 1.5 cm dan depannya dipanjangin 15 cm. Cuma agak sedikit salah waktu bikin malnya, harusnya ngikut bentuk aslinya pada posisi sambungan tengah karena bentuknya yang trapesium jadi karena dibuat rata akhirnya setelah dipasang bagian tengahnya agak menggelembung dikit dan kurang presisi, tapi tidak mengurangi fungsi dari karpetnya dan masih jauh lebih rapih daripada kalo dibuat terpisah.

Semoga bisa menjadi referensi temen FB dimari yang mau DIY buat karpet mie di xp.

Salam dari XMOC Kota Tepian.

Double filter solar Innova Reborn {Eko Findy Arifiyanto‎}

 gambar 1 - filter solar tambahan
otodiy.blogspot.com
sensitifnya filter solar innova reborn terhadap kotoran, dan mahalnya harga filter solar innova reborn menjadikan tangan ini untuk ber experimen. ketika kotor sedikit sdh keluar peringatan di dasbord untuk segera ganti filter bahan bakar. dan klo tulisan it sdh muncul jelas mengganggu karna menutupi angka kilometer. dgn memanfaatkan filter truck colt diesel aku tambahkan sebagai penyaring kotoran terlebih dahulu. Jadi bahan bakar yg masuk ke filter asli sdh dalam keadaan bersih. Dan apabila mau mengganti filter colt dieselnya cuman 25 rb. sedangkan filter solar innova reborn 600 rb. dan hasilnya sangat memuaskan semenjak aku pasang filter tambahan ini udah satu kali penggantian oli blm muncul tulisan untuk mengganti filter solar.

DIY : cara colok kabel untuk Cruise Control XPander {Ferdi Ega Andru}

 gambar 1 - cruise control aktif
otodiy.blogspot.com
Om Nugroho Prasetyo say DIY is fun!


Berawal dari iseng ngetest buka dashboard bawah yg katanya cuma klip2 doang dan tinggal tarik eh bener alhasil lepas semua sekalian aja pasang kabel jumper CC modal nekat dan modal tanya ke Om Pras dan Om Galih Yudhaprawira ... awal sempet bingung kok skunnya gak masuk full apa emg begitu trs tanya om pras harusnya msk full bukan setengah dan diajarilah cara akalinnya

DIY : Cara Head Unit Calya bisa setel CD format MP3 {Arter Yohan M M}

 gambar 1 - setel CD format MP3
otodiy.blogspot.com
Terima kasih buat INFOnya... Yg awalnya hanya CD Audio Orig.. yg bisa di putar untuk CD Format Mp3 tidak bisa diputar... dan setelah di HARDRESET ..CD MP3 Sudah bisa di Putar... 
πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸŽΌπŸŽ΅πŸŽΆπŸŽΆπŸŽΆ

Caranya : tekan saja tombol kecil yg ada di sudut bawah (letak sesuai tipe)... posisi mode CD Audio.. *semua pengaturan akan kembali ke awal..

by Arter Yohan M M

Ganti VBelt dan tensioner bearing innova penyebab bunyi {Wahyu Indrananto}

 gambar 1 - tensioner bearing
otodiy.blogspot.com
Tikusnya keluar saatnya ganti Vbelt dan Tensionernya.
V belt 400rb Tensionernya 1.2jt Jasa 125rb.
Pasang di bengkel biasa ja. Lah pasang V Belt gak perlu ke beres

Share wiring harness untuk rear camera XPander Ultimate saat ganti head unit {Ryan Wijaya}

 gambar 1 - wiring harness agar tidak kupas kabel bawaan xpander ultimate
otodiy.blogspot.com
Share DIY tipis, Buat tipe Ultimate yg dah ganti HU tp mau tetep pake kamera mundur bawaan bisa pake socket step down ini. Search aja "kamera xpander" di toped. Harga 150rb an
Pemasangan cukup mudah, konektor sambung ke konektor kamera, rca kuning sambung ke rca female utk kamera, kabel merah sambung ke kabel lampu mundur (reverse), terakhir kabel hitam ke ground.

Ganti lampu belakang pintu bagasi XPander yang pecah {Yuli Purwanto}

 gambar 1 - pecah
otodiy.blogspot.com
Harga sebuah keteledoran. Mundur udah pelan2, udah ada kamera mundur, masih ga kliatan tiang bendera. Pecah deh 😭😭
Jajan tanggal tua πŸ˜… 
450rb sebiji blm ongkir

Abaikan debu yg masih melekat πŸ™ˆπŸ™ˆ

DIY : lampu sein dan hazzard aerio mati, ganti flasher sein yang bermasalah {Ruly AIC Sejati}

 gambar 1 - kiri flasher motor 2 kaki, kanan flasher aerio
otodiy.blogspot.com
Mati semua untuk lampu sein dan Hazard. Sekering e sudah di-cek aman om gak putus

DIY : Modifikasi performa Calya Sigra dengan corong jahanam {Tiar Prayoga}

gambar 1 - modifikasi corong box filter udara
otodiy.blogspot.com
Masang corong jahanam di jogja udara jadi lebih fokus menuju sensor airmass. Tarikan ringan. Solusi murah meriah.

DIY: Troubleshoot check engine dan lampu OD OFF aerio kedip-kedip {Bambang AIC1008}

gambar 1 - video OD Off kedip-kedip dan check engine menyala
otodiy.blogspot.com
mau nanya, Indikator nyala ini apanya om :
Waktu posisi on : O/D nya kedip2 dan kipasnya nyala buwanter om (AC off, indikator temperatur tidak menyala semua)
Saat nyala mesinya getarnya nemen om (Masih kedip2 om pas dingin)
Mohon bimbingannya om, makasih om

Bambang AIC 1008

Bau bensin, kebocoran dari seal injector Aerio {Iwan Sire Gar}

 gambar 1 - pecahan plastik sekitar injector
otodiy.blogspot.com
Bau bensin tiba2 menyengat keruang kabin sewaktu kejebak macet dijalan itu masalah pada apa ya, tapi ketika jalan ilang2 timbul gitu bau nya. Mohon info nya para dulur sekalian.  kayakny injektor rembes bensin, kmarin baru tune up, apa kurang knceng ya.  

DIY : Skun alternatif untuk kabel Cruise Control Xpander {Nugroho Prasetyo}

gambar 1
otodiy.blogspot.com
Untuk DIY memasang Cruise Control di XP, perlu kabel jumper dari ECU ke Steering. Kabelnya cukup menggunakan kabel AWG 22 sepanjang 1.6 meter. Berhubung skun aslinya ternyata sangat sulit didapat, kalaupun ada sangat mahal harganya, kita bisa menggunakan skun (connector) tipe dupont yg biasa dipakai sebagai jumper di rangkaian elektronik spt arduino dsb. Agar panjang skun di ECU mencukupi, maka kita bisa "sambung" dengan skun male-nya. Gambar ini sebagai ilustrasi penyambungan skun ke ECU.
#cruisecontrol #etacsdecoder #cc #DIY

Ganti bearing tensioner dan idler belt Innova penyebab mesin berisik {Eko Siswanto}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
# mohon share nya.. Ada yang pernah setting valve nya? Makin hari makin berisik..
# km 119.000,apa yang perlu diganti ya supaya mesin halus lagi

DIY : pemasangan Peredam pintu xpander {Oktonius Halim}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
DIY pemasangan Peredam pintu xpander. Bahan peredam Butyl rubber

Catatan:

  1. Opening utk pantat midbass tergolong kecil, tidak cocok dengan midbass ber-voice coil Dan magnet besar, perlu dibuatkan baffle utk mengatasi Hal tsb
  2. Di bagian lekukan dalam bawah Ada semacam gemuk, mungkin anti karat.
  3. Impact beam pada pintu xpander tergolong kecil Dan melintang sejajar dengan jok kursi
  4. Saya sudah menemukan spot2 karat pada bagian impact beam Dan plat sambungan di belakang speaker
  5. Sales yg berani bilang xpander ultimate pakai speaker JBL perlu diketok kepalanya biar waras. Magnet speaker bawaan Livina masih lebih besar daripada bawaan xpander ini
  6. Peralatan: gunting, cutter, penggaris panjang, karton buat pola, Kain perca, hot gun(tidak mutlak), obeng dengan mata 2 ukuran Dan plastik atau material pipih utk mencongkel cover sekrup di doortrim

DIY : cutting sticker untuk merubah penampilan velg Xpander {Hendri Pelangi}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Walaupun ga rapi rapi amat tapi cukup lumayan. Stiker pinggir jalan, bikin pola dulu. total buat 20, per ban 5pcs

Report hard chrome steering rack Aerio dan turun transmisi matic karena jedug perpindahan tuas {Yanadhipra}

gambar 1 - steering rack diturunkan
otodiy.blogspot.com
Rack steer bocor kanan. Servis rack steer bocor dan chrome ulang 2.100.000. 
saya kmrn santai2 karena oli ps justru gak berkurang... gak pernah nambah... Basah doang di karet boot racksteer kanan om... ga sampai netes ke lantai. Kirain seal doang...ga ngira as nya baret. ternyata dalam baret... kiri juga meskipun bocor cuma dikanan...
sehari kelar.. jadi kalo bongkar pagi2... nginep semalem aja

SOS dekrup Futura 1.3 dan drag Laher Katana untuk Aerio {Iqbal Izhar}

gambar 1
otodiy.blogspot.com
Berawal dari sinyal SOS pengguna Aerio dijambi. setelah perjalanan kurleb 135km dr kota jambi. mobil gak mau dioper giginya bisanya 3 dan 4 itupun maksa. indikasi klip tali gigi ancur ah tenang bisa diganti karet LPG. ternyata eh ternyata bukan itu penyakitnya. laher dalem transmisi macet, dekrup keras, kanvas kopling habis. lengkap dah penderitaan ditambah garpu klaher retak. langsung cusss mabes Aerio jambi. diganti kanvas dan dekrup punya exedy futura 1.3 laher dekrup punya katana skalian laher kecil uk 6003 di flywhell. langsung kerjain ber2 ama mekanik senior om Yoyon alhamdulilah selesai dan enak lagi. oh iya garpu transmisi yg retak dilas pake las listrik biar kuat. siap jalan lagi om Ikmal Mardiansyah selebihnya biar poto yg bercerita. salim AIC 635 jambi.
#MabesAICjambi
#AICchapterjambi
#aerioituAIC

DIY : membetulkan tombol panel AC Xpander yang terdorong ke dalam {Hartono Reno Utomo}

 gambar 1 - tombol AC melesak / terdorong ke dalam
otodiy.blogspot.com
Gak sengaja ke dorong.. Eh jadi kaya gt.. Ini ada pengunci nya atau gmana ya. Mau di buka liat di youtube kok keras sekali. Bisa bntu solusi nya?

sharing DIY beresin cover klep Toyota Innova VVT-i yang kotor {Ferdian Wahyu}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Izin sharing DIY beresin cover klep yang kotorr.....
Modal kunci socket 10 mm, obeng min utk bantu congkel klem kabel (gbr yg dicongkel dgn jari), obeng plus utk buka klem pipa intake...
Pertama bongkar pipa intake, kemudian bongkar koil (sekalian bersihkan busi ya monggo), lalu buka klem klem kabel di sekeliling cover klep dgn mencongkel penguncinya menggunakan obeng min, lanjut buka baut2 yang mengikat cover klep, agar tidak tertukar ataupun hilang saya tancapkan ke kardus dgn posisi membentuk pola pada mesin..... Sebelum pasang seal-seal baru, bersihkan cover klep dari debu debu yang sudah melekat beserta rembesan oli.... Kemudian pasang seal baru, tidak usah menggunakan lem sealer dll.... Lanjut pasang baut2 dengan pola mengencangkannya menyilang agar tidak kencang sebelah si covernya.... Total biaya seal busi Rp 125.000 dan seal cover klep Rp 132.500..... Goodbye rembes, see you 10 tahun lagi yaa....

Share ganti water bypass hose Aerio, air radiator bocor saat panas {Akbar Akbar}

 gambar 1 - water bypass hose, bocor saat mesin panas
otodiy.blogspot.com
Setelah ditelusurin mengapa air radiator abis terus,dan inilah penyakitnya,karna sudah retak dan harus dganti. kalo barangnya murah om,ongkosnya yang lumayan bongkar2nya.

DIY : Ngoprek membuat Car Phone Holder dari tongsis

gambar 1 - car phone holder dari tongsis
otodiy.blogspot.com
Edisi pakai barang bekas. Sebenernya car phone holder sekarang harganya cukup murah kalau liat di toko online. Sempat tertarik membeli car phone holder yang bisa menempel di dashboard, meski reviewnya masih ada yang bilang kadang lepas. Eh terus teringat dulu banget punya tongsis ga kepakai, ya blom ada remote shutternya juga. Tongsis lumayan bisa dipanjang pendekkan dan ujungnya bisa diputar-putar. 
Berikutnya cari cara gimana bisa pasang tongsis-nya di mobil, terpikir dipasang tegak dari bawah sekitar console tengah. Sepertinya di pasang di sekrup console yang ada saja agar tidak perlu buat lubang-lubang baru, trus tongsisnya ditancapkan di pipa PVC. Kebetulan di rumah ada sisa-sisa PVC ga kepakai.

DIY : Mini digital volt meter - emergency tool {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - emergency tool
otodiy.blogspot.com
DiY Mini Digital Volt Meter.

Bermula pas jadi team storing mobil temen yg ga bisa distart.
Ane kelupaan bawa multitester..
Padahal butuh agar bisa tau voltase Accu..
Ada sih mini voltmeter nemplok dimobil sendiri, tapi kan repot kalo harus bongkar speedometer ( iyap, mini voltmeter ane tempel didlm speedo ).

eh wait.. gimana kalo bikin aja ?

bahan + peralatan.
  1. Mini Digital Voltmeter ( DC )
    banyak yg jual. harga, bentuk dan warna macem2.
    Dulu beli yg ga pake rumah cuma 15rb.
    kebetulan ane punya spare jadi ga usah beli lagi.
    Penampakan bentuknya liat di pic 2.
  2. Capit buaya.
    beli ditoko elektro.
    harga dan ukuran bervariasi, tapi ga akan lebih dari 10rb.
    Beli sepasang, warna merah + item.
  3. Kabel.
    Panjang terserah, sesuaiin aja dengan kebutuhan ( ane bikin nya kepanjangan euy, but ya sudah.. ga papa )
    Lebih bagus kalo warna kabel nya beda. ane pake 2 warna, item ama merah biar gampang identifikasi mana yg buat positif, mana yg buat negatif.
  4. Heatshrink / isolasi bakar.
    bisa juga pake isolasi sih..
    tapi ane prefer pake ini krn lebih rapih.
  5. Solder, timah solder, flux/solder paste, tang potong.
    Buat nyambung kabel.
    Biasakan nyambung kabel pake solder, dioles solder paste baru dibungkus heatshrink/isolasi bakar.
    biar awet + ga oksidasi.
  6. Case.
    Biar pantat mini dc voltmeter kalo dipake ga konslet ya dikasih rumah.
    bisa juga ditempel double tape atau apalah..
    inti nya pantat mini dc voltmeter ga telanjang dan beresiko konslet.
    ane pake box bekas relay...

DIY : Dimmer dome light aerio with timmer adjustment {yanadhipra}

gambar 1 - Dimmer module
otodiy.blogspot.com
DIY Dimmer Dome Light Aerio

Lampu menyala ketika salah satu pintu dibuka, akan meredup sampai mati ketika semua pintu sudah tertutup sempurna. Ada trimpot pengaturan timer waktu meredup. Modul buatan KangSetro lokal Pasuruan bisa dibeli di t*kped 75K. Space plafon sempit, jadi cover modul dilepas, pakai back cover saja. Menggunakan jumper clip untuk mempermudah instalasi, tinggal ikuti wiring diagram.

Do It at Your own risk!
Salam gerobak tua!
Menua bersama Aerio Merah Mesum AIC#318

DIY : Backup starter untuk Aerio {yanadhipra}

 gambar 1 - tombol backup starter
otodiy.blogspot.com
DIY Back up starter dengan momentary push button, arus dari kontak ON. Panduan om Aditia Ekalaya. Fungsi starter asli masih dipertahankan, bukan modul push starter RFID

Gejala starter tidak respon saat mesin panas, solenoid cek ok, ditambah relay starter (ini saya modif diganti kabel yang bagus dan ditambah led indikator arus masuk solenoid starter dan led indikator arus keluar solenoid/masuk motor starter). Trigger relay ada 2, 1 dari kabel asli yang dari kunci starter (dekat motor starter), satunya dari kontak ON langsung ambil dari sekring ON dengan kabel tambahan.

Do It at Your own risk!
Salam gerobak tua!
Menua bersama Aerio Merah Mesum AIC#318

DIY : pasang auto retract mirror Aerio dengan remote (Bukan yang universal) {yanadhipra}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
DIY Autoretract mirror Aerio dengan remot (Bukan yang universal)

Beberapa saat lalu Spion tidak bisa lipat karena motor rusak, sering ditekuk manual sama orang pas parkir. Setelah diganti motor 450K, pasang modul ini untuk antisipasi.

Modul buatan lokal bisa dibeli di t*kped 150K. Spion auto close ketika remot lock, auto open ketika remot unlock, always open ketika kontak ACC/ON. Jika alarm masih OEM bawaan Aerio: 30 detik sejak unlock tidak segera buka pintu langsung auto lock dan close otomatis (dianggap tidak sengaja unlock). Always open, meskipun alarm OEM otomatis nge-lock 5 detik setelah kunci posisi ON.

Kalau modul yang universal, mirror close ketika lock, dan Open ketika kunci ACC/ON saja. Remot unlock mirror masih close.

Gunakan jumper clip untuk mempermudah instalasi. Kode wiring silahkan ikuti diagram, tabel lokasi pin dan kode warna kabel Aerio di port pintu driver.

Do It at Your own risk!
Salam gerobak tua!
Menua bersama Aerio Merah Mesum AIC#318

Ganti Steering rack Grand Livina dengan merk YAS {Mudji Rachmat Ramelan}

 gambar 1 - steering rack grand livina merk YAS
otodiy.blogspot.com
kenangan minggu lalu, diganti bunyi gluduk gluduk hilang, tapi bunyi nyit nyit masih, cuman kalau pagi, kalau sdh panas hilang, arm sudah, stabil link sdh, boot shock sdh, sayap sudah yg belon shocknya
lokasi di bandar lampung, 
rack steer 2.5jt merk YAS ( www.yas.com.cn/WebSite/eabout.asp ), yang beli bengkel sekalian

Share cara cuci mobil tanpa menimbulkan waterspot/jamur/baret halus {Ferdi Ega Andru}

 gambar 1 - grit guard
otodiy.blogspot.com
Sharing is Caring :)
Karena kemaren2 masih banyak yang bingung kenapa bodynya kacanya udah muncul waterspot/jamur dan baret2 halus...kita belajar cara mencuci yang benar bareng2 yuk...ini juga berlaku bagi yang udah men coating XP nya...

Alat2nya:
  • siapin 2 ember (sy pake ember bekas pail cat)
  • washmitt (bebas mau yg model chenille atau bulu domba)
  • 2 grit guard (berfungsi untuk merontokan pasir2 yg nempel di washmitt dan agar pasir2 tidak naik keatas alias terperangkap dibawah grit guard)
  • drying towel (selalu gunain ini tinggalin kanebo krn kanebo bs dgn mudah membuat swirl/scratch)

share video dan cut-off upgrade Headlamp Xpander dengan Led H4 16000 lumens {Yusanto Adi Nugroho}

 gambar 1 - cut off
otodiy.blogspot.com
Upgrade led headlamp
Jauh lebih terang dari bawaan Xpander
Gak silau om udah cut off,,sorot kayak lampu standar bawaan xp,,

Error code P0012 pada Aerio, OCV buntu pada saringannya {Yogi Suryawan}

gambar 1 - filter OCV
otodiy.blogspot.com
Sedikit bercerita....pada hari Minggu Aerio dibongkar karena ingin ganti packing cylinder head, kok diganti kenapa??? Karena ada rembesan oli di packing cylinder head. Akhirnya diganti lah packing cylinder head sekalian skur klep, ganti seal"nya sama mas mekanik.... Singkat cerita...bla.....bla.....bla..... Aerio siap test jalan, mas mekanik bilang "mas e..... Mobile di test dulu, mudah"an aman gak ada masalah". Aku test jalan nih..... Menurut ku sih enak tapi angkatan awal agak gendoli (gendoli bahasa Indonesia nya apa?) Tapi sampai rpm 3000 tarikan enteng, itu test hari pertama. Mas mekanik bilang lagi..... "Dicoba aja dulu, soalnya kemarin kan liat sendiri rantai timingnya gak pas tanda di sproket sebelum dibongkar, lah ini aku paskah ditanda". Akhirnya aku minta tolong om Irwan yang biasa pecicilan untuk ngetes Aerio nya.....singkat cerita om Irwan nyoba nih, tapi aku gak ikut takut mabuk, aku nunggu di rumah om Irwan aja sambil minum kopi buatannya om Irwan (enak loh kopinya...besok kalau pada ke Jogja mampir ke om Irwan), akhirnya dicobakan Aerio nya.....pas selesai nyoba om Irwan bilang ke aku "om nganu.....itu lambang cek engine nya nyala" aku jawab "serius om....??? Mosok sih....??" Om Irwan njawab lagi "Ra percoyo.....delok Dewe" aku njawab lagi "siap.....", Ternyata bener cek engine nyala, aku mung mbatin "kenopo meneh Iki....." Akhirnya aku bawa pulang Aerio nya sambil mampir ke kawan yang punya scaner OBD, ternyata pas di scan muncul lah kode P0012, aku tanya ketemen P0012 itu apa??? Katanya sih itu sekitaran timing lah.

Video dokumentasi setting AFR Aerio {Bieny Thu Bens}


video 1- dokumentasi setting AFR aerio
otodiy.blogspot.com

Report CKP sensor penyebab mesin mati saat temperatur kerja tanpa ada lampu MIL / Check Engine {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - fuel pump dan CKP sensor
otodiy.blogspot.com
Report, ganti CKP sensor penyebab mesin mati ketika suhu mesin mencapai working temperature.
Status : solved.
Sharing masalah penyebab mogok.

Kronologi :
Baru jalan 160mtr mendadak mesin mati dan mesin ga mau nyala..
Semua indikator normal.
Cuma gejala awal emang RPM naek turun tapi kembali normal.
Discan ga ada error.

Ok.. tersangka pertama Fuel Pump.
minta ke anak2 Cata supaya cek Fuel Pump, kuras dan ganti kalo perlu.
Laporan dari anak2, Fuel pump lemah.
Tindakan yg dilakukan penggantian fuel pump + kuras tangki.
Malemnya Bluey kembali ke kandang.

Pasang Center console Arm rest universal di aerio old model / 1st gen {Dede Liauw}

 gambar 1 - center console arm rest universal pada Aerio old model / 1st generation
otodiy.blogspot.com
Pake arm rest biar gak pegel
Yg saya model gini dudukan nya (gambar 2)

DIY : Spooring Aerio dengan cara manual menggunakan benang {Angga Prahesta}

 gambar 1 - menggunakan benang untuk spooring / setel toe depan Aerio
otodiy.blogspot.com
Sedikit cerita ..kemudinya banyak oleng ke kanan..trus saya spooring sendiri praktek pake benang..sporing manual heheh...setelah di ukur dan di stel.long terod nya .alhmdullilah hasil nya memuaskan...stir jadi lurus lagi ngga oleng ke kanan atau ke kiri. Berbagi pengalaman aja, soal nya saya baru coba semenjak punya aerio...spooring sendiri...catatan..kaki kaki harus bagus .baru bisa praktek sporing sendiri...ini pengalaman berharga bagi saya pribadi .
salam Aic Chapter DeBorah.region sukabumi

Ganti water pump aerio yang bocor dengan merk NPW {Tyas Ajik}

 gambar 1 - bocor dan keluar lewat lubang ini
otodiy.blogspot.com
Jajan waterpump, karena sudah umur. Air keluar lewat lubang imut ini (gambar 1).
Ganti pakai merk NPW belanja di suzuki motor kedung doro Surabaya, harga 350rb (gambar 2).

DIY : sedot sisa oli di karter Innova, hampir 250 mililiter oli kotor {Heri Effendi}

 gambar 1 - sedot oli di karter
otodiy.blogspot.com
Iseng2 tadi sore sedot sisa oli yg dikarter..setelah gak ada lagi yg netes dari lubang pembuangan oli.. ternyata masih ada oli kotor hampir 250ml😁
Sedot pakai alat yang untuk carbon clean 

Pasang TPMS pada Xpander, pantau tekanan dan suhu ban real time {Danny S Sanjaya}

 gambar 1 - monitor tekanan ban real time
otodiy.blogspot.com
TPMS untuk cek tekanan angin ban. Beli di green market banyak, harga paling murah 525rb
masangnya ga susah. sensor di pentil itu transmitter nya, wireless, ada ring pengunci counter clockwise nya. tp ya namanya di Jakarta, klo lagi apes ya apes aja. 
Kalau hilang ada yang jual satuan transmitter nya

Ganti seal steering rack Aerio yang bocor {Angga Prahesta}

 gambar 1 - pengerjaan steering rack
otodiy.blogspot.com

Seharian di UGD alhmdllah..oprasi ganti sill rackstir..PS lancar...makasih om Andhika Nugraha,  Johan Ginanjar. sudah nemenin akoh....hihi slam.kompak aic cepter deborah region sukabumi

Ganti master rem atas Soluna dengan Advics (Aisin) {tweet4nn4}

 gambar 1 - Advics / Aisin
otodiy.blogspot.com
Ceritanya sudah hampir beberapa bulan ini rem Toyota Soluna tahun 2000 matik saya apabila dalam kondisi berhenti atau berjalan pelan, misalnya macet atau manuver parkir, waktu direm tiba-tiba, terasa ‘ngempos’. Semula memang terpikir rem sudah terasa dalam, indikasi kampas rem sudah perlu diganti. Dan mungkin booster rem bekerja. Tetapi lama kelamaan semakin parah dan ketika dipakai untuk rem terasa kurang pakem dan perlu ditekan beberapa kali untuk memastikan tidak ‘ngempos’. Wih, ngeri juga ini sudah bukan masalah kampas lagi dan setelah saya baca kumpulan artikel dari otodiy, khususnya catatan Oom Singachu dan teman-teman tentang gejala rem ‘ngempos’ karena masalah master rem atas yang bermasalah, entah karena karet seal (ganti kit-nya) atau rumah master silinder yang juga rusak/baret (ganti master rem utuh). Kondisi mobil memang second 2010 dan tidak tau apakah sebelumnya pernah ada yang diganti.

DIY : ganti sil piston rem Vios penyebab bunyi kreket-kreket {Abahnya Idan}

 gambar 1 - piston caliper rem depan Vios
otodiy.blogspot.com

Jempol biru kejepit kunci pas..tangan belepotan oli..sil piston rem putus smp 2x akhir nya ilang jg penyakit odong2 ane yg kl ngerem bunyi kreket..kreket..  πŸ˜‚πŸ˜‚

DIY : merubah derajat putaran wiper belakang dari 180 derajat ke 120 derajat {Kun Widodo}

 gambar 1 - Hasil trial kedua
otodiy.blogspot.com
Sebelumnya : 
Diskusi yuuuk......
Sudah adakah yang #MENCOBA merubah posisi wiper belakang AERIO menjadi #JDM_STYLE dengan tetap memperhatikan #FUNGSINYA, bukan sekedar #TAMPILAN.
Dalam otak saya sudah ada rencana dan angan2 tapi blm pernah bongkar sistem gerak wiper belakang.
Catatan;
Wiper belakang aerio geraknya sekitar 180°
Bila ingin dirubah jd jdm style mesti ngurangi gerak menjadi sekitar 100-120°
Cara merubah gerak ini yg saya belum ngerti.....
Yuuuk......diskusi yuk......
#FIRSTnSECONDTRIAL
#EXPLOREYOURBRAINIMAGINATION
#NEEDYOURIMPROVEMENT

Silahkan di caci maki πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Salam
#AIC482

DIY : Ganti Carbon Brush Motor Fan AC Aerio {Yan AdhiPra}

 gambar 1 - motor extra fan AC / condensor fan
otodiy.blogspot.com
DIY Ganti Carbon Brush Motor Fan AC Aerio.

Jangan buru2 ganti motor fan AC ketika fan tidak berputar. Jika di getok masih berputar, kadang cuma carbon brush (arang) nya saja yang habis.
  1. Beli carbon brush yang tipe keluaran kabelnya sama (dari samping), ukuran besar gpp. 1 set isi 2 harga 15 rb an. Butuh 2 set (4 pcs)
  2. Amplas arang sampai mendekati ukuran, coba masukkan di selongsong rumah arang, pastikan tidak seret.
  3. Buang/lepas paksa kabel lama. 
  4. Solder dengan timah bagus di housing dan di ujung kabel, baru kemudian solder bareng.
  5. Pastikan gerakan bebas dan lancar.

Motor fan AC saya di vonis harus ganti sama tukang AC sekitar tahun 2015, saya tidak mau, digetok masih mutar kencang, ganti arang solved. Ini penggantian ke-2, jadi kurang lebih tahan 3 tahun.

Motor fan AC baru 300 rb, ganti arang 30 rb, hemat 10 kali lipat.

Do It at Your own risk! 
Salam gerobak tua!
Menua bersama Aerio Merah Mesum AIC#318

DIY : Emergency menyambung tabung oli Power Steering Aerio yang patah {Yan AdhiPra}

gambar 1 - patah
 otodiy.blogspot.com
DIY EMERGENCY
Sambung tabung oli PS yang patah.

Maksud hati mau lihat area OCV yang rembes, malah senggol selang oli PS dan patah. Sempat mau ganti pakai punya APV tapi lihat patahan masih rata dan waktu buru-buru.
  1. Cuci bersih dan keringkan.
  2. Lem bagian yang patah, keringkan. (gambar 2)
  3. Sekeliling patahan dikasih busa filter bekas rokok "jablay" separuh-separuh saja keliling, langsung disiram lem Alt*co (sambil ditekan supaya mepet). Akan mengeluarkan asap dan mengeras seketika, pedih di mata. (gambar 3-4)
  4. Ulangi langkah nomer 3 tetapi posisi membuat tulangan/ribs patahan ke body tabung. (gambar 5)
  5. Tutup lapisan dengan plastic steel. Lem Alt*co kurang tahan terhadap air dan panas. Jadi struktur adalah busa filter, lem Alt*co pengikat sedang lem besi hanya pelapis. (gambar 6)

Sudah dicoba jalan Jateng-Jakarta non stop dan 1 bulan lebih tidak ada kebocoran. Ramuan bisa diaplikasikan ke radiator yang bocor dll (sdh pernah coba tahan 2-3 tahun). Bentuk boleh jelek, tapi kuat dan tahan lama :). segera menabung untuk beli tabung oli PS baru.

Do It at Your own risk! 
Salam gerobak tua!
Menua bersama Aerio Merah Mesum AIC#318

DIY : Ganti Karet Pintu Luar Depan Kanan Aerio SGP {Yan AdhiPra}

 gambar 1 - karet pintu luar
otodiy.blogspot.com
DIY Ganti Karet Pintu Luar Depan Kanan Aerio SGP
Dulu sudah pernah coba pakai selang yang dimasukin ke karet pintu existing, hasil kurang memuaskan. Kali ini coba ganti karet pintu bagian dalam dengan bentuk yang hampir mendekati, punya Toyota Innova atau BRV/Mobilio (50k per meter), setelah dicoba kurang plek, ga jadi dipasang. Akhirnya beli karet pintu luar yang SGP, dapat harga 525k di Sentosa, sudah ada clip on nya jadi PNP. Secara nutup pintu sekarang lebih "blep", bukan "brakk" ada membal sedikit, mungkin karena karet lama juga masih lumayan bagus.